Blog

Pengertian Sejarah Ruang Lingkup Sumber Dan Fungsi Sejarah

Jelaskan pengertian sejarah menurut para ahli diserta fungsi dan sumbernya? Sejarah adalah studi tentang masa lalu manusia seperti yang dijelaskan dalam dokumen tertulis yang ditinggalkan oleh manusia.

Masa lalu, dengan semua pilihan dan kejadiannya yang rumit, para partisipan meninggal dan sejarah diceritakan, adalah apa yang oleh masyarakat umum dianggap sebagai batuan dasar yang tidak dapat diubah tempat para sejarawan dan arkeolog berdiri.

Tetapi sebagai pemasok masa lalu, sejarawan mengakui bahwa batuan dasar sebenarnya adalah pasir hisap, bahwa potongan-potongan dari setiap cerita belum terungkap, dan bahwa apa yang diceritakan diwarnai oleh kondisi saat ini.

Meskipun tidak salah untuk mengatakan bahwa sejarah adalah studi tentang masa lalu, berikut adalah kumpulan deskripsi yang jauh lebih jelas dan akurat.

Untuk lebih spesifik memahami tentang pengertian sejarah, simak penjelasan berikut:

Tidak ada yang bisa membantah bahwa definisi terbaik bukanlah yang pendek, tetapi akan membantu jika Anda juga bisa menjadi cerdas.

John Jacob Anderson
“Sejarah adalah narasi tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi di antara umat manusia, termasuk kisah jatuh bangunnya bangsa, serta perubahan besar lainnya yang mempengaruhi kondisi politik dan sosial umat manusia.” (John Jacob Anderson)

Sellar dan R.J. Yeatman
“Sejarah bukanlah apa yang kamu pikirkan. Itu yang kamu ingat. Semua sejarah lainnya mengalahkan dirinya sendiri.” (1066)

James Joyce
“Sejarah, menurut Stephen, adalah mimpi buruk yang berusaha aku bangun.” (Ulysses)

Arnold J. Toynbee
“Sejarah yang tidak digunakan bukanlah apa-apa, karena semua kehidupan intelektual adalah tindakan, seperti kehidupan praktis, dan jika Anda tidak menggunakannya dengan baik, mungkin akan mati.”

The Psycho-Historian
Antara tahun 1942 dan 1944, penulis fiksi ilmiah Isaac Asimov menulis cerita pendek pertama yang menjadi dasar trilogi Foundation.

Konsep utama dari Trilogi Fondasi adalah jika Anda seorang ahli matematika yang cukup baik, Anda dapat memprediksi masa depan secara akurat, berdasarkan catatan masa lalu. Asimov memang membaca sangat luas, jadi tidak mengherankan jika ide-idenya didasarkan pada tulisan sejarawan lain.

Charles Austin Beard
“Jika ilmu sejarah tercapai, ia akan, seperti ilmu mekanika angkasa, memungkinkan prediksi yang dapat dihitung tentang masa depan dalam sejarah. Ia akan membawa totalitas kejadian sejarah dalam satu bidang dan mengungkapkan masa depan yang terbentang hingga yang terakhir.

Termasuk semua pilihan nyata yang dibuat dan akan dibuat. Itu akan menjadi kemahatahuan. Penciptanya akan memiliki atribut yang dianggap oleh para teolog kepada Tuhan. Masa depan setelah terungkap, umat manusia tidak akan melakukan apa-apa kecuali menunggu malapetaka. ”

Numa Denis Fustel de Coulanges
“Sejarah adalah dan harus menjadi ilmu … Sejarah bukanlah akumulasi dari setiap peristiwa yang terjadi di masa lalu. Ini adalah ilmu masyarakat manusia.”

Voltaire
“Fondasi pertama dari semua sejarah adalah resital para ayah kepada anak-anak, yang diteruskan setelah itu dari satu generasi ke generasi lainnya; pada asalnya, mereka paling mungkin, ketika tidak mengejutkan akal sehat, dan kehilangan satu derajat probabilitas di setiap generasi. ” (The Philosophical Dictionary)

Edward Hallett Carr
“Sejarah adalah … dialog antara masa kini dan masa lalu. (Aslinya: Geschichte ist … ein Dialog zwischen Gegenwart und Vergangenheit.)” (Apa Itu Sejarah?)

Martin Luther King, Jr.
“Pelajaran utama sejarah? Ada empat: Pertama, siapa yang dihancurkan para dewa, mereka pertama-tama membuat marah dengan kekuatan. Kedua, pabrik Tuhan menggiling perlahan, tetapi mereka menggiling terlalu kecil. Ketiga, lebah menyuburkan bunga yang dirampoknya.

Keempat, , saat hari cukup gelap Anda dapat melihat bintang-bintang. ” (Dikaitkan kepada sejarawan Charles Austin Beard, tetapi versi ini adalah versi yang digunakan Martin Luther King dalam “Kematian kejahatan di tepi pantai”)

Sejarah adalah studi untuk menceritakan naik turunnya pergantian figur, masyarakat, dan peradaban.

Sejarah adalah suatu sistem untuk memeriksa suatu peristiwa sejak awal dan disusun dalam urutan kronologis. Pada saat yang sama, menurut sejarahnya adalah peristiwa-peristiwa masa lalu yang memiliki catatan, catatan-catatan atau bukti konkrit.

Sejarah adalah suatu bentuk penyelidikan tentang hal-hal yang pernah dilakukan oleh manusia di masa lalu.

Sejarah sebagai ilmu yang mempelajari apa yang telah dilakukan oleh manusia.

Sejarah masa lampau sebagai manusia dan sekitarnya yang disusun secara ilmiah dan lengkap meliputi urutan fakta masa lampau dengan interpretasi dan penjelasan yang memberikan pemahaman dan Kefahaman tentang apa yang terjadi.

E.H. Carr
Sejarah adalah dialog yang tidak pernah berakhir antara masa kini dan masa lalu, sebuah proses interaksi yang berkesinambungan antara sejarawan dengan fakta yang dimilikinya.

Sejarah pengetahuan manusia adalah puncak gunung dari mana tindakan kita dapat memindai generasi dan terhubung ke dimensi yang tepat.

Shefer
Sejarah adalah masa lalu dan kejadian-kejadian yang sebenarnya berterjadi

Sejarah penfsiran adalah ilmu umum yang berkaitan dengan cerita-cerita sebagai akibat dari peristiwa-peristiwa dalam masyarakat manusia pada suatu masa di masa lampau yang jauh atau tanda-tanda lainnya.

Sejarah adalah ingatan akan pengalaman manusia

Semua peristiwa masa lalu adalah sejarah (sejarah sebagai aktualitas). Sejarah dapat membantu siswa memahami perilaku manusia dalam, tujuan masa kini dan masa depan yang baru (mempelajari sejarah).

Ada tiga cara untuk mendefinisikan sejarah dan ada tiga disiplin ilmu sejarah yang saling terkait, yaitu:

1. Sejarah tradisional (babad naqli) adalah pengetahuan tentang peristiwa, peristiwa dan keadaan umat manusia di masa lampau dalam kaitannya dengan keadaan sekarang.
2. sejarah ilmiah (chronicle ilmy), yaitu pengetahuan tentang hukum-hukum yang seolah menarik kehidupan lampau diperoleh melaluipendekatan dan analisis peristiwa masa lalu.
3. Sejarah filsafat (Philosophical Chronicle), yaitu pengetahuan tentang perubahan bertahap yang membawa manusia dari satu tahap ke tahap lainnya, ia membahas tentang hukum-hukum yang mengendalikan perubahan tersebut. Dengan kata lain, itu adalah ilmu untuk umum, bukan hanya tentang manifes.

Paket Trik
Tidak semua orang menyukai studi sejarah atau menganggapnya berguna. Henry Ford adalah contoh utama dari hal itu dan begitu pula Henry David Thoreau, yang mungkin merupakan salah satu dari sedikit kesamaan yang dimiliki kedua pria itu.

Ambrose Bierce
“SEJARAH, merupakan Sebuah laporan yang sebagian besar salah, tentang peristiwa yang sebagian besar tidak penting, yang dilakukan oleh para penguasa sebagian besar adalah para bangsawan, dan tentara kebanyakan bodoh: Dari sejarah Romawi, Niebuhr yang hebat menunjukkan ‘Tis sembilan persepuluh kebohongan. Iman, saya harap’ semuanya diketahui , Ere kami menerima Niebuhr besar sebagai panduan, Dimana dia melakukan kesalahan dan betapa dia berbohong. ” (Kamus Iblis)

Malcolm X
“Sebuah ras manusia adalah seperti seorang individu; sampai ia menggunakan bakatnya sendiri, bangga dengan sejarahnya sendiri, mengekspresikan budayanya sendiri, menegaskan keegoisannya, ia tidak akan pernah dapat memenuhi dirinya sendiri.”

Henry David Thoreau
“Sebagian besar peristiwa yang tercatat dalam sejarah lebih luar biasa daripada penting, seperti gerhana matahari dan bulan, yang semuanya tertarik, tetapi tidak ada yang mau repot menghitungnya.” (Seminggu di Sungai Concord dan Merrimack.)

Gusti Bienstock Kollman
“Anda tahu, ini sangat aneh, saya telah menjalani empat bentuk pemerintahan dalam hidup saya: monarki, republik, Hitler Reich, demokrasi Amerika. Republik [Weimar] hanya … 1918 hingga 1933, itu lima belas tahun! Bayangkan itu, hanya lima belas tahun. Tapi, kemudian, Hitler akan bertahan seribu tahun dan dia hanya bertahan … 1933 hingga 1945 … dua belas, dua belas tahun saja! Hah! ”

Plutarch
“Begitu sulitnya untuk melacak dan menemukan kebenaran dari segala hal berdasarkan sejarah.” (Kehidupan Plutarch)

Douglas Adams
“Sejarah setiap Peradaban Galaktik utama cenderung melewati tiga fase yang berbeda dan dapat dikenali, fase Survival, Inquiry, dan Sophistication, atau dikenal sebagai fase Bagaimana, Mengapa, dan Di mana. Misalnya, fase pertama ditandai dengan pertanyaan” Bagaimana kita bisa makan? “Yang kedua dengan pertanyaan” Mengapa kita makan? “Dan yang ketiga dengan pertanyaan” Di mana kita akan makan siang? “(Hitchhiker’s Guide to the Universe)

Ruang Lingkup Sejarah
Secara umum, sejarah memiliki 4 ruang lingkup pembahasan yaitu sebagai cerita, peristiwa, seni dan ilmu pengertahuan. Berikut penjelasan lengkapnya [sumber]:

Sejarah sebagai cerita atau kisah
Cerita ini juga dapat diartikan sebagai karya sastra, karena peristiwa atau peristiwa yang terjadi di masa lalu menjadi sesuatu yang dapat dijadikan cerita dan ditulis ulang. Contoh sejarah sebagai cerita adalah adanya cerita rakyat yang berlatar belakang masa lalu. Berbagai unsur budaya pada masa itu tentu menjadi kalkulasi.

Sejarah sebagai sebuah peristiwa
Sebagai sebuah peristiwa, sejarah sangat erat kaitannya dengan peristiwa masa lalu. Kecelakaan yang nyata menjadi peristiwa yang sangat penting, nyata dan terkini. Sebagai sebuah peristiwa, cerita memiliki ciri-ciri, antara lain abadi, berpengaruh, dan hanya terjadi satu kali. Sejarah telah menjadi topik penting di masa lalu dibandingkan dengan peristiwa saat ini. Contohnya adalah adanya peristiwa sejarah seperti sumpah pemuda, pertempuran Ambarawa, proklamasi dan sebagainya.

Sejarah sebagai sebuah seni
Mengapa sejarah disebut seni? Hampir semua definisi yang dikemukakan oleh para ahli mengacu pada sebuah cerita. Dan sebagai seni, cerita menjadi cerita yang ditulis dan kemudian diceritakan menggunakan seni. Bahasa artistik yang diungkapkan oleh penulisnya.

Namun, sejarah bukanlah seni yang mutlak. Karena menulis cerita harus dilakukan melalui proses penelitian dengan berbagai prosedur ilmiah. Anda juga bisa melihat kesenian ini dalam berbagai jenis peninggalan sejarah, seperti arca, relief pada candi, arca temuan dan berbagai benda lain yang memiliki nilai sejarah.

Sejarah sebagai ilmu pengetahuan
Sebagai ilmu, sejarah memiliki keunggulan dalam memanfaatkan kebenaran dari sifat obyektifnya. Karena yang dipelajari dari sejarah adalah kebenaran dan realitas masa lalu yang kebenarannya diperiksa melalui suatu kajian.

Sejarah juga telah menjadi ilmu empiris dan obyektif, yang memiliki teori dan metode. Contoh sejarah sebagai ilmu adalah adanya berbagai studi fosil, situs purbakala, prasasti dan berbagai sejarah lainnya yang telah dipelajari.

Sumber Sejarah
Sumber sejarah, pada tingkat paling dasar, adalah sesuatu yang memberi tahu kita tentang sejarah. Itu bisa berupa dokumen, gambar, rekaman suara, buku, film bioskop, program televisi atau objek.

Segala jenis artefak dari periode yang dipermasalahkan yang menyampaikan informasi dapat dikualifikasikan sebagai sumber

Ada dua jenis utama sumber sejarah: sumber primer dan sumber sekunder.

Sumber Primer
Sumber primer adalah sesuatu yang berasal dari masa lalu. Bisa jadi sebuah kronik, sepotong tembikar, atau bahkan sepotong es glasial yang memberi kita data iklim tentang tingkat karbon atmosfer seribu tahun yang lalu. Sejarawan, dengan kemampuan terbaik mereka, bekerja dengan sumber utama untuk memahami masa lalu dengan caranya sendiri, bukan melalui lensa modern.

Misalnya, jika seseorang hanya mempelajari Perang Salib melalui buku-buku zaman modern, mereka tidak akan dapat memahami apa yang akan memotivasi seorang kesatria untuk bepergian ke seluruh dunia dan terlibat dalam peperangan melawan Muslim dengan kata-katanya sendiri.

Akan terlalu mudah untuk melihat motivasinya dengan ketidaksetujuan zaman modern kita atas tindakannya. Tetapi jika kita melihat sumber utama kita setidaknya dapat bersimpati lebih baik dengan dunia abad pertengahan yang akan membuat tindakan Perang Suci tampak masuk akal baginya, bahkan jika kita masih sangat tidak setuju dengan hasilnya.

Sumber Sekunder
Sumber sekunder adalah karya yang mengomentari masa lalu. Biasanya ini adalah buku yang ditulis baru-baru ini yang menggambarkan peristiwa masa lalu, sering kali ditulis oleh sejarawan atau sarjana terlatih yang mengetahui tentang periode waktu dan peradaban yang bersangkutan.

Sumber sekunder adalah buku tentang sejarah. Para sarjana akan menghabiskan waktu dengan sumber-sumber sekunder sebanyak yang mereka lakukan dengan sumber-sumber primer karena mereka mencoba untuk memahami bagaimana para sarjana lain menafsirkan peristiwa yang tidak jelas dan mungkin tidak setuju dengan analisis mereka.

Misalnya, koin Romawi yang dibuat oleh orang Romawi adalah sumber utama, tetapi gambar koin Romawi yang dibuat pada tahun 2003 akan menjadi sumber sekunder.

Sebuah buku yang ditulis tentang Tudor pada tahun 1525 akan menjadi sumber utama, tetapi buku yang ditulis tentang Tudor pada tahun 1995 akan menjadi sumber sekunder.

Baca juga: Pengertian Kearsifan.

Sejarah yang menjadi catatan dimasa lalu memiliki manfaat begi kemajuan kehidupan dimasa yang akan datang. Dari sejarah kita bisa membuat inovasi dan penemuan terbaru, berikut ini penjelasan dari fungsi sejarah:

Fungsi Pendidikan dan Pembelajaran
Pendidikan atau pembelajaran sangat membutuhkan sejarah sebagai bahan ilmu. Namun tidak hanya untuk sains, sejarah adalah salah satu guru terbaik yang dapat Anda pelajari. Anda bisa belajar dari peristiwa masa lalu, dari sejarah yang tidak akan terulang kembali, untuk membangun kehidupan yang jauh lebih baik.

Baca juga: Pengertian Pembelajaran.

Fungsi Instruktif
Tujuan dari fungsi sejarah sebagai fungsi instruktif adalah agar sejarah menjadi ilmu yang dapat dijadikan sebagai landasan teori.

Teori-teori yang muncul dari konsep dalam sejarah dapat digunakan dalam berbagai bidang, seperti dalam konstruksi. Berbagai jenis teknik konstruksi kuno merupakan salah satu materi pembelajaran di bidang konstruksi.

Plus, ini juga pelajaran tentang bagaimana orang hidup atau bagaimana mereka bertahan di masa lalu.

Fungsi inspirasi
Untuk saat ini, sejarah itu penting. Mengingat kemuliaan dan kesuksesan sesuatu sepanjang sejarah akan menginspirasi setiap orang untuk mencapai hal-hal yang sama baiknya, bahkan lebih dari pencapaian yang telah dibuat oleh sejarah. Misalnya inspirasi di bidang kuliner, budaya dan lainnya.

Fungsi rekreasi
Mengapa sejarah dapat berfungsi sebagai rekreasi? Jika dilihat, saat ini banyak juga tempat bersejarah yang dijadikan sebagai tempat wisata. Orang sering mengunjungi bangunan kuno untuk bepergian.

Museum ini juga merupakan gudang sejarah masa lalu yang banyak dikunjungi wisatawan. Selain menjadi sarana edukasi, background masa lalu juga bisa menjadi background foto yang epik.

Beberapa peninggalan masa lalu yang menjadi tempat rekreasi antara lain Lawang Sewu, Sangiran, Museum Tosan Aji, Palagan Ambarawa, Kota Tua, Kota Lama, dan masih banyak tempat bersejarah lainnya yang juga dijadikan sebagai tempat rekreasi.