Blog

Pengertian Sejarah Ciriciri Dan Jenisnya

Pengertian Musik Orkestra– Pada pembahasan kali ini kita akan membahas apa pengertian musik Orkestra beserta sejarah, ciri, jenis, manfaat, alat musik, dan tokohnya. Berikut penjelasannya.

Baca Juga :

Pengertian Musik Orkestra

Orkestra merupakan sebuah group yang terdiri dari musisi-musisi yang memainkan alat-alat musik. Orkestra dalam Yunani Kuno berarti area antara tempat duduk penonton dan panggung yang digunakan oleh penyanyi koor dan pemain musik.

Dalam bahasa Yunani, kata Orchestra diterjemahkan sebagai tempat menari. Di beberapa Theatre istilah Orchestra lebih kepada tempat-tempat duduk di depan panggung, atau yang sering disebut dengan platea atau primafila.

Tetapi, istilah ini lebih tepat disebut dengan panggung atau aula konser.

Sejarah Musik Orkestra
1. Awal Abad 18
Kata Orchestra sendiri asalnya dari bahasa Yunani, yang awalnya merupakan sebutan untuk suatu lokasi dimana paduan suara bangsa Yunani bernyanyi dan menari.

Tetapi, di awal abad ke 18, kata Orchestra menjadi sebutan bagi para pemain itu sendiri atau para musisi itu sendiri.

2. Abad 17
Abad 17 juga merupakan awal zaman Renaissance, komposisi penggunaan alat musik yang tergabung dalam sebuah Orkestra sangat beragam, berbeda-beda dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Jenis alat musik Strings lebih banyak dimainkan di Perancis, Italia dan Inggris. Sementara, alat musik jenis Brass lebih banyak dipilih oleh bangsa Jerman.

Pada masa tersebut pun musik Orkestra hanya ditampilkan bagi golongan Aristrokrat dan keluarga kerajaan, bahkan mereka mempekerjakan grup Orkestra dan komposer nya sendiri.

Seakan-akan sebuah kelompok Orkestra dan komposernya merupakan orang-orang yang secara khusus bekerja untuk golongan elite.

3. Tahun 1607
Salah satu Orkestra pertama yang mulai terlihat mirip dengan Orkestra yang kita kenal pada zaman sekarang terbentuk pada tahun 1607 oleh Claudio Monteverdi ( ).

Monteverdi dalam Opera-nya Orfeo, mempunyai 40 musisi Strombone, Flute, Cornetts, dan String. 1 abad setelahnya yakni masa Johann Sebastian Bach, perkembangan Orkestra terus bertambah terutama pada alat0-alat musik yang digunakan.

4. Tahun 1600
Tahun 1600-an sampai 1750 merupakan era Baroque, dimana susunan musisi dalam Orkestra hanya terdiri dari kelompok kecil yaitu 3 Viola, 6 Biola, 2 Cello, dan Harpischord.

Pada zaman inilah mulai hadir cikal bakal Orkestra Modern, dan juga adanya Opera, Concerto, Sonata, dan Modern Cantata.

Kelaurga alat musik gesek masa Renaissance yaitu Viol mulai diganti dengan Violin/Biola, Viola dan Cello. Dan di masa ini juga, Harpischord diciptakan.

5. Tahun 1750
Tahun 1750 hingga 1830 merupakan mulai masuknya era Klasik, dan juga merupakan masa yang memberi warna pada musik Sonata sampai saat ini.

Era ini juga membawa pada perkembangan Symphony, Modern Concerto, Sonata, Trio dan Quartet. Penampilan Orkestra Klasik lebih terstruktur dibandingkan pada era Baroque.

Pada awal abad ke-18 konser publik belum pernah dilakukan karena Orkestra masih dimiliki secara eksklusif oleh kalangan atas yaitu bangsawan dan elite.

Tetapi di tahun 1725 akhirnya muncullah sebuah konser publik berbayar yang dilakukan di Perancis yaitu Concerts Spirituels di sebuah aula berlokasi di Tuileries, Paris.

2 orang Komposer yang akhirnya benar-benar berdiri sendiri dan tidak bekerja dibawah kelompok bangsawan tertentu adalah Ludwig Van Beethoven dan Wolfgang Amadeus Mozart.

Musik yang diciptakan oleh Mozart dan Beethoven pada umumnya membutuhkan musisi hingga 40 orang.

6. Akhir Abad 18
Konser publik sudah sering diadakan pada akhir abad ke-18, walaupun masih dengan harga yang cukup tinggi.

Tetapi pada zaman Mozart dan Haydn, para penonton tidak duduk diam seperti sekarang ini, mereka bisa makan, minum, bercakap-cakap, bahkan tertidur ditengah jalannya pertunjukan.

Komposer ternama di era Klasik ini yaitu Joseph Haydn dan Wolfgang.

7. Tahun 1830
Tahun 1830 hingga 1860 merupakan era Romantic yang merupakan zaman emas bagi perkembangan Virtuoso. Kesan emosional yang diwujudkan pada masa ini terasa cukup besar.

Banyak karya di masa ini yang mempunyai cerita dibaliknya yang pada umumnya cerita tragis dan berisi kesedihan.

Komposer ternama pada era Romantic awal ini yaitu Berlioz, Chopin, Mendelssohn, Schumann, Liszt, dan Verdi.

8. Tahun 1860
Tahun 1680 hingga 1920 merupakan era Romantic akhir, dan juga merupakan masa dimana musik yang tercipta dari ekspresi emosi komposernya terasa lebih mendalam seperti karya dari Tchaikovsky yang isinya adalah penderitaan dan kegalauan hatinya.

Memasuki akhir era Romantic, banyak gaya musik baru yang lebih beragam seperti gaya nasionalis Sibelius dan Elgar, gaya impresionisme Debussy dan Ravel, dan sebagainya.

Ciri-Ciri Musik Orkestra
Agar kalian lebih mudah mengetahui musik Orkestra, berikut ciri-cirinya.

* Orkestra didasarkan atas alat musik gesek yang terdiri dari keluarga Biola dan Double Bass
* Kelompok alat musik gesek ini disusun kedalam bagian-bagian dimana para pemusik selalu memainkan not yang sama dalam satu suara
* Alat musik tiup kayu, tiup logam, dan perkusi tampil dalam jumlah yang berbeda sesuai dengan periode dan lagu-lagu yang ditampilkan
* Orkestra sesuai dengan waktu, tempat, dan daftar lagu yang dimainkan selalu memperlihatkan standar instrumentasi yang luas
* Biasanya, Orkestra membutuhkan banyak pemain musik untuk memainkan hal yang sama dalam waktu yang bersamaan, Orkestra menuntut tingkat kecakapan musikal yang tinggi untuk memainkan dengan tepat pada nada-nada yang tertulis
* Orkestra dikoordinasi langsung dengan satu pusat yang berawal pada abad XVII dan XVIII oleh pemain utama Biola pertama atau oleh pemain Keyboard, yang selanjutnya mulai awal abad XVIII dikoordinasi oleh seorang Conductor.

Jenis-Jenis Musik Orkestra
1. Symphony
Merupakan Orkestra yang didirikan oleh organisasi atau organisasi tertentu

2. Philharmonic
Philharmonic merupakan Orkestra yang dibuat dengan dukungan Sponsor

3. Orkestra Kamar
Orkestra Kamar merupakan Orkestra kecil yang dapat dilakukan di sebuah ruangan, ini akan terdiri dari 10 lebih sedikit, dan 30 lebih banyak

4. Orkestra Muncul
Orkestra Muncul merupakan apa arti nama itu, ini juga berfungsi mempersempit kesenjangan antara klasik dan publik.

Manfaat Musik Orkestra
* Menstimulasikan Otak kanan, artinya dapat meningkatkan Kreativitas
* Mengurangi Stress dan Tekanan, hal ini karena alunan melodinya
* Menstabilkan Detak Jantung, Tekanan Darah, dan Temperature Tubuh
* Merangsang tubuh memproduksi Hormon Dopamin, yang berfungsi menimbulkan senang dalam tubuh
* Dapat meningkatkan IQ ketika mendengarkan musik Klasik Mozart selama 10 menit
* Mendengarkan musik Klasik sebelum tidur dapat membuat tidur lebih nyenyak
* Membuat fikiran lebih fokus

Alat Musik Orkestra
Berikut merupakan alat-alat musik Orkestra.

1. Chordophone
* Violin
* Cello
* Gitar Akustik (String Oriented)
* Gitar Akustik (Melody Oriented)
* Gitar Akustik (Baritone Oriented)
* Gitar Elektrik (Rhytm Oriented)
* Gitar Elektrik (Melody Oriented)
* Bass Akustik (Untuk Low Power Instrument Part)
* Bass Elektrik (Untuk Strong Power Instrument Part)
* Harpa
* Classical Piano
* Organ
* Electric Kebyoard

2. Idiophone
* Snare Drum
* Bass
* Tom Floor
* Conga
* Djembe

3. Aerophone
* Akordeon
* Flute
* Bass Sax
* Tenor Sax
* Trumpet
* Harmonika 2 Octaves
* Clarinet

Tokoh Musik Orkestra
Adapun beberapa tokohnya adalah sebagai berikut.

1. Franz Joseph Haydn

Franz Joseph Haydn merupakan seorang Komponis yang membawa pengaruh besar dari zaman Klasik yang memiliki julukan sebagai “Bapak Kuartet Gesek” atau “Bapak Simfoni”.

2. Franz Liszt

Franz Liszt merupakan seorang pengaba, pianist, komposer dan guru musik Klasik asal Hungaria pada abad ke-19. Liszt menulis sekitar 700 komposisi musik yang didalamnya terdapat puisi Simfonis dan lagu Gerejawi.

3. Franz Schubert

Franz Schubert merupakan komponis berkebangsaan Austria. Sebelum usia 20 tahun, ia sudah menulis 6 simfoni, secara keseluruhan telah menghasilkan 8 simfoni.

4. Wolfgang Amadeus Mozart

Wolfgang Amadeus Mozart merupakan salah satu tokoh penting yang membawa oengaruh besar terhadap zaman musik Klasik maupun zaman musik Romantic sama seperti yang lainnya.

5. Giueseppe Verdi

Giueseppe Verdi merupakan seorang tokoh yang membawa pengaruh besar era Romantis di Itali, terutama dalam bidang seni Opera.

6. Gustav Mahler

Gustav Mahler merupakan salah satu komposer terbaik berkebangsaan Austria, sejak tahun 1881, ia mulai berkarir sebagai konduktor dan ia mulai terkenal saat menjadi pemimpin konduktor di tempat gedung Opera.

7. Johann Sebastian Bach

Johan Sebastian Bach merupakan komposer besar dan terkenal asal Jerman, ia banyak mengembangkan dan mengubah beberapa alat musik seperti Clavichord, Harpischord, musik Organ dan Orkestra.

8. Johannes Brahms

Johannes Brahms merupakan seorang musisi, pianis, dan komponis pada zaman Romantik. Salah satu karyanya yang terkenal dan populer hingga saat ini adalah Wiegenlied, Op. 49 No. 4.

Sampai sini sudahkan kalian memahami tentang pengertian musik Orkestra?

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian musik Orkestra beserta sejarah, jenis, manfaat, alat musik, dan tokohnya, semoga bermanfaat.

Musik Orkestra

sumber referensi :

* /wiki/Orkes