Blog

Pengertian Ruang Lingkup Cabang Penjelasan

Geografi – Geografi merupakan ilmu yang mempelajari hal yang mengenai lokasi serta persamaan, dan perbedaan keruangan atas fenomena fisik, dan manusia maupun makhluk hidup lain di atas permukaan bumi. Kata geografi sendiri berasal dari Bahasa Yunani yaitu gêo yang artinya bumi, dan graphein yang artinya pencitraan. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi Geografi mulai dari Pengertian Geografi, Ruang Lingkup Geografi, Cabang Cabang Geografi Secara Lengkap di bawah ini.

Pengertian Geografi
Geografi merupakan ilmu yang mempelajari hal yang mengenai lokasi serta persamaan, dan perbedaan keruangan atas fenomena fisik, dan manusia maupun makhluk hidup lain di atas permukaan bumi. Kata geografi sendiri berasal dari Bahasa Yunani yaitu gêo yang artinya bumi, dan graphein yang artinya pencitraan, Sehingga geografi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang menggambarkan segala sesuatu yang ada di permukaan bumi. Para sarjana, Adapun untuk praktisi di bidang geografi disebut geograf atau geografer.

Pendapat lain mengatakan, geografi merupakan studi yang membahas mengenai ciri-ciri fisik bumi dan atmosfernya, dan kegiatan manusia yang mempengaruhi dan dipengaruhi, termasuk distribusi populasi serta sumber daya, penggunaan lahan maupun industri.

Agar lebih memahami apa itu geografi, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Frank Debenham
Geografi merupakan ilmu yang bertugas untuk mengadakan penafsiran tentang persebaran fakta, menemukan hubungan di antara kehidupan manusia dengan lingkungan fisik, serta menjelaskan kekuatan interaksi antara manusia dengan alam.

2. Mustofa Bisri
Geografi merupakn suatu ilmu yang menguraikan tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, manusia, flora dan fauna, serta basil-basil yang ada di bumi.

3. Claudius Ptolomaeus
Geografi merupakan suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi.

4. Preston E. James
Geografi merupakan induk dari segala ilmu pengetahuan, hal ini karena bidang ilmu pengetahuan selalu di mulai dari keadaan muka bumi yang kemudian beralih pada studi ilmu pengetahuan masing-masing.

5. Herioso Setiyono
Geografi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya serta merujuk terhadap pola persebaran horisontal di permukaan bumi.

Ruang Lingkup Geografi
Teradapat 3 runag lingkup dari Geograf, yakni; Geogarfi fisik, Geografi sosial, dan Geografi regional. Beriku ini penjelasan dari Ke-3 ruang lingkup geografi :

1. Geografi Fisik

Geografi fisik merupakan cabang geografi yang mempelajari atau ilmu yang membahas mengenai kondisi fisik pada permukaan bumi, termasuk fenomena yang pernah terjadi di bumi. Beberapa hal yang ada dalam ruang lingkup geografi fisik mencakup semua gejala yang terjadi di atmosfer, pedosfer, litosfer (lapisan batuan), biosfer (lapisan kehidupan), hidrosfer (lapisan air), serta antroposfer (ruang angkasa),

Selian itu, geografi fisik juga mencakup keadaan yang ada pada lingkungan geosfer, seperti iklim, relief, bentuk, dan segala sesuatu yang mempengaruhi kehidupan manusia yaitu seperti daratan, udara, dan air.

2. Geografi Sosial
Geografi sosial merupakan cabang geografi yang mempelajari mengenai semua aktivitas manusia di bumi serta kaitannya dengan lingkungan hidupnya. Beberapa yang termasuk dalam ruang lingkup sosial diantaranya; budaya, ekonomi, teknologi, serta kehidupan sosial manusia.

3. Geografi Regional
Geografi regional merupakan cabang geografi yang mempelajari atau membahas hal-hal khusus yang terjadi di suatu daerah (desa, kota, provinsi, dan juga negara). Selain itu, geografi regional membahas atau mempelajari hal mengenai hal khusus pada suatu wilayah, baik itu aspek sosial maupun aspek fisik.

Cabang-Cabang Geografi
Secara umum geografi terbagi menjadi beberapa cabang. Adapun beberapa cabang geografi tersebut sebagai berikut:

* Biogeografi, merupakan bidang ilmu yang mempelajari dan membahas mengenai disitribusi organisme di permukaan bumi.
* Paleontologi, merupakan ilmu yang mempelajari mengenai sejarah kehidupan di bumi, termasuk kehidupan tumbuhan, hewan di jaman prasejarah yang sudah menjadi fosil.
* Hidrologi, merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari dan membahas tentang distribusi, pergerakan, siklus, sumber daya, dan kualitas air yang ada di seluruh bumi.
* Petrologi, yaitu cabang dari geologi yang fokus mempelajari dan juga membahas tentang batuan dan kondisi pembentukannya.
* Vulkanologi,merupakan ilmu yang mempelajari mengenai gunung berapi, magma, lava, dan fenomena atau peristiwa geologi yang berhubungan.
* Demografi, merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari dan membahas mengenai penduduk, mulai dari komposisi penduduk hingga jumlah penduduk suatu wilayah.
* Antropologi, merupakan ilmu yang mempelajari mengenai manusia, khususnya mengenai ciri-ciri, warna kulit, bentuk fisik, masyarakat, serta kebudayaan manusia.
* Astronomi, merupakan ilmu yang mempelajari tentang benda-beda langit di luar atmosfer bumi. Misalnya seperti bintang, bulan, matahari, serta ruang angkasa.
* Oseanografi, merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari dan membahas semua hal yang berhubungan dengan lautan.
* Geologi, merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari dan juga membahas tentang bumi secara khusus, mulai dari komposisi, struktut, sifat fisik, dan proses pembentuknya.
* Hidrogeologi, merupakan cabang dari hidrologi yang fokus mempelajari dan juga membahas tentang pergerakan air di dalam tanah dan batuan pada kerak bumi.
* Mineralogi, merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang mineral, meliputi sifat kimia, struktur kristal dan fisika dari mineral tersebut.
* Geokimia, merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang komposisi kimia yang merupakan bagian dari bumi.
* Geomorfologi, merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari dan membahas tentang bentuk lahan dan proses yang mengakibatkan pembentukan lahan.
* Geofisika, merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari hal yang mengenai tentang bumi dalam kaitannya dengan prinsip-prinsik fisika.
* Geografi Regional, merupakan cabang geografi yang khusus mempelajari wilayah / kawasan tertentu yang ada di bumi.
* Geografi Politik, merupakan cabang geografi yang secara khusus melakukan pengkajian tentang kondisi politik untuk kepentingan negara secara geografis.
* Geografi Matematik, merupakan cabang geografi yang berhubungan dengan perkiraan ukuran, bentuk, dan gerakan bumi.
* Geografi Historik, merupakan cabang geografi yang mempelajari dan membahas ilmu sejarah dan perkembangan bumi.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Geografi. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :