Blog

PENGERTIAN RISET PEMASARAN DAN PENDAPAT PARA AHLI TENTANG RISET PEMASARAN

Yang dimaksud dengan riset pemasaran adalah suatu kegiatan tentang penelitian dalam bidang pemasaran. Riset pemasaran memang harus dilakukan secara lebih tersistematis, yaitu dengan memulai dari awal seperti :

1. Perumusan masalah.
2. perumusan tujuan dari riset pemasaran tersebut.
3. Pengumpulan data.
4. Pengolahan data.
5. Interpretasi dari hasil riset pemasaran yang diperoleh.

Riset pemasaran bertujuan sebagai upaya dalam memberikan masukan terhadap pihak manajemen. Dengan adanya riset pemasaran, setidaknya pihak manajemen akan mengetahui hal-hal apa saja yang seharusnya diperbaiki dan memakai strategi pemasaran apa yang lebih cocok dan sesuai agar dapat merebut adanya peluang dimasa mendatang.

Banyak diantara para pengusaha yang seringkali merasa rancu dengan adanya istilah riset pemasaran. Riset pemasaran (marketing research) memang seringkali masih saja disamakan dengan riset pasar (market research), padahal tentu saja keduanya memiliki istilah yang berbeda satu sama lain. Riset pasar sebenarnya lebih berfokus terhadap pasar yang telah ditentukan secara spesifik oleh perusahan. Sementara itu, riset pemasaran memiliki arti yang lebih luas lagi dari riset pasar. Riset pemasaran tidak hanya terkonsentrasi kepada aspek pasar atau produk yang akan dipasarkan saja, namun juga lebih mencangkup terhadap hal-hal dari luar itu. Singkatnya adalah, riset pasar bisa juga disebut sebagai bagian dari riset pemasaran.

BERBAGAI VERSI RISET PEMASARAN MENURUT PARA AHLI

Selain pengertian riset pemasaran secara umum, dari para ahli sendiripun juga memiliki pendapatnya masing-masing tentang pengertian dari riset pemasaran tersebut, yaitu :

1. Philip Kotler yang dikenal sebagai salah satu guru besar pemasaran dari dunia mendefinisikan bahwa riset pemasaran sebagai suatu perancangan, pengumpulan, analisis, dan pelaporan yang sudah tersistematis dari data atau berbagai penemuan yang relevan dengan adanya situasi pemasaran tertentu yang telah dihadapi oleh perusahaan.
2. Robby Susatyo memiliki pendapatnya sendiri yaitu : riset pemasaran sebagai suatu pengidentifikasian yang lebih objektif dan tersistematis, yang akan dilanjutkan dengan pengumpulan. analisis, dan perangkaian beberapa informasi yang bertujuan agar dapat memperbaiki dalam pengambilan keputusan yang masih berkaitan dengan solusi permasalahan dan penentuan berbagai peluang dalam proses pemasaran.

Selain dari pendapat beberapa para ahli, beberapa dari badan dan organisasi dunia juga memiliki definisi mereka sendiri-sendiri untuk riset pemasaran. American Marketing Association (AMA) telah mendefinisikan bahwa riset pemasaran sebagai salah satu fungsi yang menghubungkan antara : konsumen, pelanggan, dan masyarakat umum dengan para pemasar melalui informasi. Informasi inilah yang nantinya akan digunakan dalam mengidentifikasikan dan menentukan peluang serta permasalahan pemasaran seperti : merumuskan, menyempurnakan dan mengevaluasi berbagai tindakan pemasaran, memantau kinerja pemasaran, dan menyempurnakan pemahaman tentang segala aktivitas pemasaran sebagai sebuah proses serta pemahaman atas berbagai cara yang dapat menjadikan kegiatan pemasaran menjadi lebih efektif dan lebih efisien.

Groedu Inti Global Inovasi (Groedu Trainer Pengembangan SDM)
Cito Mall – Jl. A. Yani 288 (Bunderan Waru), Lantai UG, US 23, No. 3 & 5 Surabaya.

Telepon : Hp : Frans : / Burhan : Fast Respon Email :