Blog

Pengertian Remaja Karakteristik Dan Ciricirinya

RuangPengetahuan.Co.Id – Remaja adalah masa transisi dari masa kanak-kanak ke dewasa, atau dapat dikatakan bahwa remaja adalah perpanjangan masa kanak-kanak sebelum dewasa.

Masa remaja dimulai dengan anak perempuan dari usia 12 tahun dan untuk anak laki-laki di usia 14 tahun. biasanya membutuhkan waktu 6 hingga 9 tahun

Saat mulainya berbeda-beda, karena seiring dengan waktu gairah seksual yang terjadi lebih cepat pada anak perempuan.

Ada juga perbedaan individu untuk masing-masing jenis, karena ada anak-anak yang mencapai kematangan pada usia 10 dan juga sangat terlambat.

Bahkan lebih sulit untuk menentukan akhir masa pubertas, karena tidak ada dukungan nyata seperti perkembangan fisik.

Biasanya mereka tidak lagi dianggap remaja jika mereka cukup bertanggung jawab atas tindakan mereka dan telah menemukan cara yang baik untuk mengatasi ketakutan mereka sendiri.

Fase perkembangan masa remaja merupakan pusat perhatian. Ini karena masa remaja adalah transisi dari masa kanak-kanak ke dewasa.

Remaja tidak lagi merasa seperti anak-anak melainkan mereka tidak bisa mengambil tanggung jawab sebagai orang dewasa.

Oleh karena itu, remaja pria individu sering terkejut selama masa mudanya, terutama dengan nilai-nilai lama kemudian memulai nilai-nilai baru.

Remaja adalah usia transisi. Seorang individu telah meninggalkan usia anak-anak yang lemah dan tergantung pada orang tua tetapi belum mampu mencapai usia yang kuat dan bertanggung jawab, baik terhadap diri mereka sendiri maupun terhadap masyarakat.

Semakin jauh masyarakat berkembang, semakin panjang usia remaja, karena ia harus mengenali dirinya sebagai orang yang mudah beradaptasi dengan masyarakat, yang penuh dengan tuntutan.

Perubahan emosi pada masa remajadapat dilihat pada ketegangan dan tekanan emosional, tetapi remaja mengalamistabilitas dari waktu ke waktu sebagai hasil dari upaya untuk beradaptasidengan perilaku baru dan harapan sosial baru, seperti masalah cinta, padamasalah ini adalah masalah yang cukup rumit.

Karakteristik Remaja
Perkembangan sosial anak telah dimulai sejak bayi, Kemudian pada masa kanak-kanak dan selanjutnya pada masa remaja.

Hubungan sosial anak-anak dengan orang tua mereka dalam kehidupan keluarga, terutama dengan para ibu, terutama sangat terbatas dan berkembang menjadi anggota keluarga lain, teman bermain dan teman dari sama jenis maupun lain jenis. Ini dijelaskan dalam hal hubungan remaja dengan teman sebaya dan orang tua:

1. Hubungan dengan Teman Sebaya
Teman sebaya adalah teman yangusianya sama. Jean Piaget dan Harry Stack Sullivan mengemukakan bahwa anak-anakdan remaja dilihat melalui interaksi dengan teman sebayanya mulai dari polahubungan timbal balik dan lainnya.

Mereka juga belajar untuk memonitor secara dekat dan pandangan teman sebaya agar lebih mudah diintegrasikan ke dalam kegiatan rekan yang sedang berlangsung.

Sullivan percaya bahwa teman-teman memainkan peran penting dalam membentuk kesejahteraan perkembangan anak-anak dan remaja.

Dalam hal kesejahteraan, ia menjelaskan bahwa semua manusia memiliki serangkaian kebutuhan sosial dasar, termasuk kebutuhan akan kasih sayang, teman yang menyenangkan, penerimaan sosial, keintiman, dan hubungan seksual.

2. Hubungan dengan Orangtua
Masa remaja adalah masa ketika konflik dengan orang tua meningkat melampaui tingkat masa kanak-kanak.

Peningkatan ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu, perubahan biologis pada masa remaja, perubahan kognitif yang meliputi peningkatan idealisme dan penalaran, perubahan sosial yang fokus pada identitas, perubahan kebijaksanaan pada orang tua, dan harapan yang dirugikan oleh orang tua.

Collins menyimpulkan bahwa banyak orang tua melihat anak remaja mereka berubah dari seorang anak yang selalu menjadi seseorang yang tidak patuh, menentang orangtua mereka.

Ketika ini terjadi, orang tua biasanya mencoba untuk mengendalikan diri mereka sendiri dan memberikan tekanan lebih pada remaja untuk mematuhi perintah orangtua.

Berdasarkan uraian ini, para peneliti menyimpulkan bahwa karakteristik remaja atau proses perkembangan remaja termasuk masa transisi biologis yaitu pertumbuhan dan perkembangan fisik.

Transisi kognitif adalah perkembangan kognitif remaja di lingkungan sosial dan juga proses sosial dan emosional. Yang terakhir adalah fase transisi sosial yang melibatkan hubungan dengan orang tua, teman sebaya, dan masyarakat sekitar.

3. Ketidakstabilan Emosi
Emosi yang kurang stabil dan cenderung berubah adalah fitur paling penting yang terjadi pada remaja. Secara umum, remaja pria memiliki perubahan emosi yang lebih stabil dari pada wanita, hanya mempengaruhi ego dan temperamen.

Berbeda dengan wanita yang memprioritaskan perasaan mereka. Dalam hal ini, orang tua memainkan peran penting dalam melindungi emosi anak-anak mereka.

Orang tua yang bertindak sebagai atasan dan teman dapat mengarahkan dan mengurangi emosi yang pernah mencapai puncaknya.

4. Perasaan Kekosongan Hidup
Perasaan kosong adalah batu loncatan untuk melepaskan diri dari kehidupan masa lalu, dari apa yang hanya anak-anak, yang dari waktu ke waktu selalu diatur dan dirawat oleh orang tua mereka dan memiliki keinginan mereka sendiri.

Dalam hal ini, remaja menyingkirkan pendidikan orang tua mereka dan terbuka terhadap pengaruh pengaruh lainnya, baik dan buruk yang dapat mereka pilih sesuai dengan keinginan emosional mereka. Mereka akan berusaha menunjukkan kemandirian mereka dari orang tua dan orang dewasa lainnya.

Kita tahu pasti bahwa saat ini banyak remaja mengikuti mode terbaru, baik dari luar maupun dalam negeri.

Meskipun banyak dari mereka yang hanya meniru gaya idola mereka untuk membuat mereka tiru atau hanya untuk mendapatkan status sosial dalam hubungan. Seperti cermin yang mengikuti segalanya, baik atau buruk.

5. Kegelisahan
Keadaan gelisah membanjiri remaja, banyak hal yang diinginkan, tetapi remaja tidak mampu memenuhi semuanya.

Banyak cita-cita dan impian tercapai setinggi langit baik itu rasional maupun tidak rasional, keinginan yang tidak terpenuhi memberikan kecemasan remaja.

Contoh paling umum dari hal ini adalah meningkatnya permintaan akan barang-barang seperti ponsel, tas, sepeda motor dan lainnya.

Peran orang tua dalam hal ini adalah membatasi pemenuhan keinginan anak-anak mereka, untuk menyediakan mereka hanya sesuai kebutuhan.

Sehingga anak muda tidak merasa tertekan atau merasa bahwa mereka tidak diperhatikan oleh orang tua mereka.

6. Senang Bereksperimen
Eksplorasi dapat didefinisikan sebagai minat individu dalam menemukan identitas tentang nilai-nilai, kepercayaan, tujuan, dan proses eksplorasi menunjukkan eksperimen dengan berbagai aturan sosial, rencana, dan ideologi.

Semua orang akan senang mencoba hal-hal baru, termasuk mereka cenderung melakukan hal-hal yang baru.

Misalnya, ada keinginan untuk menjelajahi daerah sekitarnya seperti gunung atau hanya ke tempat wisata.

Contoh negatif dalam bentuk hubungan tidak sehat yang mulai mengenal dengan rokok, narkoba atau barang ilegal lainnya.

Peran agama sangat penting di sini untuk menghindari penyimpangan dalam bentuk materi atau moral. Agama bisa menjadi batasan yang baik karena tidak hanya mengajarkan pemujaan, tetapi juga mengajarkan Anda bagaimana menjalani kehidupan yang baik.

7. Mempunyai Banyak Imajinasi
Siapa yang tidak pernah membayangkan ini, menginginkan sesuatu atau hanya bercanda? Misalnya, bayangkan dia orang yang hebat atau bayangkan karakter seperti kartun.

Bayangan adalah bahwa Anda mendapatkan uang dari langit atau dari hak-hak membual lainnya. Remaja benar-benar menikmati berfantasi tentang pikiran mereka, membayangkan kehidupan apa yang mereka

miliki selanjutnya atau memikirkan sesuatu yang lain. Ini masih bisa ditoleransi jika itu hanya masuk akal. dan tidak mempengaruhi kejiwaan para remaja.

8. Kecenderungan Membentuk Kegiatan kelompok
Tentunya beberapa dari Anda telah membentuk geng di sekolah atau di desa Anda. Kebersamaan dan kebanggaan yang luar biasa menjadi fitur khusus di setiap kelompok, yang dibuat oleh remaja pada umumnya.

Tidak jarang, kerja sama yang berlebihan dan kebanggaan adalah penyebab terjadinya perilaku negatif pada remaja.

Misalnya, Tawuran sendiri dapat menyebabkan bentrokan berbahaya antara kelompok remaja karena lelucon yang tidak jelas.

Perilaku penipuan penipuan untuk mempertahankan soliditas yang dibangun. Tetapi jika dikelola dengan baik, itu akan memberikan dorongan moral kepada remaja lain.

Ciri-ciri Perkembangan Akhir Remaja
Banyak tuntutan dari beberapa faktor religius, sosial dan juga nilai serta norma yang bisa mendorong remaja untuk bisa mulai memikul beban dan tanggung jawab.

Harapan dan tuntutan ini juga menjadi latar belakang beberapa tugas baru dalam pengembangan kaum muda, termasuk remaja akhir. Sederhananya, konsep perkembangan remaja akhir dalam teori psikologi perkembangan meliputi:

1. Perkembangan Sosial
Salah satu perkembangan paling sulitdi kalangan remaja terkait dengan adaptasi sosial. Setiap remaja perlu dapatberadaptasi dengan lawan jenis dalam hubungan yang belum pernah terjadisebelumnya dan beradaptasi dengan orang dewasa di luar sekolah atau lingkungankeluarga.

Untuk mencapai tujuan dari pola sosialisasi orang dewasa, seorang remaja perlu dapat beradaptasi, dan yang paling penting, masalah perilaku sosial, pengelompokan sosial baru, nilai-nilai baru dalam pemilihan

persahabatan, nilai-nilai baru dalam sosial dukungan dan penolakan, dan nilai-nilai baru dalam masyarakat Seleksi pemimpin yang juga memiliki implikasi psikologi perkembangan dalam pendidikan.

2. Pengembangan Moral
Pada dasarnya, moralitas adalah seperangkat nilai yang berasal dari banyak perilaku yang harus dipatuhi dan menjadi norma yang mengatur perilaku individu dalam kaitannya dengan kelompok sosial dan masyarakat sebagai bidang psikologi perkembangan.

Moralitas adalah standar kebaikan dan kejahatan, ditentukan oleh individu dari nilai-nilai sosial budaya di mana individu bertindak sebagai anggota sosial.

Remaja diharapkan untuk menggantibeberapa konsep moral yang diterima secara umum dan kemudian merumuskannyadalam kode moral yang nantinya akan digunakan sebagai panduan untuk perilaku.

3. Perkembangan Seksual
Pada masa remaja, identitas ditemukan dalam bentuk orientasi seksual yang tercermin dalam emosi, hasrat seksual, romansa, dan juga dalam kasih sayang untuk lawan jenis.

Pada akhir masa remaja, Nantinya akan menemukan cara untuk mengekspresikan dirinya secara seksual sehingga beberapa remaja mulai mengurangi ketegangan seksual melalui masturbasi.

4. Pengembangan Kecerdasan
Kecerdasan adalah kemampuan untuk menggunakan alat dan pikiran secara tepat untuk beradaptasi dengan beberapa persyaratan baru yang juga sangat penting dalam psikologi perkembangan anak usia dini.

Kecerdasan mengandung unsur pemikiran atau rasio, sehingga semakin banyak unsur digunakan dalam tindakan atau perilaku.

Elemen intelijen kemudian dinyatakan dalam IQ, dan pengukuran kecerdasan yang dilakukan oleh para ahli kemudian diklasifikasikan.

5. Perkembangan Emosi
Dalam perkembangan remaja akhir dan juga dalam perilaku sehari-hari, umumnya disertai dengan tindakan seperti bahagia dan tidak bahagia.

Perasaan yang menyertai tindakan ini disebut warna afektif yang kadang-kadang kuat, lemah dan kadang-kadang tidak jelas.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Remaja, Karakteristik dan Ciri-cirinya ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>