Blog

Pengertian Psikologi Arti Definisi Dan Penjelasan Menurut Para Ahli

Pengertian psikologi – Apa itu psikologi? Istilah psikologi sering merujuk pada ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia. Praktisi di bidang psikologi disebut sebagi psikolog. Psikologi banyak dipelajari sebagai jurusan di beberapa perguruan tinggi unggulan yang ada di Indonesia.

Istilah psikologi memang masih asing bagi sebagian kalangan. Secara umum psikologi mempelajari tingkah laku manusia. Bidang studi psikologi mengandalkan pengamatan dan analisis terkait tingkah laku organisme berdasarkan pengalaman yang didapatkan melalui panca indera.

Fungsi psikologi antara lain yaitu untuk menjelaskan tingkah laku manusia, memprediksi atau meramalkan tingkah laku serta mengendalikan perilaku yang diharapkan. Psikologi penting dalam beberapa aspek kehidupan, seperti proses rekruitmen, bimbingan konseling atau identifikasi masalah terkait penyebab suatu kejadian.

Ada macam-macam pendekatan psikologi yang bisa dilakukan, misalnya seperti pendekatan perilaku, pendekatan kognitif, pendekatan psikoanalisis dan pendekatan fenomenologis. Lebih lanjut lagi, ada banyak metode-metode psikologi yang kompleks yang harus dipelajari secara rinci.

(baca juga fungsi komunikasi)

Berikut akan dibagikan pengertian psikologi dan penjelasannya, baik menurut KBBI, menurut bahasa, secara umum dan menurut para ahli.

Arti Psikologi Menurut KBBI
Pengertian psikologi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah ilmu yang berkaitan dengan proses mental, baik normal maupun abnormal dan pengaruhnya pada perilaku. Bisa juga diartikan sebagai ilmu pengetahuan tentang gejala dan kegiatan jiwa.

Definisi Psikologi Menurut Bahasa
Kata psikologi berasal dari bahasa latin, yaitu ‘psyche’ dan ‘logos’. Psyche berarti jiwa, sedangkan logos berarti pengetahuan. Sehingga dapat disimpulkan pengertian psikologi secara singkat menurut bahasa adalah ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan.

Pengertian Psikologi Secara Umum
Pengertian psikologi secara umum adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan tentang perilaku, fungsi mental dan proses mental manusia secara ilmiah. Orang yang ahli di bidang psikologi disebut sebagai psikolog.

Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli
Berikut adalah penjelasan beberapa definisi dan pengertian psikologi menurut para ahli, baik ahli dari dalam negeri maupun ahli dari luar negeri.

Menurut Plato dan Aristoteles

Pengertian psikologi menurut Plato dan Aristoteles adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hakikat jiwa serta prosesnya sampai akhir.

Menurut Wilhem Wundt (1829)

Definisi psikologi adalah ilmu yang mempelajari pengalaman-pengalaman yang timbul pada diri manusia, seperti perasaan panca indra, pikiran, feeling, dan kehendak.

Menurut Kurt Koffka (1925)

Definisi psikologi menurut Kurt Koffka adalah studi ilmiah mengenai perilaku makhluk hidup dalam hubungan mereka dengan dunia luar.

Menurut Dr. Singgih Dirgagunarsa

Menurut pendapat dari Dr. Singgih Dirgagunarsa, definisi psikologi secara umum adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia.

Menurut Hilgert

Pengertian psikologi menurut pendapat yang dikemukakan Higlert adalah mempelajari tingkah laku manusia dan hewan lainnya.

Menurut Chaplin (1972)

Psikologi merupakan ilmu pengetahuan mengenai prilaku manusia dan hewan, juga penyelidikan terhadap organisme dalam segala ragam kerumitannya ketika bereaksi arus dan perubahan alam sekitar dan peristiwa-peristiwa kemasyarakan yang mengubah lingkungan

Menurut Jhon Locke

Definisi psikologi adalah semua pengetahuan, tanggapan, dan perasaan jiwa manusia. Diperoleh karena pengalaman melalui alat-alat indranya.

Menurut John Broadus Watson (1919)

Psikologi menurut John Broadus Watson adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku tampak (lahiriah) dengan menggunakan metode observasi yang objektif terhadap rangsangan dan jawaban (respon).

Menurut Clifford T. Morgan

Definisi psikologi menurut Clifford T. Morgan merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia dan hewan.

Menurut George Berkeley

Menurut teori pendapat dari George Berkeley, pengertian ilmu psikologi secara singkat adalah ilmu tentang penginderaan (persepsi).

Menurut Ruch

Psikologi adalah studi tentang manusia. Sedangkan secara luas, pengertian psikologi adalah sebagian ilmu biologi dan sebagian merupakan ilmu sosial. Saling tumpang tindih dengan dua bidang utama dan menghubungkan keduanya.

Menurut Dakir (1993)

Pengertian psikologi menurut Dakir (1993) adalah ilmu yang membahas tentang tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya.

Menurut Mussen dan Rosenzwieg

Psikologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang ‘mind’ (pikiran) namun dalam perkembangannya, kata mind berubah menjadi ‘behavior’ (tingkah laku). Sehingga psikologi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia.

Menurut Garden Murphy

Pengertian psikologi secara umum adalah ilmu yang mempelajari respon yang diberikan oleh mahluk hidup terhadap lingkungannya.

Menurut Knight

Pengertian psikologi adalah ilmu yang mempelajari secara sistematis tentang pengalaman dan tingkah laku manusia dan hewan, normal dan abnormal, individu atau social.

Menurut Moskowitz dan Orgel

Pengertian psikologi adalah suatu ilmu pengetahuan empirik yang berdasarkan atas observasi dan penelitian eksperimental. Pokok persoalannya adalah tentang tingkah laku manusia.

Menurut Rene Descartes

Pengertian psikologi menurut Rene Descartes adalah ilmu pengetahuan mengenai gejala pemikiran atau gejala kesadaran manusia, terlepas dari badannya.

Menurut Richard Mayer (1981)

Arti psikologi menurut Richard Mayer adalah analisis mengenai proses mental dan struktur daya ingat untuk memahami perilaku manusia.

Menurut Angell (1910)

Psikologi adalah semua kesadaran normal atau abnormal, manusia atau binatang, merpakan pokok permasalahan yang dicoba untuk dijelaskan oleh ahli psikologi, dan tidak ada definisi ilmu ini yang sepenuhnya dapat di terima, semua bunyinya kurang lebih sama.

Menurut Crow & Crow

Psikologi adalah tingkah laku manusia, yakni interaksi manusia dengan dunia sekitarnya, baik berupa manusia lain (human relationship) maupun bukan manusia seperti hewan, iklim, kebudayaan, dan sebagainya.

Menurut Muhibbin Syah (2001)

Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan.

Menurut Sartain

Arti psikologi secara umum adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku organisme yang hidup, terutama tingkah laku manusia.

Menurut Woodworth dan Marquis

Arti psikologi merupakan ilmu yang mempelajari aktivitas individu sejak masih dalam kandungan sampai meninggal dunia. Aktivitas yang ada dalam hubungannya dengan alam sekitar.

Menurut Bruno (1987)

Pengertian psikologi dibagi dalam tiga bagian. Yang pertama psikologi adalah studi (penyelidikan) mengenai “roh”. Yang kedua psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai “kehidup mental”. Dan yang ketiga psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai “tingkah laku” organisme.

Menurut Munn dan Fernald

Menurut Munn dan Fernald, Psikologi didefinisikan sebagai ilmu perilaku manusia. Penyelidikannya tidak terbatas pada manusia dan terkadang melampaui perilaku yang dapat diamati.

Menurut Kenneth Clark dan George Millter

Pengertian psikologi adalah studi ilmiah mengenai perilaku. Lingkungan mencakup berbagai proses perilaku yang dapat diamati, seperti gerak tangan, cara berbicara dan perubahan kejiwaan dan proses yang hanya dapat diartikan sebagai pikiran dan mimpi.

Menurut Arthur Gates (1931)

Menurut Arthur Gates, psikologi mencoba menemukan peraturan umum yang menerangkan perilaku organisme hidup. Bidang ini mencoba menunjukkan, menerangkan, dan menggolongkan berbagai macam kegiatan yang sanggup dilakukan oleh binatang, manusia, atau lainnya.

Nah itulah referensi pengertian psikologi menurut para ahli, arti psikologi menurut KBBI dan definisi psikologi secara umum. Psikologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dan banyak dipelajari sebagai jurusan di beberapa perguruan tinggi di Indonesia.