Blog

Pengertian Promosi Penjualan Menurut Para Ahli

Pada konsepnya, promosi penjualan digunakan untuk mendorong atau memotivasi konsumen agar melakukan aksi dengan membeli produk karena dipicu adanya penawaran produk dalam jangka waktu yang terbatas. Sales promotion merupakan insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli produk atau jasa.

Promosi penjualan berupa insentif-insentif dalam jangka pendek yang diberikan kepada konsumen agar dapat mendorong minatnya dalam membeli produk atau jasa. Bentuk promosi yang digunakan bisa seperti kupon belanja, diskon pembelian, kontes dll. Berikut adalah beberapa pengertian promosi penjualan menurut para ahli.

* Menurut Lupiyoadi (2013:180) “Promosi Penjualan adalah semua kegiatan yang dimaksudkan unuk meningkatkan arus barang atau jasa dari produsen sampai pada penjualan akhirnya. Titik promosi pernjualan terdiri atas brosur, lembar informasi dan lainlain”.
* Menurut G. Kismono dalam (Pondaag & Soegoto, 2016), promosi penjualan yaitu usaha untuk mempengaruhi konsumen dan pihak-pihak lain melalui aktifitas – aktifitas jangka pendek, misalnya pameran dan pemberian contoh produk.
* n Menurut Hurriyari dalam (Wulandari, 2016), tujuan dari promosi penjualan adalah, “menarik pelanggan baru, mempengaruhi pelanggannya untuk mencoba produk pesaing, mendorong pelanggan membeli lebih banyak, menyerang aktivitas promosi pesaing, meningkatkan impulse buying (pembelian tanpa rencana sebelumnya), atau mengupayakan kerjasama yang lebih erat dengan pengecer”.
* Menurut Malau (2017:103), “Promosi penjualan adalah bentuk perpuasi langsung melalui penggunaan berbagai insensif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segala dan meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan”
* Menurut Laksana, (2019:143), mengemukakan bahwa Promosi Penjualan adalah kegiatan penjulan yang bersifat jangka pendek dan tidak dilakukan secara berulang serta tidak rutin, yang ditunjukan untuk mendorong lebih kuat mempercepat respon pasar yang ditargetkan sebagai alat promosi lainnya dengan menggunakan bentuk yang berbeda.

Dari definisi – definisi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa promosi penjualan adalah penggunaan berbagai insentif yang dipakai untuk merangsang pembelian atau penjualan suatu produk atau barang dengan lebih cepat dan lebih besar yang biasanya bersifat jangka pendek misalnya pameran dan pemberian contoh produk. Ditunjukan untuk mendorong lebih kuat mempercepat respon pasar yang ditargetkan sebagai alat promosi lainnya dengan menggunakan bentuk yang berbeda.

Pembahasan terkait lainnya :

Manajemen Pemasaran