Blog

Pengertian Presipitasi Menurut Para Ahli

Presipitasi merupakan turunnya air (Hujan) dari atmosfer ke permukaan bumi dan juga laut dalam bentuk yang berbeda antara lain curah hujan di wilayah tropis dan curah hujan serta salju dan di daerah yang beriklim sedang. Adapun terjadinya Presipitasi ini ialah suatu peristiwa klimatik yang bersifat alamiah.

Berikut ini merupakan pengertian presipitasimenurut pendapat beberapa ahli, adapun para ahli tersebut diantaranya :

* KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBI, presipitasi yakni adalah :

1. Kandungan kelembapan udara yang berbentuk cairan atau bahan padat seperti mislanya hujan, embun salju; buatan met hujan yang bersumber dari berbagai jenis awan yang dipilih sebagai hasil usaha manusia.
2. Proses pengendapan, baik dari dalam lartan atau dari udara permukaan ke permukaan bumi;

Menurut Endang Tituk dkk, presipitasi merupakan suatu kejadian terjadinya proses pengendapan antigen terlarut oleh antibodi. Hal tersebut, maka presipitasi yang mana kemudian antigen terlarut tersbut tidak bergerak dan akan lebih mudah untuk ditangkap oleh sel fagosit.

Menurut Sigit Ari Wibowo, presipitasi merupakan sebuah kejadian jatuhnya air dari atmosfer menuju ke permukaan bumi. Adapun bentuk zat cair yang turun bisa berbentuk embun, salju, kabut maupun berbentuk hujan.

Menurut Triatmodjo, presipitasi merupakan turunan air dari atmosfer ke permukaan bumi yang terdiri dari embun, salju, hujan es dan juga hujan. Presipitasi untuk daerah tropis, hujan memberikan fungsi yang sangat besar.Yang mana Hal ini terlihat dimana biasanya hujanlah yang dianggap presipitasi.

Presipitasi merupakan produk dari kondensasi uap air di atmosfer. Yang terjadi disaat atmosfer menjadi jenuh dan air pun akan terkondensasi yang kemudian keluar dari larutan tersebut (terpresipitasi).

Menurut Sosrodarsono, presipitasi yakni merupakan nama umum dari uap yang mengkondensasi dan jatuh ke tanah dalam rangkaian proses siklus hidrologi.

Selain itu, jumlahnya dinyatakan dengan dalamnya presipitasi (mm). Jika uap air yang jatuh berupa cairan maka cairan tersebut dinamakan dengan hujan (rainfall), apabila berbentuk padat maka dinamakan salju (snow).

Menurut Ersin Seyhan,presipitasi adalah yang bentuknya, seringkali dinyatakan sebagai kedalam (jeluk) cairan yang berakumulasi di atas permukaan bumi bila seandainya tidak terdapat kehilangan.

Menurut Chay Asdak, presipitasi adalah jatuhnya air dari atmosfer ke permukaan bumi dan laut dengan bentuk yang berbeda, yakni curah hujan di daerah tropis dan curah hujan serta salju di daerah beriklim sedang.

Menurut Wibowo,presipitasi adalah suatu kejadian jatuhnya air dari atmosfer menuju permukaan bumi. Bentuk zat cair yang turun dapat berupa salju, hujan, kabut, dan embun.

Presipitasi dalam Bidang Lain
* Dalam Bidang Siklus Hidrologi

Presipitasi didalam siklus hidrologi didefinisikan sebagai mana turunnya air dari atmosfer bumi menuju ke permukaan bumi dengan bentuk yang berbeda-beda.

Presipitasi dalam bidang biologi yakni sebuah proses pengendapan terjadi ketika suatu zat terpisah dari larutannya. Seperti presipitasi antibodi yang mana antibodi mengendapkan molekul antigen dengan bentuk gumpalan yang tidak terlarut. Oleh karna itu antigen-antigen dicerna dan ditelan oleh sel-sel fagosit.

Presipitasi dalam bidang kimia didefinisikan dengan ada nya proses pengendapan kandungan zat larutan yang dikarenakan adanya reaksi kimia. Dalam kimia presipitasi dapat dipercepat dengan cara mengurangi kadar zat pelarut, atau dengan cara menambahkan agen presipitasi seperti TCA. Hal inilah yang menjadi salah satu yang dimanfaatkan dalam pengolahan limbah cair.

Artikel lainnya :