Blog

Pengertian Politik Menurut Para Ahli

1. Aristoteles
Bahwa arti pengertian politik ialah upaya atau cara untuk memperoleh sesuatu yang dikehendaki.
2. Joice Mitchel
Pengertian politik ialah pengambilan keputusan kolektif atau pembuatan akal umum masyarakat seluruhnya.
3. Prof. Miriam Budhiarjo
Pengertian politik ialah majemuk kegiatan dalam suatu sistem politik (negara) yang menyangkut proses memilih dari tujuan-tujuan dari sistem itu dan melaksanakan tujuan-tujuan itu. Dalam bahasa yang lebih gampang dipahami, sanggup dikatakan bahwa politik ialah segala sesuatu yang berafiliasi dengan negara maupun proses pengambilan keputusan ketatanegaraan.
4. Johan Kaspar Blunchli
Politik ialah ilmu yang memerhatikan dilema kenegaraan, dengan memperjuangkan pengertian dan pemahaman wacana negara dan keadaannya, sifat-sifat dasarnya dalam banyak sekali bentuk atau manifestasi pembangunannya. Menurutnya, politik juga menciptakan konsep-konsep pokok wacana negara (state), kekuasaan (power), pengambilan keputusan (decision marking), akal (policy of beleid), dan pembagian (distribution) atau alokasi (allocation).
5. Roger F. Soltau
Definisi politik ialah ilmu yang mempelajari negara, tujuan-tujuan negara, dan lembaga-lembaga yang akan melaksanakan tujuan itu.
6. W.A Robson
Politik ialah ilmu yang mempelajari kekuasaan dalam masyarakat, yaitu sifat hakiki, dasar, proses-proses, ruang lingkup dan hasil-hasil.
7. Robert
Politik ialah seni memerintah dan mengatur masyarakat manusia. Pengertian politik.
8. Hans Kelsen
Ia menjelaskan bahwa politik mempunyai dua arti, yaitu sebagai berikut.
* Politik sebagai etik, yakni berkenaan dengan tujuan insan atau individu semoga tetap hidup secara sempurna.
* Politik sebagai teknik, yakni berkenaan dengan cara (teknik) insan atau individu untuk mencapai tujuan.

9. Paul Janet
Pengertian politik ialah Ilmu yang mengatur perkembangan negara begitu juga prinsip-prinsip pemerintahan.
10. Ibnu Aqil
Politik ialah hal-hal simpel yang mendekati kemaslahatan bagi insan dan lebih jauh dari kerusakan meskipun tidak digariskan oleh Rasulullah SAW.
11. Andrew Heywood
Ia membagi pengertian politik menjadi perkiraan yaitu :

Politik sebagai seni pemerintahan – Pengertian politik sebagai seni pemerintahan penerapan kendali di dalam masyarakat lewat pembuatan dan pemberdayaan keputusan kolektif. Asumsi ini ialah yang paling renta dan berkembanga semenjak masa Yunani Kuno.

Pengertian politik sebagai hubungan publik – Menurut Aristoteles dalam bukunya Politics bahwa insan ialah hewan politik. Maknanya secara kodrati insan hanya sanggup memperoleh kehidupan yang baik lewat suatu komunitas politik. Lalu, dilakukan pembedaan antara lingkup ‘publik’ dan ‘privat’. Kedua lingkup tersebut diperbesar menjadi state terletak institusi menyerupai pengadilan, pegawanegeri pemerintah, polisi, tentara, sistem kesejahteraan sosial, dan sejenisnya. Sementara dalam ‘civil society’ terletak institusi menyerupai keluarga, kekerabatan, bisnis swasta, serikat kerja, klub-klub, komunitas dan sejenisnya.

Pengertian Politik sebagai komponen kompromi dan konsensus – Kompromi dan konsensus dilawankan dengan brutalitas, pertumpahan darah dan kekerasan. Dalam politik, tidak ada pihak yang kepentingannya terselenggarakan 100 %. Masing masing memoderasi tuntutan semoga tercapai persetujuan dengan pihak lain. Baiknya politik suatu negara ialah dikala dilema pergesekan kepentingan diselesaikan lewat kompromi dan konsensus di atas meja dan bukan dengan pertumpahan darah.

Pengertian Politik sebagai kekuasaan – Politik dalam pengertiannya sebagai kekuasaan ialah kemampuan seseorang atau suatu kelompok untuk menghipnotis orang atau kelompok lain guna menuruti kehendaknya. Dalam konteks politik, distribusi dan penggunaan sumber daya suatu masyarakat. Dalam perkiraan ini, politik dilihat sebagai penggunaan kapital (yaitu kekuasaan) dalam konteks produksi, distribusi, dan penggunaan sumber daya tersebut.

12. Franz Magnis Suseno
Pengertian politik segala kegiatan insan yang berorientasi kepada masyarakat secara keseluruhan, atau yang berorientasi kepada negara. Sebuah keputusan disebut keputusan politik apabila diambil dengan memperhatikan kepentingan masyarakat sebagai keseluruhan. Suatu tindakan harus disebut politis apabila menyangkut masyarakat sebagai keseluruhan.
13. Sri Sumantri
Pengertian politik berdasarkan Sri Sumantri ialah pelembagaan dari hubungan antar insan yang dilembagakan dalam banyak sekali tubuh politik, baik suprastruktur politik dan infrastruktur politik.
14. Harold Laswell
Arti politik ialah ilmu yang mempelajari pembentukan dan pembagian kekuasaan.
15. Ramlan Surbakti
Politik ialah proses interaksi antara pemerintah dan masyarakat untuk memilih kebaikan bersama bagi masyarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu.
16. F. Isjwara
Politik ialah salah satu usaha untuk memperoleh kekuasaan atau sebagai teknik menjalankan kekuasaan-kekuasaan.
17. Carl Schmidt
Pengertian politik berdasarkan Carl Schmidt ialah suatu dunia yang didalamnya orang-orang lebih menciptakan keputusan-keputusan dari pada lembaga-lembaga abstrak.
18. Maurice Duverger
Definisi politik berdasarkan Maurice Duverger ialah kekuasaan, kekuatan seluruh jaringan lembaga-lembaga (institusi) yang mempunyai kaitan dengan otoritas, dalam hal ini suasana didominasi beberapa orang atas orang lain.
19. Wilbur White
Arti politik ialah ilmu yang mempelajari asal mula, bentuk-bentuk dan proses-proses Negara dan pemerintah.
20. Ossip K. Flechteim
Politik ialah ilmu social yang khusus mempelajari sifat dan tujuan dari Negara sejauh Negara merupakan organisasi kekuasaan, beserta sifat dan tujuan gejala-gejala kekuasaan lain yang tak resmi yang sanggup menghipnotis Negara.
21. Seely dan Stephen Leacock
Arti politik ialah ilmu yang harmonis dalam menangani pemerintahan.
22. Adolf Grabowsky
Politik ialah menilik Negara dalam keadaan bergerak.
23. Rod Hague
Definisi politik ialah kegiatan yang menyangkut cara bagaimana kelompok-kelompok mencapai keputusan-keputusan yang bersifat kolektif dan mengikat melalui usaha untuk mendamaikan perbedaan-perbedaan diantara anggota-anggotanya.
24. Max Weber
Pengertian politik berdasarkan Max Weber ialah sarana usaha untuk sama-sama melaksanakan politik atau usaha untuk menghipnotis pendistribusian kekuasaan baik di antara Negara-negara maupun diantara aturan dalam suatu Negara.
25. Cheppy H.Cahyono
Politik ialah macam-macam kegiatan dalam system politik atau Negara yang menyangkut proses memilih dan sekaligus melaksanakan tujuan-tujuan sistem tersebut
26. Gabriel A. Almond
Bahwa politik adalah kegiatan yang berafiliasi dengan kendali pembuatan keputusan publik dalam masyarakat tertentu di wilayah tertentu, di mana kendali ini disokong lewat instrumen yang sifatnya otoritatif (berwenang secara sah) dan koersif (bersifat memaksa). Politik mengacu pada penggunaan instrumn otoritatif dan koersif ini-siapa yang berhak menggunakannya dan dengan tujuan apa.
27. Kartini Kartolo
Pengertian politik berdasarkan Kartini Kartolo ialah acara sikap atau proses yang memakai kekuasaan untuk menegakkan peraturan-peraturan dan keputusan-keputusan yang sah berlaku di tengah masyarakat.