Blog

Pengertian Pola Asuh Orang Tua Menurut Para Ahli

Pengertian pola asuh orang tua menurut para ahli, apakah itu? Setiap keluarga tentu sudah memiliki cara untuk pengasuhan untuk buah hatinya. Pengasuhan orang tua tersebut nantinya akan memberikan dampak pada tumbuh kembang anak kelak.

Berdasarkan rujukan tersebut nantinya akan membantu kita menentukan pilihan, mana yang ingin dipilih dalam menjalin kebersamaan dengan buah hati. Tentunya apapun pilihan yang diambil sudah melalui berbagai pertimbangan.

Pemilihan pola pengasuhan anak dapat disesuaikan oleh banyak faktor, seperti pengalaman masa lalu, mengikuti saran ahli parenting, dilakukan secara alami, ingin memberikan kebebasan pada anak, dan sebagainya.

Berdasarkan pola pengasuhan inilah yang membuat karakter setiap anak berbeda-beda. Anak tumbuh dan berkembang menjadi jiwa yang unik dan sudah selayaknya kita menghormati perbedaan yang ada. Tidak membandingkan atau mengucilkan perbedaan tersebut.

Pola asuh anak merupakan suatu proses untuk mendukung perkembangan fisik, mental, intelektual, emosional, sosial juga finansial anak mulai dari bayi sampai kelak dewasa.

Jenis Pola Asuh Orang Tua Menurut Para Ahli

Psikolog Diana Baumrind telah melakukan penelitian pada 100 anak lebih sejak tahun 1960-an dan mendapatkan tiga cara pola asuh anak. Penelitian selanjutnya dilakukan oleh Eleanor Maccoby dan John dan menambahkan satu cara pola pengasuhan.

Berikut empat jenis pola asuh berdasarkan dari penelitian tersebut :

1.Pola Asuh Orang Tua Otoriter
Orang tua mempunyai peraturan yang cukup ketat dan apabila dilanggar maka anak akan mendapatkan hukuman. Tujuan pola asuh ini adalah anak-anak dapat berbuat baik dan tidak melakukan kesalahan.

Berdasarkan penelitiannya Baumrind menjelaskan bahwa orang tua yang melakukan pola asuh otoriter memiliki orientasi yang lebih pada kepatuhan dan status. Buah hati memang menjadi pribadi yang patuh dan cakap.

Meski demikian mereka cenderung menjadi pribadi yang tidak bahagia, kemampuan sosialnya kurang dan memiliki harga diri yang rendah.

2.Pola Asuh Orang Tua Demokratis
Pola asuh demokratis yaitu orang tua menerapkan peraturan untuk mendukung perkembangan buah hatinya, tetapi lebih bersifat demokratis. Berusaha responsif dan mau mendengarkan keluh kesah anak dengan penuh kasih sayang.

3.Pola Asuh Orang Tua Permisif
Orang tua memberikan pola asuh yang senang memanjakan dan memiliki harapan tertentu terhadap buah hatinya. Pola pengasuhan ini memang lebih responsif dibandingkan dua pola asuh sebelumnya.

4.Pola Asuh Orang Tua Lalai
Dalam pola asuh ini, peran orang tua cenderung tidak menuntut, tidak responsif juga kurang komunikasi. Hasilnya anak tidak memiliki kontrol diri terhadap apa yang dilakukannya di kemudian hari.

Pola Asuh Anak yang Baik
Tidak dipungkiri bahwa setiap orang tua ingin memberikan yang terbaik untuk semua buah hatinya, tanpa terkecuali. Bagi orang tua bentuk apapun yang dilakukan untuk anak merupakan wujud kasih sayangnya. Memahami pengertian pola asuh orang tua menurut para ahli dapat menjadi tambahan ilmu untuk memantapkan pemilihan pola asuh anak.

Oleh karena pola pengasuhan adalah investasi untuk jangka panjang karena hasilnya tidak akan langsung dapat dirasakan saat ini juga. Sehingga membutuhkan waktu dan kesabaran dalam menjalani prosesnya. Ya, semua berproses dan kondisinya disesuaikan dengan masa tumbuh kembang anak.

Pola asuh anak yang baik akan membentuk karakter anak yang baik juga, seperti memiliki rasa empati, mampu menempatkan diri dimanapun dengan baik, mempunyai jiwa kemandirian, keceriaan, kejujuran, rasa kasih sayang serta pengendalian diri yang baik.

Baca juga :

Kesimpulan
Memahami pengertian pola asuh orang tua menurut para ahli tentu akan membuat kita selaku orang tua mampu memahami mana yang sesuai dengan kondisi buah hati. Meskipun faktanya gaya pola asuh anak pada setiap keluarga tentunya memiliki perbedaan.

Namun demikian semua orang tua mempunyai niatan yang sama, yaitu ingin memiliki generasi sesuai harapan. Oleh karena itu pemilihan pola asuh disesuaikan dengan kondisi masing-masing keluarga. Jenis pola asuh manakah yang Bunda dan pasangan terapkan untuk mendukung perkembangan buah hati?

Salam bahagia,