Blog

Pengertian Pendidikan Menurut Pendapat Ahli Diserta Daftar Pustaka Dan Judul Bukunya

Home » Pengertian Pendidikan Menurut Pendapat Ahli diserta Daftar Pustaka dan Judul Bukunya

Pendidikan memiliki definisi secara umum sebagai upaya yang dilakukan oleh orang atau lembaga untuk melakukan pembinaan terhadap peserta didik agar meningkat kualitas hidup mereka. Tujuan lain dari pendidikan adalah memberikan bekal kepada peserta didik yang dapat digunakan dalam menghadapi tantangan kehidupan.

Berikut ini adalah daftar pengertian pendidikan menurut para ahli beserta sumber rujukannya :

1. Horne
Pendidikan adalah sebuah proses yang dilakukan secara terus menerus terhadap fisik dan mental untuk melakukan penyesuaian terhadap perubahan yang terjadi. Hasil dari pendidikan termanifestasi ke dalam aspek intelektual, emosional dan kemanusian (sifat sosial).

Horne, H. H. (1937). Philosophy of Christian education. NewYork: Fleming H. Revel

2. Candra Fransisca
Pendidikan berasal dari kata didik yang bermakna memberikan pelatihan melalui proses pengajaran, tuntunan dan pimpinan dari orang yang lebih mengetahui mengenai suatu obejk. Hasil dari pendidikan adalah perubahan sikap dan perilaku seseorang terhadap sebuah nilai yang melekat pada seseorang ataupun sekelompok orang. Defenisi sempit dari sebuah pendidikan adalah bentuk dari sebuah proses pemberitahuan pengetahuan atau pengajaran sehingag peserta didik menguasai materi ajar.

Chandra,: Fransisca. 2009. “Peran Partisipasi Kegiatan di Alam Masa anak, Pendidikan dan Jenis Kelamin sebagai Moderasi Terhadap Perilaku Ramah Lingkungan”. Disertasi S3. Program Magister Psikologi Fakultas Psikologi. Unversita Gadjah Mada Yogyakarta.

3. Prof. H. Mahmud Yunus dan Martinus Jan Langeveld
Pendidikan adalah sebuah proses yang dilakukan secara sengaja untuk membantu peserta didik dalam upaya meningkatkan ilmu pengetahuan, jasmani, dan ahlak. Tujuan dari pendidikan secara khusus membantu peserta didik untuk mencapai cita-cita yang paling tinggi secara mandiri agar anak (peserta didik) mendapatkan kebahagiaan dan dapat bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat, negara dan agamuanya.

4. Langeveld
Pendidikan adalah upaya manusia yang dilakukan untuk membimbing manusia yang belum dewasa menuju kedewasaan. Pemberian pendidikan dilakukan dengan cara menolong peserta didik untuk melaksanakan tugas hidupnya agar bis amandiri dan bertanggung jawab secara susila.

Langeveld. M.J (1980). Pedogogik Teoretis Sistematis. Bandung : Jemmars

5. Henderson
Pendidikan adalah warisan sosial yang merupakan kombinasi dari perkembangan dan pertumbuhan suatu individu yang membentuk hati nurani. Pendidikan merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk membentuk diri sendiri dan penentuan diri secara etis dan sesaui dengan hati nurani.

Henderson, SvP. (1960). Introduction to Philosophy of Education. Illinois : University of Chicago Press

6. Thedore Barmeld
Pendidikan adalah sebuah istilah yang mengandung makna yang luas dan tidak terbatas hanya pada defenisi memelihara dan memperbaik kehidupan suatu masyarakat. Pendidikan memiliki fungsi alam mengajarkan ttentang tanggung jawab dan peran peserta didik di masyarakat. Oleh karena itu pendidikan memiliki peran dan fungsi yang lebih luas daripada sekedar proses pembelajaran di dalam kelas.

Brameld, Theodore. (1971) Patterns of Educational Philosophy: Divergence and Convergence in Culturological Perspective. New York: Holt, Rinehart, and Winston.

7. Carter V. Good
Pendidikan merupakan proses perkembangan sikap dan perilaku seseorang dalam masyarakat. Pendidikan lebih mengarah ke keterampilan sosial dimana seseorang harus mengetahui peran dan tata cara berinterkasi dengan baik di dalam sebuah lingkungan

Good, CV (1977), “Dasar Konsep Pendidikan Moral”, Bandung: Alfabeta.

8. Heidjrachman dan Husnah
Pendidikan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan seseorang dalam hal penguasaan teori, pengambilan keputusan dan menyelesaikan masalah dari kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikan maupun dalma kehidupan sehari-hari

Heidjrachman, Ranupandojo, dan Suad Husnan, (2000), “Manajemen Personalia”, Edisi Keempat, Jogjakarta : BPFE UGM,

9. Jhon Dewey
Pendidikan adalah sebuah proses pembaharuan pengetahuan melalui pemaknaan pengalaman. Proses ini dapat terjadi dimana saja seperti dalam dunai pergaulan biasa atau terjadi secara sengaja melalui sebuah pembaga pendidikan. Pendidikan melibatkan pengawasan dari orang yang lebih dewasa.

Dewey, Jhon. (2003). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

10. J.J. Rousseau
Pendidikan merupakan sebuah usaha pemberian bekal pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik yang dapat digunakan kelak ketika sudah dewasa.

Rousseau, J.J. 2003. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

11. Fuad Ihsan
Pendidikan adalah usaha yang dilakukan manusia untuk menumbuhkembangkan potensi-potensi bawasaan dalam bentuk jasmani dan rohani sesuai dengan nilai-nilai yang melekat pada suatu masyarakat. Usaha tersebut adalah penanaman norma-norma, nilai-nila yang diwariskan dari suatu generasi ke genarasi berikutnya.

Ihsan, Fuad H. 2005. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta