Blog

Pengertian Pembelajaran Daring Menurut Para Ahli Dan Daftar Pustakanya

Masih banyak orang yang salah kaprah dalam memahami pengertian pembelajaran daring menurut para ahli dan daftar pustakanya. Nah, maka dari itu agar lebih kenal dengan metode bersekolah online ini maka simak terus artikelnya hingga selesai.

Jadi metode pembelajaran ini tidak bertemu atau bertatap muka secara langsung. Namun, nama lain dari model pembelajaran ini juga disebut dengan internet learning. Metode bersekolah online ini mulai berkembang di Indonesia dan mulai digunakan oleh beberapa sekolah.

Perkembangan dari pembelajaran melalui internet ini, saat masa pandemi covid-19 masuk ke Indonesia. Pada masa pandemi ini setiap sekolah di tutup karena berguna untuk mencegah penularan covid-19 yang semakin meningkat.

Namun, tentunya bersekolah perlu dilakukan demi mencetak generasi muda yang pintar dan berguna untuk nusa serta bangsa. Karena hal itulah semenjak dari itu belajar daring mulai di terapkan pada beberapa sekolah di Indonesia bahkan di dunia juga.

Penerapan belajar online ini memang terbilang efektif untuk mencegah penularan virus covid-19, akan tetapi apakah kegiatan bersekolah juga lebih efektif? Simak terus artikelnya di bawah ini hingga selesai untuk mengetahui jawabannya.

Pengertian Pembelajaran Daring Menurut Para Ahli Dan Daftar Pustakanya

Menuntut ilmu secara daring merupakan alternatif untuk menyelenggarakan kegiatan belajar secara online atau melalui internet. Berikut di bawah ini menurut para ahli:

* Pengertian Belajar Online Menurut Ahli Menurut Bilfaqih serta Qomarudin 2015:1 belajar dari adalah Menjelaskan bahwa “belajar daring adalah suatu program pelaksanaan kelas di dalam jaringan yang dapat menjangkau target kelompok yang luas serta juga masif”.
Selain itu menurut Mustofa dkk 2019:153 menjelaskan bahwa pendapatan merupakan Menuntut ilmu secara daring secara sederhana adalah salah satu belajar online yang dilakukan melalui jejaring internet membuat Menuntut ilmu tidak bertatap muka.

* Karakteristik Pembelajaran Online Nah, setelah Anda mengetahui Pengertian pembelajaran daring menurut para ahli dan daftar pustakanya. Pembelajaran online ini juga memiliki beberapa karakteristik yang membedakan dengan belajar offline atau tatap muka.
Rusma dalam Herayanti, Fuadunnazmi, dan Habibi 2017:211 menguraikan beberapa karakteristik elearning, seperti Interaktivitas, aksesibilitas, kemandirian dan juga pengayaan. Karakteristik ini tidak akan Anda temui dalam pembelajaran offline.

* Manfaat Belajar Online Kegiatan bersekolah melalui internet merupakan alternatif jika terdapat masalah yang membuat tidak bisa bersekolah secara langsung atau juga bertatap muka. Di beberapa negara modern ini juga telah menerapkan kegiatan belajarnya melalui internet ini.
Menurut Bilfaqih serta Qomarudin 2015:4 menyatakan bahwa terdapat beragam manfaat yang bisa didapatkan ketika menerapkan elearning seperti meningkatkan pemanfaatan multimedia, meningkatkan keterjangkauan pendidikan serta menekan biaya penyelenggaraan pendidikan.

Kelebihan dan Kekurangan Pengertian Pembelajaran Daring Menurut Para Ahli dan Daftar Pustakanya

Nah, itu tadi di atas merupakan pengertian pembelajaran daring menurut para ahli dan daftar pustakanya. Metode belajar seperti ini terdapat beberapa kelebihan dan juga kekurangan yang dapat dipertimbangkan.

Kelebihan belajar online yang pertama adalah kemudahan dalam mengakses. Untuk memulai pembelajaran hanya memerlukan smartphone atau juga laptop yang sudah terkoneksi dengan internet. Dengan menerapkan elearning Anda dapat melakukan belajar dimana saja.

Kelebihan selanjutnya adalah waktu bersekolah yang lebih fleksibel. Dengan metode pembelajaran modern ini pembelajaran dapat dilakukan kapan saja. Pasalnya semua pembelajaran berbasis digital sehingga waktu untuk bersekolah dapat dilakukan kapan saja.

Di balik kelebihannya tentu terdapat juga beberapa kekurangan, karena tidak ada metode yang sempurna termasuk dalam belajar. Kekurangan belajar online adalah kurangnya internet merata di seluruh Indonesia sehingga belajar akan sedikit terhambat.

Selain itu akan terjadi juga kurangnya interaksi dengan pengajar karena memang jenis elearning ini bersifat sat arah. Sehingga interaksi antara pengajak dan siswanya akan menjadi berkurang yang membuat sulit mendapatkan penjelasan lebih terkai materi dipaparkan.

Materi yang diberikan ketika belajar akan dipahami berbeda-beda oleh siswa sehingga membuat kegiatan belajar akan kurang efektif untuk dimengerti. Untuk mendukung pembelajaran secara daring memerlukan sebuah aplikasi.

Aplikasi Pendukung Pengertian Pembelajaran Daring Menurut Para Ahli Dan Daftar Pustakanya

Pengertian pembelajaran daring menurut para ahli dan daftar pustakanya. Untuk mendukung sebuah pembelajaran melalui internet memerlukan sebuah aplikasi agar pengajar dan siswa dapat berinteraksi sehingga tercipta belajar seperti tatap muka atau offline.

Aplikasi belajar online yang pertama adalah google classroom, aplikasi ini terbilang populer dan juga banyak digunakan secara gratis. Pada aplikasi ini juga terdapat beragam fitur lengkap untuk mendukung kegiatan Menuntut ilmu secara daring.

Tidak hanya itu saja, ada juga aplikasi zoom layaknya video call akan tetapi dengan anggota yang banyak. Aplikasi ini sering digunakan oleh orang-orang karena memang dinilai dapat lebih memudahkan. Terlebih lagi aplikasi zoom dapat digunakan secara gratis.

Kemdikbud juga tidak kalah ingin membantu agar tercipta elearning yang dapat membantu para pelajar dan juga pengajar. Kemendikbud membuat sebuah aplikasi bernama rumah belajar. Didalamnya terdapat beragam materi yang dapat diakses secara online dan juga gratis.

Tanpa adanya aplikasi pendukung ini maka elearning tidak akan tercipta sehingga tentunya, ketiga aplikasi ini akan sangat membantu kegiatan elearning agar berjalan dengan lancar. Bukan, tidak mungkin di masa mendatang, kegiatan belajar full daring.

Sedikit tips agar menuntut ilmu secara daring lebih efektif, cobalah menetapkan waktu pembelajaran, pilih tempat yang nyaman, menyiapkan terlebih dahulu peralatan dan juga perlengkapan belajar, install aplikasi pendukung, dan terakhir adalah mulai belajar dengan fokus.

Belajar merupakan kegiatan untuk menimba ilmu sehingga penting untuk selalu diadakan kegiatan belajar mengajar ini.