Blog

Pengertian Orientasi Menurut Para Ahli

ilustrasi diskusi. ©2020 Merdeka.com/ Merdeka.com – Pengertian orientasi menarik diketahui untuk memudahkan Anda dalam memahami kecenderungan pandangan seseorang akan suatu hal. Karena, pengertian orientasi secara umum adalah penentu sikap seseorang sesuai cara berpikir dan cara pandangannya pada suatu hal.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian orientasi didefinisikan sebagai “peninjauan untuk menentukan sikap (arah, tempat, dan sebagainya) yang tepat dan benar. Arti orientasi dalam bahasa Indonesia adalah pandangan yang mendasari pikiran, perhatian atau kecenderungan”.

Orientasi juga lekat kaitannya dengan perkenalan terhadap kehidupan sosial, budaya, dan lingkungan di sekitar individu yang bersangkutan. Dalam artikel ini, akan dijelaskan secara lebih lanjut apa pengertian orientasi, terutama yang dikemukakan oleh para ahli, dan apa saja jenis-jenisnya.

Adapun pengertian orientasi menurut para ahli antara lain adalah sebagai berikut:

Ingham (2012:132) menyatakan pengertian orientasi adalah sikap dan tingkah laku pegawai, merupakan suatu konsep yang dapat menciptakan harmoni dalam bekerja dan sehingga dapat menyebabkan peningkatan kinerja pegawai secara individu dalam sebuah perusahaan.

Sedangkan Sedarmayanti (2012:114), menyatakan bahwa pengertian orientasi adalah pengakraban dan penyesuaian dengan situasi atau lingkungan.

Kemudian, menurut French yang dialih bahasakan oleh Soekodjo( 2013:65), menyatakan bahwa pengertian orientasi adalah program upaya pelatihan dan pengembangan awal bagi para pegawai baru untuk dapat menyesuaikan diri dan juga member mereka informasi mengenai perusahaan, jabatan, dan kelompok kerja.

Istilah orientasi dalam bahasa Indonesia biasanya diterjemahkan sebagai salah satu bentuk perkenalan untuk bisa menentukan sikap berupa arah dan pandangan pikiran seseorang. Umumnya, masa orientasi ini diterapkan oleh siswa baru di sekolah atau karyawan baru di sebuah perusahaan.

Ketika seseorang berada di lingkungan baru, dibutuhkan adaptasi dan pengenalan agar bisa menyesuaikan dengan situasi yang ada di dalamnya. Untuk itu, masa orientasi sangat diperlukan bagi seseorang yang hendak hidup di tempat atau lingkungan baru. Sehingga penting bagi seseorang tersebut untuk memahami pengertian orientasi.

Jenis-Jenis Orientasi
Secara sederhana, pengertian orientasi adalah suatu proses atau upaya seseorang dalam menangkap atau mengerti keadaan di sekitarnya. Orientasi sendiri dibagi menjadi beberapa jenis seperti orientasi personal (perorangan), orientasi temporal (waktu), dan orientasi spasial (tempat). Dilansir dari liputan6.com, ini penjelasannya;

1. Orientasi Temporal

Pengertian orientasi jenis temporal (orientasi waktu) adalah kemampuan individu untuk mengetahui hubungan masa, waktu, hari, tanggal, bulan, musim, atau tahun, baik sekarang, yang lampau, ataupun yang akan datang.

2. Orientasi Spasial

Pengertian orientasi jenis spasial (orientasi tempat) adalah kemampuan individu untuk mengetahui batasan ruang atau lokasi yang ditempati serta hubungannya dengan ruang atau lokasi lain.

3. Orientasi Personal

Pengertian orientasi jenis personal (orientasi perorangan) adalah kemampuan individu untuk mengemukakan identitas diri sendiri dan orang lain di sekitarnya.

Tujuan Orientasi Bagi Siswa dan Karyawan Baru
Seperti yang telah dijelaskan dalam bagian pengertian orientasi, praktik ini biasanya dilakukan oleh dan kepada siswa-siswa atau karyawan-karyawan baru. Tujuan dari orientasi kepada siswa di sekolah baru dan kepada karyawan di kantor barunya adalah sebagai berikut;

Tujuan orientasi siswa menurut Permendikbud nomor 18 tahun 2016:

1. Mengenali potensi diri siswa baru

2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah

3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru

4. Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya

5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong

Tujuan orientasi karyawan dalam dunia kerja menurut Sedarmayanti (2012:115):

1. Memperkenalkan pegawai baru dengan ruang lingkup tempat bekerja, dan kegiatannya.

2. Memberi informasi tentang kebijakan yang berlaku.

3. Menghindarkan kemungkinan timbul kekacauan yang dihadapi pegawai baru, atas tugas atau pekerjaan yang diserahkan kepadanya.

4. Memberi kesempatan pegawai baru menanyakan hal berhubungan dengan pekerjaannya.

[edl]

Baca juga:
Orientasi adalah Peninjauan untuk Menentukan Sikap, Kenali Tujuan dan Manfaatnya
Menristekdikti Marah Ada Ospek Mahasiswa Dipaksa Minum Air Ludah
Khofifah Minta Tak Ada Kekerasan Fisik Maupun Verbal Dalam Ospek