Blog

Pengertian Organisasi Tujuan Ciriciri Organisasi Struktur Dan Contoh

Pengertian Organisasi, Tujuan, Ciri-ciri Organisasi, Struktur dan Contoh – Materi pembahasan kali ini akan Guruakutansi jabarkan serangkaian materi tentang pengertian organisasi secara lengkap mulai dari pengertian, ciri, Struktur, manfaat dan pengertian menurut para ahli. Nah untuk lebih jelasnya mari simak ulasan dibawah ini.

Apa yang dimaksud dengan Organisasi?
> Organisasi merupakan sebuah wadah atau tempat berkumpulnya sekelompok orang untuk bekerjasama secara rasional dan sistematis, terkendali, dan terpimpin untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

Dalam memanfaatkan berbagai sumber daya tertentu dalam rangka untuk mencapai tujuan secara umum , seperti; uang, mesin, metode/ cara, lingkungan, sumber daya manusia, dan sumber daya lainnya, yang dilakukan secara sistematis, rasional, dan terkendali.

Agar lebih memahami apa arti organisasi, maka kita perlu merujuk pada pendapat para ahli. Beberapa ahli pernah menjelaskan definisi organisasi, diantaranya adalah:

1. Stoner
Menurut Stoner pengertian organisasi ialah sebuah pola hubungan-hubungan melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan untuk mencapai tujuan bersama

2. James D. Mooney
Menurut James D. Mooney organisasi ialah merupakan suatu bentuk dari setiap perserikatan manusia untuk mewujudkan tujuan bersama.

3. Chester I. Bernard
Menurut Chester I. Bernard definisinya ialah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

4. Drs. H. Malayu S,P, Hasibuan
Menurut Drs. H. Malayu S,P, Hasibuan organisasi ialah merupakan suatu proses dalam penentuan, pengelompokan, dan pengaturan bermacam-macam aktivitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan bersama.

Tujuan Organisasi
Mengacu pada pengertian organisasi, tujuan organisasi tidak hanya fokus pada tercapainya visi dan misi perusahaan saja, namun juga peningkatan penghasilan yang melebihi biaya produksi. Ini yang membedakan organisasi profit dan non-porift.

Berikut ini terdapat beberapa tujuan organisasi ialah:

* Merupakan sebuah wadah guna mencapai tujuan dengan bersama-sama secara efektif dan efisien.
* Meningkatkan kemampuan, kemandirian, dan sumberdaya yang dimiliki.
* Sebagai wadah bagi individu-individu yang ingin memiliki jabatan, penghargaan, dan pembagian kerja.
* Sebagai wadah untuk mencari keuntungan secara bersama-sama.
* Organisasi berperan dalam pengelolaan lingkungan secara bersama-sama.
* Organisasi dapat membantun individu-individu untuk menambah pergaulan dan memanfaatkan waktu luang dengan baik.
* Sebagai wadah untuk memiliki kekuasaan dan pengawasan.

Tujuan organisasi secara umum dibagi menjadi tiga, diantarnya:

1. Tujuan Organisasi Jangka Pendek
Dalam hal ini ialah merupakan sebuah tujuan dari organisasi yang mesti tercapai dalam waktu cepat dan berkala, biasanya dalam enam bulan hingga satu tahun.

Periode waktu tujuan janka pendek ini disesuaikan dengan periode keuangan sebuah organisasi, biasanya per enam bulan atau per tahun. Biasanya disebut dengan tujuan operasional.

Contoh: Peningkatan omset sebesar 30% dalam waktu enam bulan.

2. Tujuan Organisasi Jangka Menengah
Dalam hal Ini ialah merupakan suatu tujuan yang mesti tercapai pada waktu menengah atau lebih lama dari tujuang jangka pendek. Periode waktu pencapaian jangka menengah ini ialah satu tahun hingga tiga tahun.

Tujuan organisasi jangka menengah ini merupakan rangkaian pencapaian tujuan organisasi jangka pendek. Biasa disebut dengan tujuan taktis.

Contoh: Peningkatan pangsa pasar sebesar 20% dalam waktu satu tahun.

3. Tujuan Organisasi Jangka Panjang
Dalam hal ini ialahmerupakan hasil akhir dari tujuan yang ingin dicapai oleh sebuah organisasi yang dapat terealisasi setelah melakukan misi organisasi.

Periode waktunya ialah 3 tahun hingga 5 tahun. Tujuan jangka panjang ini dapat diraih bila berhasil mencapai tujuan jangka menengah. Biasanya disebut dengan tujuan strategis.

Ciri-Ciri Organisasi
Dengan uraian dari pengertian dan tujuannya, maka kita dapat mengetahui ciri-ciri yakni diantaranya ialah:

* Terdiri Dari Sekelompok Orang
* Memiliki Tujuan
* Saling Bekerjasama
* Adanya Peraturan
* Pembagian Tugas dan Tanggungjawab

Unsur-Unsur Organisasi
Dalam berjalan organisasi sesuai yang di inginkan, maka harus terdapat beberapa unsur penting di dalamnya. Dibawah ini ialah merupakan unsurnya yakni:

* Personil (Man)
* Kerjasama (Team Work)
* Tujuan Bersama
* Peralatan (Equipment)
* Lingkungan (Environment)
* Sumber Daya Alam

Struktur Organisasi
adanya ketua dalam organisasi yakni merupakan formalitas yang ada di tengah masyarakatdan disertakan dengan bendahara, sekretaris, dan anggota. Bila organisasi tersebut lebih besar, maka akan ada wakit pada setiap presidium, misalnya wakil ketua, wakil bendahara, dan seterusnya.

Berikutnya , dalam struktur organisasi dari tiap perusahaan pasti berbeda satu dengan yang lainnya. akan tetapi pada umumnya, struktur organisasi di perusahaan terdiri dari beberapa tugas sesuai dengan fungsi manajerial; seperti direktur komisaris, direktur, manajer, supervisor, konsultan, anggota, dan lainnya.

Manfaat Organisasi
Berikut ini beberapa manfaat organisasi yang bisa dirasakan oleh para anggotanya, diantaranya ialah:

* Memudahkan tercapainya tujuan bersama
* Melatih mental seseorang agar lebih baik
* Memudahkan pemecahan masalah
* Melatih kepemimpinan seseorang
* Pergaulan menjadi lebih luas
* Menambah wawasan para anggota organisasi
* Membentuk karakter seseorang
* Ajang pembelajaran bagi para anggota

Demikianlah materi pembahasan kali ini tentang pengertian organisasi, seoga artikel kali ini bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :