Blog

Pengertian Musik Menurut Parah Ahli Secara Umum Dan Unsurunsur Musik

Pengertian Musik tradisional, Pengertian Musik ansambel, Pengertian Musik modern, Pengertian Musik klasik, Pengertian Musik pop, Pengertian Musik menurut para ahliAnnsehat.com – Pengertian Musik – Sudah bukan rahasia lagi bahwa musik merupakan hal yang sangat digandrungi oleh setiap kalangan, baik itu wanita maupun pria atau muda maupun tua semua pasti menyukai musik.Pasti setiap dari kita juga pernah bahkan sering mendengarkan musik, entah itu musik daerah, Indonesia, atau bahkan musik barat. Saat mendengar musik tertentu juga terkadang kita merasa tenang, atau bahkan ada salah satu dari saat mau tidur terkadang mendengarkan musik terlebih dahulu.

Secara umum ada dua jenis dari musik yaitu musik tradisional dan juga musik modern. Dan pada musik modern ada beberapa jenis genre lagi seperti rock, pop, hip hop, jazz, reggae, R&B, punk, metal, dangdut dan lain sebagainya. Nah setiap orang ini juga pasti tentu mempunyai selera musik yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Dan apasih sebenarnya arti dari musik itu sendiri ? Apakah musik harus selalu berupa sebuah lagu-lagu yang dirilis di pasaran ? Atau setiap jenis suara yang membentuk suatu irama bisa disebut dengan sebutan musik? Lantas bagaimana dengan lagu yang sering kita nyanyikan sendiri ? Apakah itu juga termasuk ke dalam musik ?

Nah untuk lebih jelasnya lagi, yuk kita simak artikel ini sampai selesai. Budayakan untuk selalu membaca sampai habis ya, agar kita tidak salah paham dalam mengartikan pengertian musik ini.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau yang biasa kita sebut KBBI, musik merupakan suatu ilmu atau seni yang menyusun beberapa nada atau suara sesuai dengan urutan, kombinasi, dan juga hubungan temporal agar dapat menghasilkan suatu komposisi suara yang memiliki kesatuan atau kesinambungan.

Selain itu musik juga dapat diartikan sebagai suatu nada atau suara yang diurutkan sedemikian rupa sehingga membentuk suatu bunyi irama, lagu, dan keharmonisan. Terutama pada hal-hal yang menggunakan alat-alat yang bisa mengeluarkan bunyi-bunyi tersebut.Makna yang lain menyebutkan bahwa musik yaitu suara yang telah dirangkai sedemikian rupa sehingga suara tersebut menghasilkan dan mengandung irama, lagu serta keharmonisan terutama pada suara yang berasal dari alat-alat yang bisa menimbulkan irama. Pada saat ini musik merupakan sebuah fenomena yang sangatlah unik yang dapat dibuat hanya dengan beberapa alat musik.

Pengertian Musik – Selain dari pengertian diatas, pengertian musik juga telah dikemukakan oleh para ahli yang menggeluti seni yang indah satu ini. Seperti Shcopenhauer yang merupakan seorang filsuf berkebangsaan Jerman. Dia berpendapat bahwa musik merupakan suatu melodi yang syairnya berupa alam semesta.

Nah berikut ini merupakan beberapa pengertian musik yang telah dikemukakan oleh beberapa ahli :

Aristoteles merupakan tokoh yang banyak sekali mengemukakan pendapatnya tentang beberapa pengertian. Nah salah satunya pengertian musik. Menurut Aristoteles, musik adalah segala curahan kemampuan tenaga untuk mennggambarkan suatu hal yang berasal dari sebuah gerakan rasa dalam beberapa rentetan nada atau melodi yang mempunyai irama.

Selain Aristoteles, ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang pengertian musik ialah David Ewen.

Menurutnya, pengertian musik ialah sebuah ilmu pengetahuan dan seni yang berkaitan dengan kombinasi ritmik dan beberapa tangga nada, baik itu vokal maupun instrument yang didalamnya mencakup melodi dan juga harmoni sebagai ekspresi atas segala sesuatu hal yang ingin diungkapkan dalam segi emosional.Dello Joio berpendapat bahwa, musik ialah segala sesuatu yang dapat menambah ilmu pengetahuan dan pandangan, selain itu juga dapat mengenal banyak hal lain yang berada di luar musik. Pada pengenalan terhadap musik tersebut akan meningkatkan sebuah rasa penghargaan terhadap nilai seni, selain menyadari tentang dimensi lain atas sebuah kenyataan yang selama ini tersembunyi.

Dari beberapa pengertian musik diatas dapat kita simpulkan bahwasanya musik merupakan sebuah bunyi yang sudah teratur, bukan hanya bersifat moral normatif, akan tetapu juga diakui selaras dengan apa yang berdasarkan pada penghitungan para ahli ilmu fisika.

Pengertian Musik – Dibawah ini akan sedikit kami jelaskan mengenai unsur-unsur musik :

Melodi merupakan tingkatan tinggi atau rendahnya dan panjang atau pendeknya nada pada suatu musik. Pada sebuah musik melodi agar terdengar seperti suatu nada yang seolah-olah bergerak terus meningkat lalu kembali lagi pada kondisi sebelumnya. Melodi sendiri dibagi menjadi tiga bagian yaitu pitch, tone dan durasi.

Ritme atau Irama merupakan suatu rangkaian gerak yang tersusun dan kemudian menjadi unsur utama dalam musik. Ritme tersebut berasal dari sekelompok bunyi dan diam atau panjang dan pendeknya dalam jangka waktu yang bebagai macam, sehingga membentuk suatu pola irama dan bergerak sesuai dengan pada setiap ayunan birama.

Birama Merupakan salah satu unsur seni musik yang berupa suatu ketukan atau ayunan yang berulang-ulang dan hadir secara teratur di saat yang bersamaan. Birama dibagi menjadi dua yaitu Birama yang nilai penyebut nya berangka genap disebut dengan birama bainar, sedangkan birama yang angka penyebut nya ganjil disebut dengan birama tenair.

Pengertian harmoni ialah sekumpulan nada yang jika nada-nada terebut dimainkan secara bersamaan akan menghasilkan sebuah bunyi yang enak untuk dinikmati atau didengar. Selain itu, harmoni juga dapat diartikan sebagai suatu rangkaian akor-akor yang telah disusun dengan selaras dan dimainkan sebagai iringan musik.

Tangga nada merupakan deret-deret nada yang disusun secara bertingkat. Dalam hal ini ada 2 jenis tangga nada yakni tangga nada diatonis dan juga tangga nada pentatonis. Perbedaannya ialah apabila Tangga nada diatonis tersusun dari 7 buah tangga nada dengan 2 jarak 1/2 atau 1, sedangkan tangga nada pentatonis tersusun atas 5 buah tangga nada dengan jarak-jarak tertentu.

Tempo dapat diartikan sebagai ukuran kecepatan birama lagu. Semakin cepat sebuah lagu yang dimainkan, maka akan semakin besar juga nilai tempo yang dihasilkan lagu tersebut. Tempo juga dibagi menjadi 8 kategori, diantaranya :

* Largo (Lambat Sekali)
* Lento (Lebih Lambat)
* Adagio (Lambat)
* Andante (Sedang)
* Moderato (Sedang Agak Cepat)
* Allegro (Cepat)
* Vivace (Lebih Cepat)
* Presto (Cepat Sekali).

Menurut pembagian tempo diatas, largo merupakan kecepatan birama yang sangat lambat dan presto merupakan birama dengan kecepatan tertinggi.

Dinamika diartikan sebagai suatu tanda agar dapat memainkan nada dengan volume yang lembut atau keras. Dinamika ini sangatlah penting karena dapat menunjukan suatu nuansa lagu yang bermacam-macam seperti senang, sedih, agresif, riang, datar, dan lain sebagainya.