Blog

Pengertian Musik Kontemporer

VIVA– Berbicara soal seni, ia merupakan bidang yang luas. Di dalamnya terdapat cabang-cabang seperti seni tari, seni teater, seni rupa, dan seni musik. Cabang-cabang ini pun dibagi lagi dalam beberapa kelompok.

Cabang seni musik misalnya, berdasarkan bentuknya terpecah menjadi seni vokal, musik instrumental, dan campuran vokal dan instrumen. Sama halnya dengan seni lukis yang memiliki aliran-aliran seni lukis.

Kemudian dalam segi waktu, seni musik juga dibagi menjadi seni musik tradisional dan modern. Istilah seni musik dalam pengertian seni kontemporer pada dasarnya sama dengan seni musik modern.

Musik Kontemporer merupakan istilah dalam bahasa Indonesia untuk bidang kegiatan kreatif yang dalam konteks berbahasa Inggris paling sering disebut dengan musik baru, musik kontemporer atau lebih tepatnya, disebut dengan sebagai musik seni kontemporer.

Nah itulah sekilas penjelasan singkat tentang pengertian musik kontemporer. Karena sebelum kalian mengenal lebih jauh, kalian harus memahami terlebih dahulu mengenai dasarnya. Di dalam pelajaran seni budaya tentunya seni musik akan selalu dipelajari, dari kalian mulai menginjak SD hingga dengan kalian SMA.

Untuk itu jika kalian merasa memiliki jiwa seni pastinya kalian akan mengetahui dan sangat menyukai hal ini terutama dalam seni musik modern yang sangat populer di zaman ini.

Dan tidak perlu lama-lama dalam bercerita, untuk penjelasan lebih lengkap dari musik kontemporer mulai dari Pengertian Musik Kontemporer, Fungsi Musik Kontemporer, Manfaat Musik Kontemporer, Tokoh Musik Kontemporer, Konsep Musik Kontemporer, Ciri Musik Kontemporer, Tujuan Musik Kontemporer, Contoh Musik Kontemporer dan Sejarah Musik Kontemporer, ada di bawah ini secara lengkap seperti dilansir dari situs teks.co.id.

Pengertian Musik Kontemporer
Musik kontemporer ialah istilah di bahasa Indonesia yang mengedepankan aktivitas kreatif pada konteks berbahasa Inggris yang biasa dinamakan dengan musik baru, music kontemporer atau yang tepatnya disebut dengan musik seni kontemporer.

Definisi musik kontemporer lainnya yakni memainkan musik tidak memakai alat musik asli, namun alunan musik yang dihasilkan cukup baik seperti memakai alat musik aslinya seperti memainkan musik dengan kaleng, pipa.

Keanekaragaman dari musik ini secara resmi diakui dan dilembagakan dan dalam hal ini ditetapkan sebagai sebuah gerakan yang lebih besar yakni pekan komponis. Sebuah pertemuan tahunan untuk para komposer dari berbagai daerah di Indonesia. Pertemuan ini biasanya dilaksanakan di Taman Ismail Marzuki Jakarta.

Pengertian Musik Kontemporer Menurut Para Ahli
Adapun pengertian musik kontemporer menurut para ahli yang diantaranya yaitu:

Menurut Gendon Humardani Seperti Yang Dikutip Rustopo (1990:22-26)
Membatasi kontemporer sebagai suatu sikap berkesenian yang sejalan dengan konsep seni modern yang berorientasi pada masalahmasalah kehidupan masa kini.

Menurut Mistortoify, (1991:3)
Penerapan pengertian kontemporer dari yang semula sangat ideologis menjadi lebih khusus, yaitu mengarah ke sebuah gaya untuk menggolongkan karya-karya yang selalu disemangati pencarian kemungkinan baru, menekankan sifat anti kaidah-kaidah kompositoris, bahkan anti pada bentuk-bentuk penyajian musikal yang baku dan mapan

Menurut Edi Sedyawati (1981:122)
Istilah kontemporer pengertiannya luas, rumusannya mudah dikatakan, tetapi tidak semudah menentukan batas-batasnya, bahkan cenderung kurang memberi manfaat. Sedyawati menawarkan suatu batasan yang bergeser dari arti katanya tetapi lebih mendekati maksud yang dituju, yaitu seni kontemporer adalah seni yang menunjukkan daya cipta yang hidup sesuai dengan kondisi kreatif dari masa terakhir.

Menurut Jiwa Atmaja (1993:31)
Menerangkan bahwa seni kontemporer adalah buah hasil kreativitas dan konstalasi kerja keras seniman yang ingin menuntut hak hidup yang sama dan berdampingan dengan seni-seni lainnya

Menurut Suka Harjana (2003: )
Menyatakan. “…Musik kontemporer tidak menunjuk kepada sesuatu apapun yang bersifat spesifik kecuali menyiratkan tentang suatu waktu “masa kini” atau sesuatu yang bersifat kekinian yang tidak dibatasi oleh suatu periode waktu tertentu. Sifat-sifat dasar musik kontemporer pada setiap zaman, dulu maupun kini tidak pernah berubah, yaitu menyangkut kebutuhan akan adanya pembaharuan sebagai tuntutan terhadap masa lalu yang dianggap sudah tidak relevan dan usang”.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.