Blog

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli Dan Peran Medsos

Secara umum, media sosial merupakan media untuk memudahkan user melakukan interaksi sosial secara online. Di platform ini, Anda bisa berbagi, networking bahkan berkomunikasi dengan mudah. Namun, bagaimana pengertian media sosial menurut para ahli?

Media Sosial Menurut Ahli
Masing-masing ahli menyampaikan pengertian media sosial yang berbeda. Inti dari pengertian media sosial menurut para ahli, yaitu:

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli dan Peran Medsos * Muhammad Yusup, Yuliana Isma Graba, Henderi

Media sosial merupakan situs jaringan sosial yang memungkinkan orang untuk membangun [profil public dan semi public lewat sistem yang terbatas. Media ini juga bisa digunakan untuk menjelajahi dan mengetahui pengguna yang sedang terhubung lewat suatu sistem.

Media sosial merupakan istilah yang mencakup platform media dan sistem secara umum sebagai jejaring sosial.

* Watkins, L. Kelly, S. Chan dan Russo

Media sosial merupakan instrumen yang memberikan suatu fasilitas agar bisa berkomunikasi dan berkolaborasi secara online.

Media sosial merupakan sarana untuk memudahkan para penggunanya atau user agar bisa berpartisipasi, berbagi serta menciptakan peran misalnya dalam blog, forum, jejaring sosial, ensiklopedia online dan virtual worlds.

* Michael J. Palenchar, R. Shari Veil, Tara Buehner

Media sosial merupakan komunikasi yang memiliki karakteristik terbuka, percakapan, keterhubungan, komunitas, partisipasi yang dilakukan oleh antar manusia.

Media sosial merupakan istilah yang memaparkan teknologi untuk mengikat banyak orang dalam berinteraksi, berkolaborasi dan berbagi informasi lewat pesan berbasis website.

* Philip Kotler dan Kevin Keller

Media sosial merupakan fasilitas untuk konsumen agar bisa berbagi informasi lewat video, text, gambar, audio antara manusia, perusahaan ataupun antara 1 orang dengan perusahaan.

* Rebecca A. Hayes dan Caleb T. Carr

Media sosial merupakan sarana yang menggunakan internet untuk memudahkan pengguna agar bisa mempresentasikan diri dan berinteraksi baik secara seketika atau tertunda di khalayak luas atau tidak. media sosial ini juga mendorong nilai persepsi interaksi dan user generated content dengan orang lain.

Media sosial adalah alat pemasaran yang bermanfaat untuk mengetahui pelanggan dan calon konsumen lewat cara yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan.

Peran Media Sosial
Jika disimpulkan, media sosial memiliki peran sebagai berikut:

1. Kesederhanaan atau mudah digunakan karena tanpa keahlian IT sekalipun, media sosial bisa digunakan asalkan terdapat perangkat dan koneksi internet.
2. Membangun hubungan atau interaksi 2 arah sehingga lebih interaktif.
3. Jangkauan global yang bisa disampaikan secara global dan tidak dibatasi dengan lokasi geografis dan waktu.
4. Terukur karena media sosial menggunakan sistem tracking sehingga Anda bisa mengukur efektifitas promosi.

Itulah beberapa pengertian media sosial menurut para ahli yang perlu Anda tahu. Jangan lupa, cek juga informasi mengenai cara membuat minuman kemasan tahan lama khususnya Anda yang ingin membuka bisnis minuman.