Blog

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian manajemen dapat dijabarkan secara luas dan para ahli memiliki sudut pandang tersendiri dalam mengartikan manajemen. Secara garis besar, manajemen merupakan aktivitas perencanaan dan koordinasi terhadap sumber daya yang tersedia.

Selengkapnya, simak pengertian manajemen menurut para ahli dan karakteristiknya berikut ini.

Berdasarkan buku Buku Ajar: Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Strategy (2021) berikut pengertian manajemen menurut para ahli.

1. Terry (2013)
Manajemen adalah kemampuan mengarahkan dan mencapai hasil yang diinginkan dengan tujuan dari usaha-usaha manusia dan sumber daya lainnya.

2. Hersey dan Blancard (2013)
Manajemen adalah sebagai proses bekerja sama antara individu dan kelompok serta sumber daya lainnya dalam mencapai tujuan organisasi. Proses ini dimaknai sebagai fungsi dan aktivitas yang dilaksanakan oleh pemimpin dan anggota atau bawahannya dalam bekerja sama pada sebuah organisasi. Fungsi dan aktivitas yang dilaksanakan mendorong sumber daya manusia bekerja memanfaatkan daya lainnya sehingga tujuan organisasi tercapai.

3. Follet dan Danim (2010)
Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain, dalam hal ini seorang manajer, yang bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

4. Winardi (2016)
Manajemen adalah sebuah proses yang khas dan terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganiasian, menggerakkan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lain.

5. Griffin dalam Danim (2010)
Manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien.

6. Wibowo (2007)
Manajemen adalah proses penggunaan sumber daya organisasi dengan menggunakan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi secara efisien dan efektif.

7. Syafaruddin dan Nasution (2014)
Manajemen adalah suatu proses memadukan sumber daya yang tidak berhubungan ke dalam seluruh sistem untuk pencapaian tujuan.

8. Bartol dan Martin dalam Danim (2015)
Manajemen adalah proses untuk mencapai tujuan organisasi dengan melakukan kegiatan dari empat fungsi utama, yaitu merencanakan, mengorganisasi, memimpin, dan mengendalikan.

9. Siks dalam Sagala (2007)
Manajemen adalah koordinasi dari semua sumber melalui proses perencanaan, pengorganisasian pimpinan, dan pengawasan agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

10. Kamars (2015)
Manajemen adalah usaha-usaha memanfaatkan berbagai sumber daya yang bersifat fisik dan non fisik untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau masalah dengan baik.

11. Millet dalam Idris (2013)
Manajemen adalah proses pembimbingan dan pemberian fasilitas terhadap pekerjaan-pekerjaan yang terorganisasi dalam kelompok formal untuk mencapai tujuan yang dikehendaki.

12. Stoner dan Freeman (2016)
Manajemen merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin dan mengawasi pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi yang tersedia untuk mencapai tujuan organisasi yang dinyatakan dengan jelas.

13. Manullang (2017)
Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan daripada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.

14. Sikula dalam Hasibuan (2014)
Manajemen adalah aktivitas-aktivitas perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, penempatan, pengarahan dan pemotivasian, komunikasi dan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh setiap organisasi dengan tujuan untuk mengkoordinasikan berbagai sumber daya yang dimiliki oleh organisasi sehingga akan dihasilkan suatu produk atau jasa secara efisien.

15. Sergiovanni dalam Bafadal (2014)
Manajemen merupakan proses pendayagunaan semua sumber daya dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pendayagunaan melalui tahapan proses yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan.

16. Boone dan Kurtz dalam Danim (2014)
Manajemen adalah proses mendayagunakan orang-orang dan sumber-sumber lain untuk mencapai tujuan tertentu.

17. Gibson, Donelly, dan Ivancevich (2015)
Manajemen adalah suatu proses yang dilakukan oleh satu atau lebih individu untuk mengkoordinasikan berbagai aktivitas lain untuk mencapai hasil-hasil yang tidak bisa dicapai apabila satu individu bertindak sendiri.

18. Siagian (2015)
Manajemen adalah proses penyelenggaraan berbagai kegiatan dalam rangka penerapan tujuan dan sebagai kemampuan atau keterampilan orang yang menduduki jabatan manajerial untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain.

Karakteristik Manajemen
Mengutip buku Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi (2009), berikut karakteristik manajemen.

1. Manajemen merupakan perpaduan antara ilmu dan seni untuk mencapai tujuan organisasi.
2. Manajemen adalah proses yang sistematis terkoordinasi dan kooperatif dalam usaha memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.
3. Manajemen mempunyai tujuan tertentu, berhasil tidaknya tujuan itu tergantung pada kemampuannya dalam menggunakan segala potensi yang ada.
4. Manajemen merupakan sistem kerja sama yang kooperatif dan rasional.
5. Manajemen didasarkan pada pembagian kerja, tugas, dan tanggung jawab yang teratur.

Demikian pengertian manajemen menurut para ahli dan karakteristiknya.