Blog

Pengertian Manajemen Keuangan Menurut 20 Ahli Ekonomi

Secara garis besar, pengertian Manajemen Keuangan menurut para ahli ekonomi pada dasarnya mengacu pada strategi Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling (POAC) keuangan dalam sebuah organinasi, perusahaan atau lembaga.

POAC ini dapat berupa penerapan prinsip-prinsip pengelolaan aset keuangan yang “juga” memiliki peranan penting dalam manajemen fiskal.

Lalu, bagaimana pengertian manajemen keuangan menurut para ahli ekonomi ?

Mudah-mudahan beberapa penjelasan berikut dapat membantu Anda memahami arti manajemen keuangan baik itu untuk latar belakang dalam skripsi maupun untuk Anda yang menjalankan sebuah bisnis.

KD Wilson (2020:1)
KD Wilson (2020:1) menjelaskan pengertian manajemen keuangan terutama melibatkan penggalangan dana dan pemanfaatannya secara efektif dengan tujuan memaksimalkan kekayaan pemegang saham.

Sutrisno (2017:3)
Menurut Sutrisno (2017:3), manajemen keuangan merupakan semua aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan pembelanjaan yang terdiri dari tiga usaha, yaitu:

1. Usaha-usaha mendapatkan dana perusahaan dengan biaya yang murah.
2. Usaha untuk menggunakan data tersebut secara efisien.
3. Dan efisiensi pengalokasian dana dalam kegiatan usaha.

Darsono Prawironegoro (2011:101)
Menurut Prawironegoro (2011:101), manajemen keuangan adalah aktivitas pemilik dan manajemen perusahaan untuk memperoleh modal yang semurah-murahnya dan menggunakan secara efektif, efisien, dan seproduktif mungkin untuk menghasilkan laba.

Sudana (2011:1)
Sudana (2011:1) mendefinisikan manajemen keuangan sebagai salah satu bidang manajemen fungsional yang menerapkan prinsip-prinsip keuangan dalam pengambilan keputusan investasi jangka panjang hingga pengelolaan modal kerja perusahaan dalam investasi maupun pendanaan jangka pendek.

Kasmir (2010:6)
Kasmir (2010:6) menjelaskan bahwa manajemen keuangan dapat diartikan ke dalam tiga kegiatan utama, yaitu:

1. Memperoleh dana untuk membiayai usaha.
2. Mengelola dana se-efisien mungkin untuk mencapati tujuan perusahaan.
3. Mengelola aset perusahaan secara efektif dan efisien.

Sonny, S (2003)
Sonny, S (2003) mendefinisikan manajemen keuangan sebagai aktivitas suatu organinasi, perusahaan, atau lembaga dalam mengelola dana. Manajemen dana ini dapat berarti bertujuan untuk memperoleh, menggunakan, serta mengelola aset untuk mencapai tujuan usaha.

Depdiknas (2003)
Depdiknas (2003) menjelaskan bahwa manajemen keuangan merupakan tindakan pengurusan/ketatausahaan keuangan yang meliputi pencatatan, perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pelaporan.

Suad Husnan & Enny Pudjiastuti (1998:4)
Suad Husnan & Enny Pudjiastuti (1998:4) menjelaskan bahwa Manajemen Keuangan merupakan kegiatan organisasi dalam mengatur keuangan yang menyangkut seperti Perencanaan, Analisis, dan Pengendalian kegiatan keuangan.

Pinches (1996:6)
Pinches (1996:6) mendefinisikan manajemen keuangan sebagai penggunaan uang yang berhubungan dengan harga – harga di pasar ekonomi eksternal untuk kegiatan akuisisi, manajemen, dan pembiayaan terhadap sumber daya perusahaan.

Liefman
Menurut Liefman, manajemen keuangan adalah suatu usaha untuk menyediakan uang dan menggunakan uang untuk mendapatkan atau memperoleh aktiva.

Bambang Riyanto
Menurut Bambang Riyanto, manajemen keuangan adalah seluruh aktivitas usaha dalam mendapatkan pendaan dengan biaya seminimal mungkin dengan syarat yang paling menguntungkan dan menggunakan dana tersebut se-efisien mungkin.

Agus Sartono
Menurut Agus Sartono (2015:6), Manajemen Keuangan merupakan pengelolaan dana yang baik yang dapat berupa:

1. Efektivitas pengalokasian dana dalam berbagai jenis investasi.
2. Usaha pengumpulan dana untuk pembiayaan investasi atau pembelajaran secara efisien.

JF Bradley
Menurut JF Bradley, dalam bidang manajemen bisnis, manajemen keuangan bertujuan untuk penggunaan model bisnis secara bijaksana dan seleksi yang seksama dari sumber modal untuk memungkinkan unit pengeluaran untuk bergerak ke arah mencapai tujuannya.

Brigham & Houston
Menurut Brigham & Houston (terjemahan oleh Dodo, H. dan Herman, W.), manajemen keuangan merupakan bidang yang paling luas dari tiga bidang keuangan, dan memiliki kesempatan karir yang luas.

Joseph Massie
Manajemen Keuanganadalah Kegiatan Operasional bisnis yang bertanggung jawab untuk memperoleh dan menggunakan dana yang diperlukan untuk operasi yang efektif dan efisien (Joseph Massie).

Weston & Copeland
Menurut Weston & Copeland, secara garis besar, manajemen keuangan terdiri dari fungsi dan tanggungjawab para manajer keuangan yang meliputi fungsi pokok, yaitu:

1. Keputusan tentang penanaman modal.
2. Pembiayaan kegiatan usaha.
3. Pembagian dividen pada suatu perusahaan.

Howard & Upton
Howard & Upton juga mendefinisikan manajemen keuangan sebagai area atau serangkaian fungsi administratif dalam suatu organisasi yang berhubungan dengan pengaturan kas dan kredit, sehingga organisasi dapat memiliki sarana untuk melaksanakan tujuannya sebaik mungkin.

James Van Horne
Menurut James Van Horne, pengertian manajemen keuangan adalah semua aktivitas perusahaan dalam memperoleh, mendanai, hingga mengelola aset sesuai tujuan usaha.

Manajer keuangan harus meramalkan peristiwa yang diharapkan dalam bisnis dan mencatat implikasi keuangannya.

Grestenberg
Grestenberg mendefinisikan manajemen keuangan dalam empat buah pertanyaan berikut:

1. Bagaimana pengelolaan sebuah bisnis untuk memperoleh dana?
2. Bagaimana cara bisnis tersebut mendapatkan dana?
3. Lalu bagaimana penggunaan dana tersebut?
4. Dan, bagaimana bisnis tersebut menggunakan dananya?

Emery dkk
Menurut Emery et al, pengertian manajemen keuangan merupakan suatu bidang keuangan yang mengambil keputusan dan mengelola sumberdaya secara efektif untuk menciptakan dan mempertahankan nilai dengan cara menerapkan prinsip-prinsip keuangan.

Kesimpulan
Dari keseluruhan pengertian manajemen keuangan menurut para ahli tersebut, – sedikit Saya simpulkan – Manajemen Keuangan itu berkaitan dengan 3M berikut:

1. Mengantisipasi kebutuhan keuangan.
2. Memperoleh sumber daya keuangan.
3. Mengalokasikan dana dalam bisnis.

Ilustrasinya begini…

Dengan mengantisipasi kebutuhan keuangan, manajemen keuangan dapat memperkirakan dana yang dibutuhkan untuk investasi pada aset tetap dan lancar hingga aset jangka panjang dan pendek.

Setelah kebutuhan keuangan terpenuhi, selanjutnya mencari dan memperoleh dana untuk membiayai kebutuhan keuangan yang diantisipasi dan tentunya dilakukan se-efisien mungkin.

Note: Efisien = melakukan sesuatu dengan benar. Jika bicara soal uang, maka artinya se-irit / murah mungkin.

Mengalokasikan dana juga harus dilakukan se-efektif mungkin. Artinya, manajer keuangan harus mampu mengalokasikan dana dengan rencana aset terbaik yang dapat memaksimalkan keuntungan bagi perusahaan.

Note: Efektif = melakukan yang benar. Jika bicara soal uang, maka uang itu digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat saja.

Dengan kata lain, 3M ini juga dapat berarti tiga kegiatan yaitu: Investasi, Pendanaan, dan Dividen.

Nah, bagaimana menurut Anda ? Mudah-mudahan sudah menemukan jawaban dari artikel pengertian manajemen keuangan menurut para ahli ini.

Jika ada kekeliruan maupun pertanyaan, silahkan sampaikan pada kolom komentar.

Pintasan Panduan Dasar Manajemen Keuangan
1. Definisi Ahli: (Anda Disini).
2. Fungsi & Konsep: Fungsi, konsep dasar dan tanggung jawab manajer dalam manajemen keuangan perusahaan.
3. Tujuan: Pahami tujuan manajemen keuangan dalam perusahaan serta contoh.
4. Prinsip: 7 Prinsip [wajib] manajemen keuangan perusahaan/bisnis.
5. Ruang Lingkup: Kenali 3 Aktivitas dan 4 Ruang Lingkup manajemen keuangan agar kerja Anda terarah.

Panduan Berikutnya: Analisis Laporan Keuangan.

1×”Hidup ini singkat – bermimpilah yang besar dan wujudkan impianmu di tahun 2022 sebaik- baiknya!”