Blog

Pengertian Manajemen Fungsi Tujuan Unsur Contoh

Kuliahpendidikan.com – Pada kesepatan kali ini kita kan membahas tentang Pengertian Manajemen menurut para ahli, Fungsi, Tujuan, Unsur, yang akan kita bahas seperti yang ada di bawah ini.

> Manajemen adalah seni untuk melakukan pekerjaan orang lain. Atau, secara umum, proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian suatu kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien untuk menggunakan sumber daya organisasi.

Ilmuwan manajemen menyajikan 5 definisi manajemen sebagai berikut:

1. Mary Parker Follet, Manajemen adalah seni untuk melakukan pekerjaan orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertanggung jawab untuk mengelola dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
2. Ricky W. Griffin, Administrasi adalah proses perencanaan, pengorganisasian, koordinasi dan pengendalian sumber daya untuk pencapaian tujuan yang efektif dan efisien.
3. Henry Fayol, Manajemen adalah ilmu yang memiliki ide atau 5 ide fungsional utama, yaitu, desain, perintah, organisasi, kontrol dan koordinasi.
4. George R. Terry, manajemen adalah proses khas yang terdiri dari tindakan: perencanaan, organisasi, mobilisasi dan kontrol, yang dapat dilakukan untuk menentukan tujuan yang ditetapkan oleh penggunaan sumber daya manusia, serta sumber dan mencapai yang lain,
5. Eiji Ogawa, Manajemen adalah perencanaan, implementasi dan pengendalian setiap kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan apa pun yang disempurnakan dalam kondisi yang fleksibel.

Baca Juga: Manajemen SDM – Pengertian, Fungsi, Tujuan dan manfaatnya

Fungsi Manajemen
Fungsi manajemen adalah elemen mendasar yang selalu tersedia. Kemudian dapat dilampirkan ke proses manajemen yang ingin digunakan manajer sebagai referensi ketika mereka melakukan kegiatan pencapaian tujuan. Fungsi manajemen berikut dijelaskan di bawah:

1. Perencanaan berarti menciptakan sesuatu yang akan terjadi dengan pikiran yang Anda miliki. Perencanaan menentukan tujuan umum bisnis dan menentukan cara terbaik untuk mencapai tujuan tersebut.

Manajer juga mengevaluasi beberapa rencana alternatif sebelum mengambil tindakan, dan dapat menentukan apakah rencana yang dihasilkan cocok untuk mencapai tujuan perusahaan. Perencanaan adalah proses yang paling penting dalam semua fungsi manajemen karena tanpa rencana, fungsi manajemen tidak berfungsi.

1. Pengorganisasian dilaksanakan dalam satu tujuan dan membagi kegiatan besar menjadi lebih kecil. Organisasi dapat memudahkan manajer untuk mengawasi dan menunjuk orang-orang yang diperlukan untuk melakukan tugas bersama. Dapat diatur untuk menentukan tugas apa yang dilakukan.
2. Pengerahan adalah proses tindakan untuk membuat semua anggota kelompok mencapai tujuan sesuai dengan manajemen dan perencanaan bisnis.
3. Penempatan hampir sama dengan organisasi, tetapi dengan distribusi yang lebih luas. Ketika secara khusus berorientasi pada pengelolaan sumber daya alam (sumber daya manusia). Sementara penempatan umumnya berfokus pada sumber daya. Misalnya sebagai perangkat yang dimiliki
4. Koordinasi adalah fungsi yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja perusahaan, sehingga tempat kerja sehat, nyaman, dinamis dan lain-lain. Fungsi manajemen dilakukan oleh manajer. Oleh karena itu, manajer memiliki fungsi utama mengoordinasikan bawahan untuk meningkatkan kinerja mereka.
5. Kontrol adalah fungsi terakhir dalam manajemen. Ketika semua fungsi telah dieksekusi, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah di controller. Beberapa elemen diperlukan dalam fungsi ini, misalnya. Misalnya, evaluasi dan pembuatan arahan baru.

Baca Juga: Manajemen Keuangan – Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Prinsip

Tujuan Manajemen
1. Menerapkan dan mengevaluasi strategi yang dipilih secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan.
2. Mengevaluasi kinerja, meninjau dan mengevaluasi situasi, kemudian melakukan penyesuaian dan koreksi jika ada penyimpangan dalam implementasi strategi.
3. Anda dapat memperbarui strategi yang diformulasikan untuk menyesuaikannya dengan pengembangan lingkungan eksternal.
4. Anda dapat meninjau kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari peluang yang ada.
5. Anda dapat berinovasi kegiatan sehingga mereka dapat mengatur dengan lebih baik.

Unsur Manajemen
Ada 6 elemen manajemen yang terkenal, yaitu (6M) manusia, uang, bahan, mesin, metode dan pasar. Unsur-unsur manajemen berikut oleh para ahli dan penjelasan mereka di bawah ini:

Manusia atau man adalah elemen pertama manajemen, manusia atau setiap individu memainkan peran penting dalam manajemen di setiap bidang, baik dalam industri maupun dalam perekonomian. Segala sesuatu yang berkaitan dengan perencanaan dan pelaksanaan produksi sangat tergantung pada orang atau masing-masing individu.

Dalam proses manajemen, uang atau uang sangat dibutuhkan. Saat melakukan operasi komersial, biaya tunai komersial digunakan sebagai modal utama Perusahaan. Manajemen uang yang baik akan sangat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan manajemen.

Materi menjadi elemen manajemen selanjutnya. Kontrol bahan atau bahan yang diperlukan dalam proses manajemen. Pengusaha harus dapat menggunakan bahan-bahan yang tersedia untuk memaksimalkannya.

Teknologi merupakan bagian penting dari proses manajemen perusahaan, yaitu alat dan mesin. Mesin-mesin tersebut diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas lebih dari jika mereka hanya bekerja dengan energi manusia.

Proses manajemen membutuhkan langkah-langkah tertentu, yang dikenal sebagai metode atau metode. Tidak diragukan lagi, metode yang baik dan tepat akan menjadi elemen manajemen yang sangat penting, sehingga akan dieksekusi secara efektif dan efisien di setiap langkah.

Pasar atau Market tidak dapat dilupakan dan memiliki hubungan dengan manajemen bisnis dan industri. Tujuan perusahaan harus jelas mengikuti perkembangan pasar yang sudah ada di masyarakat sehingga pasar atau pasar dapat diklasifikasikan sebagai elemen manajemen.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan diatas semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk teman teman sekalian. Terima Kasih.