Blog

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli Jenis Unsur Dan Manfaat

Pengertian komunikasi menurut para ahli pastinya akan menjadi tambahan wawasan dan pengetahuan mengingat setiap ahli tentu memiliki pendapat yang berbeda.

Definisi Komunikasi

Sebelum mengetahui tentang pengertian komunikasi menurut para ahli maka tak ada salahnya anda mengetahui tentang definisi komunikasi secara umum. Komunikasi jika diartikan secara umum adalah sebuah proses yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih untuk alasan yang berbeda.

Sebenarnya pengertian komunikasi menurut para ahli sangatlah banyak jika harus disebutkan satu persatu. Namun berikut ini ada beberapa contoh pengertian komunikasi menurut beberapa ahli.

Menurut Wuryanano komunikasi memiliki makna sebuah komunikasi yang mana melibatkan banyak hal seperti sikap, perilaku, verbal dari seseorang.

Ahmad S. Ruky sendiri mengungkapkan pendapatnya mengenai komunikasi yang mana memiliki arti sebuah proses pertukaran informasi yang bisa merupakan sebuah fakta maupun opini.

Menurut Anwar Arifin komunikasi merupakan sebuah proses interaksi sosial yang dilakukan oleh dua arah atau lebih yang mana komunikasi ini dilakukan untuk tujuan tertentu dengan melibatkan sikap ataupun perilaku.

Sebenarnya masih banyak sekali pengertian komunikasi menurut para ahli yang ada. Hanya saja cukup banyak jika harus disebutkan semuanya. Namun jika melihat beberapa pernyataan para ahli mengenai definisi komunikasi di atas maka kurang lebih sebenarnya memiliki arti yang sama di mana pengertian komunikasi menurut para ahli merupakan sebuah proses interaksi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang mana dilakukan dengan tujuan tertentu serta melibatkan berbagai sifat dan sikap dari masing-masing pihak.

Artikel lain: Pengertian Asertif Dalam Komunikasi.

Jenis – jenis Komunikasi
Berbicara mengenai pengertian komunikasi menurut para ahli yang sudah disebutkan diatas tentunya sangatlah banyak. Dan perlu diketahui bahwa jenis-jenis dari komunikasi itu sendiri juga beragam yang mana dilihat dari dasar proses komunikasi itu sendiri.

Komunikasi Berdasarkan Prosesnya
Untuk jenis komunikasi yang pertama yang mana dilihat dari proses penyampaiannya, antara lain :

* Komunikasi yang Dilakukan Secara Langsung

Komunikasi yang dilakukan secara langsung artinya bahwa proses terjadinya suatu komunikasi tersebut dilakukan antara dua orang atau lebih yang komunikasi ini dilakukan secara tatap muka atau berhadapan langsung dengan lawan bicara.

* Komunikasi yang Dilakukan Secara Tidak Langsung

Jenis komunikasi yang kedua Jika dilihat dari prosesnya yaitu komunikasi tidak langsung di mana sebuah komunikasi bisa terjadi melalui perantara baik itu sebuah tulisan maupun suara seperti panggilan telepon maupun video.

Komunikasi Berdasarkan Jenis Pesan
Untuk jenis komunikasi yang kedua yaitu dilihat dari jenis Pesan yang disampaikan yaitu :

Komunikasi Jika dilihat dari jenis pesannya maka dibedakan menjadi 2 hal. Yang pertama adalah komunikasi lisan yang mana disampaikan secara langsung tanpa menggunakan media perantara apapun.

Sedangkan jenis komunikasi berdasarkan Pesan yang disampaikan yang kedua adalah komunikasi non lisan yaitu komunikasi yang terjadi namun melalui media atau perantara seperti melalui media tulisan.

Komunikasi Berdasarkan Cara Dalam Menyampaikan
Untuk jenis komunikasi yang terakhir dilihat dari Bagaimana cara menyampaikan komunikasi tersebut, antara lain terdiri dari :

Jenis komunikasi verbal bisa dilihat dari penyampaiannya melalui media secara langsung. Misalnya seperti ucapan maupun ungkapan melalui tulisan.

Untuk komunikasi nonverbal terjadi karena proses yang melibatkan gestur tubuh, kontak fisik maupun ekspresi wajah.

Jika dilihat dari beberapa definisi yang sudah disebutkan di atas maka bisa disimpulkan bahwa jenis komunikasi tersebut sangatlah banyak. Tak hanya sesuai dengan pengertian komunikasi menurut para ahli saja namun juga pengertian yang dilihat dari jenis jenis lainnya.

Unsur yang Menyebabkan Terjadinya Komunikasi
Pada dasarnya sebuah komunikasi tidak mungkin terjadi begitu saja jika tidak ada unsur – unsur yang mendasarinya. Beberapa unsur yang dimaksud diantaranya sebagai berikut :

* Pemberi pesan
* Penerima pesan
* Media perantara yang digunakan dalam berkomunikasi
* Pesan yang disampaikan
* Respon penerima pesan setelah menerima komunikasi
* Efek atau dampak yang terjadi setelah terjadi komunikasi.

Manfaat dan Tujuan Adanya Komunikasi
Setelah melihat beberapa pengertian komunikasi menurut para ahli diatas pastinya anda juga perlu tahu sebenarnya apa sajakah manfaat dari komunikasi ini. Komunikasi ini bisa memberikan manfaat yang beragam, tergantung pada tujuan dan bagaimana cara menangkap informasi tersebut. Namun secara garis besarnya, komunikasi memberikan manfaat seperti :

* Bertukar informasi
* Menyampaikan pendapat atau opini
* Sebagai bentuk interaksi dengan orang lain
* Memberikan sugesti atau ajakan pada orang lain
* Media untuk saling bertukar ekspresi

Beberapa diatas hanyalah contoh saja karena pada dasarnya komunikasi bisa dilakukan dengan motif yang berbeda serta ujungnya akan memberikan reaksi atau respon yang berbeda pula.