Blog

Pengertian Komputer Fungsi Komponen Dan Jenisnya

Pengertian Komputer, Fungsi, Komponen dan Jenisnya. Pembahasan materi tentang definsi komputer secara umum maupun menurut para ahli, fungsi, macam-macam komputer serta komponen-komponen yang ada pada komputer.

Pada artikel sebelumnya juga telah kita bahas mengenai definisi sistem informasi dan juga manfaat internet untuk kehidupan manusia sehari-hari. Maka hari ini tim redaksi RUMUSPELAJARAN.COM akan mencoba mengulas materi pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tentang pengertian, fungsi, jenis dan komponen komputer.

Pasalnya kami meyakini bahwa terdamparnya sobat di blog ini lantaran sedang mencari referensi tentang pengertian komputer. Namun kami juga meyakini bahwa sobat sudah tidak asing lagi dengan yang namanya komputer. Seperti yang kita ketahui bahwa komputer ini sudah banyak sekali yang menggunakannya, baik itu untuk sekolah maupun pekerjaan.

Meskipun sering melihat atau bahkan sudah pernah menggunakan komputer, mungkin ada juga yang belum mengetahui apa itu arti komputer yang sebenarnya. Jika sobat belum paham dengan maksud dari komputer ini, silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Secara umum, komputer adalah perangkat elektronik yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan sebelumnya agar menghasilkan informasi bermanfaat bagi penggunanya.

Secara etimologis, kata “Komputer” berasal dari bahasa Latin, yaitu “Computare” yang artinya menghitung. Sehingga pengertian komputer dapat diartikan secara sederhana sebagai alat untuk menghitung aritmatika.

Kemudian definisi komputer ialah suatu alat elektronik yang tersusun dari rangkaian berbagai komponen yang saling terhubung sehingga membentuk suatu sistem kerja. Sistem di dalam komputer itu sendiri bisa melakukan pekerjaan secara otomatis menurut program yang telah diperintahkan kepadanya sehingga mampu menghasilkan sebuah informasi berdasarkan data dan program yang ada.

Ada 3 elemen yang ada pada komputer, seperti Perangkat Keras (Hardware), Perangkat Lunak (Software) dan Pengguna Komputer (Brainware). Berikut ini adalah penjelasannya:

* Perangkat Keras (Hardware) yang meliputi Processor, RAM, Harddisk, Motherboard, dan CPU.
* Perangkat Lunak (Software) adalah sistem operasi dan juga berbagai aplikasi yang telah masukkan ke dalam hardware atau perangkat keras, serta bekerja sesuai perintah dari pengguna.
* Pengguna Komputer (Brainware) yaitu pemakai atau operator komputer.

Agar dapat memperluas wawasan tentang definisi komputer, ada baiknya kita simak pendapat para ahli tentang komputer berikut ini.

V. C. Hamacher
Pengertian komputer menurut V. C. Hamacher adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan mampu menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan juga dapat menghasilkan output berupa informasi.

Robert H. Blissmer
Pengertian komputer menurut Robert H. Blissmer adalah alat elektronik yang dapat melakukan beberapa tugas, seperti menerima input, memproses input berdasarkan dengan instruksi yang diberikannya, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

Wiliam M. Fuori
Pengertian komputer menurut Wiliam M. Fuori adalah alat pemroses data (data processor) yang mampu melakukan perhitungan secara besar dan cepat, termasuk juga perhitungan aritmatika serta operasi logika, dan tanpa ada campur tangan manusia.

Williams & Sawyer
Pengertian komputer menurut Williams & Sawyer adalah mesin serbaguna yang bisa diprogram, dapat menerima data (fakta-fakta serta gambar-gambar kasar) dan memanipulasi atau memproses data tersebut ke dalam informasi yang dapat kita gunakan.

Donald H. Sanders
Pengertian komputer menurut Sanders adalah suatu sistem elektronik yang digunakan untuk memanipulasi data secara cepat dan tepat, dirancang dan diorganisasikan agar bisa secara otomatis menerima dan menyimpan data, memproses data hingga dapat menghasilkan output sesuai perintah yang sudah tersimpan di dalam memori.

Fungsi Komputer
Fungsi dari komputer sendiri sangat banyak sekali, tergantung bagaimana penggunanya. Beradasarkan definisi diatas berikut ini adalah beberapa fungsi utama komputer.

1. Data Processing

Salah satu fungsi utama dari komputer ialah untuk melakukan pengolahan data sehingga dapat menghasilkan output berupa informasi. Biasanya, data yang diolah di dalam komputer berbentuk teks, gambar, audio, video, grafik, dan lain sebagainya.

2. Data Input

Maksudnya adalah komputer dapat menerima informasi atau data dari sumber lain. Data tersebut diterima dari aktivitas di keyboard, mouse, dari komputer lain atau peralatan lainnya.

3. Data Output

Fungsi komputer selanjutnya adalah dapat menghasilkan output atau informasi setelah melewati proses pengolahan data. Kemudian informasi tersebut bisa disajikan melalui monitor, alat printer, dan speaker.

4. Data Storage

Fungsi dari komputer lainnya adalah sebagai tempat untuk menyimpan data sehingga bisa ditemukan dengan mudah dan dapat digunakan kembali. Data tersebut biasanya disimpan di dalam memori internal maupun memori eksternal komputer.

5. Data Movement

Data movement merupakan fungsi dari komputer untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya atau berbagai alat output lainnya.

Komponen Komputer
Berdasarkan fungsinya komponen-komponen yang ada pada komputer meliputi Input, Process, dan Output. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Perangkat Masukan (Input Device)
Komponen input ini merupakan komponen perangkat keras (hardware) yang mempunyai fungsi sebagai pemberi perintah berbagai tugas yang akan diberikan pada komputer.

Adapun beberapa komponen input tersebut antara lain adalah:

* Keyboard: yaitu alat yang memberikan input atau masukan berupa alfanumerik dan interpretasi ASCII lainnya.
* Mouse dan Trackpad: yaitu alat yang menghubungkan brainware dengan layar monitor.
* Pen (untuk layar sentuh): yaitu alat yang mempunyai fungsi mirip seperti mouse namun bentuknya seperti pena.
* Scanner: yaitu alat untuk memindai gambar yang akan dimasukkan ke dalam sistem komputer.
* Microphone: yaitu alat untuk input data dalam bentuk audio.

2. Perangkat Keluaran (Output Device)
Komponen output merupakan komponen yang berfungsi untuk menampilkan informasi dari perintah yang telah diproses oleh komputer.

Berikut ini adalah beberapa komponen output:

* Monitor: yaitu alat yang dapat menampilkan proses yang sedang dikerjakan sebuah komputer.
* Printer: yaitu alat yang dapat mencetak informasi ke dalam bentuk hard copy.
* Speaker: yaitu alat yang dapat menghasilkan output berupa audio atau suara.

3. Komponen Proses (Processing Device)
Komponen proses merupakan komponen komputer yang berfungsi untuk mengolah data atau memproses perintah yang diberikan oleh brainware yang kemudian ditampilkan pada komponen output.

Berikut ini adalah beberapa komponen proses:

* Processor: yaitu komponen utama dalam proses mengolah data.
* Motherboard: yaitu komponen penghubung berbagai komponen lainnya dalam komputer.
* Hard Disk: yaitu komponen yang digunakan untuk menyimpan data yang sifatnya permanen di dalam komputer, seperti sistem operasi komputer.
* RAM: yaitu memori yang digunakan untuk menyimpan berbagai aktivitas komputer untuk sementara.

Jenis-jenis Komputer
Komputer sendiri dapat dibedakan menjadi tujuh jenis komputer berdasarkan bentuk dan ukurannya. Berikut ini adalah tujuh (7) jenis komputer tersebut.

1. Komputer Laptop
Laptop merupakan jenis komputer yang bisa diletakkan di pangkuan penggunanya. Laptop terdiri dari CPU, monitor dan keyboard yang menyatu dan mudah dibawa kemana-mana.

2. Komputer Notebook
Notebook merupakan jenis komputer yang mirip dengan laptop, namun notebook mempunyai ukuran yang lebih tipis. Biasanya notebook digunakan oleh pelajar, pengajar dan peneliti yang membutuhkan perangkat komputer yang ringkas dan ringan.

3. Handbook (Sub-notebook)
Handbook merupakan jenis komputer yang ukurannya lebih kecil dari notebook pada umumnya. Biasanya handbook memiliki processor dengan spesifikasi yang rendah.

4. Komputer Portabel
Komputer Portabel merupakan jenis komputer yang mudah dibawa kemana saja, sesuai dengan keperluan penggunaannya untuk penelitian di lapanan dan berpindah-pindah. Namun komputer portabel ini kurang populer karena cenderung berat dan lebih besar dari laptop pada umumnya.

5. Komputer Desktop
Komputer Desktop merupakan jenis komputer yang ada di atas meja. Komputer jenis ini memiliki CPU, monitor dan keyboard tersusun secara terpisah.

6. Komputer Tower
Komputer Tower merupakan jenis komputer yang bentuknya lebih besar dari komputer desktop dan biasanya diletakkan di atas atau samping meja. Komputer jenis ini bisa ditambahkan perangkat pendukung karena memiliki expansionslot.

7. Komputer Palmtop
Komputer Palmtop merupakan jenis komputer yang bentuknya kecil dan bisa digenggam. Namun setelah ditemukannya smartphone, komputer jenis ini sudah sangat jarang digunakan lagi.

Demikianlah pembahasan materi pengertian komputer, definisi secara umum maupun menurut para ahli, serta fungsi, komponen dan jenis-jenis komputer. Semoga bermanfaat bagi sobat yang sedang mencari referensi tentang penjelasan komputer. Jangan lupa pelajari juga materi jenis-jenis BIOS dan fungsi ROM pada komputer yang harus sobat ketahui.