Blog

Pengertian Kinerja Perusahaan Menurut Para Ahli

Pengertian Kinerja Perusahaan Menurut Para Ahli – Setiap perusahaan pasti selalu meninjau kinerja dari perusahaan tersebut dalam periode tertentu. Kegiatan ini sering juga disebut dengan kinerja perusahaan.

Kinerja perusahaan memiliki pengertian sebagai hasil dari sebuah kegiatan manajemen di sebuah perusahaan. Hasil dari kegiatan manajemen ini kemudian dijadikan sebuah parameter atau tolok ukur untuk menilai keberhasilan manajemen sebuah perushaan dalam hal pencapaian tujuan yang sudah ditetapkan dalam periode tertentu. Selain pengertian seacar umum tersebut, ada banyak pendapat yang dikemukakan oleh beberapa ahli mengenai pengertian dari kinerja perusahaan ini yang bisa dijadikan sebuah referensi dalam mendefiniskan kinerja perusahaan ini. Beberapa ahli mengungkapkan beberapa pengertian terkait dengan kinerja perusahaan ini. Berikut ini adalah beberapa pengertian kinerja perusahaan menurut para ahli:

1. Moerdiyanto : Menurut Moerdiyanti (2010), mengungkapkan bahwa kinerja perusahaan adalah hasil dari serangkaian proses bisnis yang mana dengan pengorbanan beragai macam sumber daya yaitu bisa sumber daya manusia dan juga keuangan perusahaan. Apabila kinerja perusahaan meningkat, bisa dilihat dari gencarnya kegiatan perusahaan dalam rangka untuk menghasilkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Keuntungan atau laba yang dihasilkan tentu akan berbeda tergantung dengan ukuran perusahaan yang bergerak. Berdasarkan dari proses meningkatkan penghasilan laba atau keuntungan ini, Nakamura (2011:102) menyatakan bahwa perusahaan yang memiliki ukuran yang besar memiliki potensi yang lebih besar pula untuk menginvestasikan sumber daya yang dimiliki. Di dalam pengelolaan investasi ini, perusahaan sebisa mungkin harus mampu menciptakan nilai bagi para pemegang saham.

2. Helfert : Helfert (1996:67) kinerja perusahaan adalah sebuah hasil yang dibuat oleh pihak manajemen secara terus menerus. Dalam hal ini, hasil yang dimaksud merupakan hasil dari keputusan banyak individu.

3. Chariri dan Ghozali : Sedangkan menururt Chariri dan Ghozali bahwa kinerja perusahaan dapat diukur dengan menggunakan informasi keuangan atau juga menggunakan informasi non keuangan. Informasi non keuangan ini dapat berupa kepuasan pelanggan atas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Meskipun begitu, kebanyakan kinerja perusahaan diukur dengan rasio keuangan dalam periode tertentu.

Rasio keuangan yang seringkali digunakan dalam mengukur kinerja perusahaan tersebut menurut Van Horn dan John Wachowicz dapat berupa rasio likuiditas (menunjukkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban jangka pendek), rasio solvabilitas (menunjukkan penggunaan uang pinjaman), rasio aktivitas (mengukur seberapa aktif perusahaan dalam menggunakan aktiva), rasio profibilitas (menunjukkan hubungan antara laba penjualan dengan investasi), dan juga rasio coverage (menunjukkan hubungan antara beban keuangan dengan kemampuan untuk melayani dan membayar). Jadi, kinerja perusahaan adalah sebuah hasil dari proses bisnis perusahaan yang menunjukkan nilai keberhasilan dari sebuah usaha yang bisa diukur dengan informasi keuangan maupun non keuangan. Demikian beberapa informasi tentang pengertian kinerja perusahaan menurut para ahli.

Artikel lainnya :