Blog

Pengertian Kinerja Organisasi Menurut Para Ahli

Pengertian Kinerja Organisasi Menurut Para Ahli – Setiap organisasi pasti memiliki satu target yang harus dicapai oleh organisasi tersebut. Tujuan yang akan dicapai oleh organisasi tersebut tentu membutuhkan penilaian yang berguna untuk mengetahui tujuan akhir dari organisasi yang ingin dicapai.

Penilaian ini yang biasa disebut dengan kinerja. Kenapa penilaian kinerja ini sangat penting dalam sebuah organisasi? Hal ini dikarenakan kinerja dapat dijadikan sebuah ukuran keberhasilan bagi organisasi dalam pencapaiannya. Selain itu, kinerja juga bisa menjadi sebuah gambaran prestasi bagi sebuah organisasi atau juga bisa digunakan untuk mengukur prestasi dan atau kebijakan dari tiap individu ataupun kelompok individu.

Kinerja merupakan terjemahan dari kata “performance” yang dapat diartikan sebagai penampilan atau prestasi. Pengertian ini diungkapkan oleh Keban yang juga seperti diungkapkan oleh Mengkunegara yang mengatakan bahwa kinerja merupakan ungkapan yang berasal dari job performance atau actual performance yang berarti prestasi kerja. Kinerja juga bisa dikatakan sebagai sebuah konsep yang digunakan oleh organisasi untuk menilai keberhasilan yang telah dicapai dan juga proses pelaksanaan yang berguna untuk mencapai tujuan organisasi. Selain kedua tokoh tersebut, ada beberapa pengertian kinerja organisasi menurut para ahli yang bisa dijadikan sebuah pengengetahuan atau referensi dalam mendefinisikan kinerja dari sebuah organisasi diantaranya adalah

1. Swanson (2004:193) : Swanson dalam Keban mengungkapkan bahwa “kinerja organisasi mempertanyakan apakah tujuan atau misi suatu organisasi telah sesuai dengan kenyataan kondisi atau factor ekonomi, politik, dan budaya yang ada; apakah struktur dan kebijakannya mendukung kinerja yang diinginkan; apakah memiliki kepemimpinan; modal dan infrastruktur dalam mencapai misinya; apakah kebijakan, budaya, dan system insentifnya mendukung pencapaian kinerja yang diinginkan; dan apakah organisasi tersebut menciptakan dan memelihara kebijakan-kebijakan seleksi dan pelatihan, dan sumber dayanya.”

2. Keban (2004:183) : Keban mengungkapkan bahwa kinerja organisasi adalah sesuatu yang menggambarkam sudah sampai sejauh manakah sebuah kelompok telah melaksanakan seluruh kegiatan pokok sehingga bisa mencapai visi dan misi dari institusi tersebut.

3. Atmosudirjo (di dalam Pasolong, 2007:176) : Atmosudirjo mengemukakan bahwa “Kinerja organisasi adalah sebagai efektivitas organisasi secara menyeluruh untuk kebutuhan yang ditetapkan dari setiap kelompok yang berkenaan melalui usaha-usaha yang sistemik dan meningkatkan kemampuan organisasi secara terus menerus untuk mencapai kebutuhannya secara efektif.”

Dari beberapa uraian dan pendapat tersebut, kinerja organisasi dapat dikatakan sebagai kemampuan untuk melakukan tugas-tugas yang telah menjadi beban bagi organisasi dengan sebaik mungkin agar dapat mencapai sasaran yang sebelumnya telah disepakati. Selain menitikberatkan pada pencapaian tujuan, kinerja organisasi juga menitikberatkan pada proses untuk mengelola beberapa sub tujuan dan juga hasil evaluasi, kondisi organisasi, pengaruh dari lingkungan dan juga sumber daya manusia atau beberapa pihak yang terlibat. Demikian beberapa pengertian kinerja organisasi menurut para ahli dan semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :