Blog

Pengertian Kinerja Karyawan Menurut Para Ahli

Pengertian Kinerja Karyawan Menurut Para Ahli – Dalam sebuah perusahaan, elemen yang cukup penting dalam menjalankan bisnisnya adalah sumber daya manusia atau bisa disebut dengan karyawan dalam perusahaan.

Setiap karyawan tentu memiliki peran dan juga memiliki penilaian dalam kerjanya untuk itu perlu adanya kinerja karyawan. Sebelum membahas lebih jauh tentang kinerja karyawan, ada baiknya menyimak beberapa pengertian mengenai apa kinerja itu sendiri. Kinerja adalah hasil kerja, jadi kinerja karyawan adalah sebuah hasil kerja yang mana dihasilkan oleh seorang karyawan atau pegawai untuk bisa mencapai tujuan yang diharapkan.

Mengenai kinerja karyawan ini, ada beberapa ahli yang juga mengemukakan pendapat tentang definisi atau pengertian kinerja karyawan yang bisa dijadikan referensi dan pengetahuan untuk mengetahui lebih lanjut seputar kinerja karyawan. Berikut ini beberapa pengertian kinerja karyawan menurut para ahli.

1. Anwar Prabu Mangkunegara mengemukakan bahwa kinerja merupakan hasil kerja baik kualitas maupun kuantitas yang merupakan sebuah pencapaian seorang pegawai di dalam melaksanakan tugasnya dan itu sesuai dengan tanggung jawabnya.
2. “Kinerja adalah apa yang dapat dikerjakan oleh seseorang sesuai dengan tugas dan fungsinya” seperti yang dikemukakan oleh Gilbert (1977).
3. Ada juga Sedarmayanti (2011:260) yang menyatakan bahwa kinerja merupakan terjemahan dari kata performance yang memiliki arti sebagai sebuah hasil kerja seorang pegawai atau pekerja, sebuah proses manajemen yang mana hasil kerja tersebut harus memiliki sebuah bukti konkret yang juga dapat diukur.
4. Wibowo juga memberikan pengertian tentang kinerja sebagai suatu hal tentang melakukan suatu pekerjaan beserta dengan pencapaian hasil dari pekerjaan tersebut.

Dari beberapa pendapat diatas dapat diambil kesimpulan bahwa kinerja karyawan adalah sebuah hasil kerja yang telah dicapai oleh pegawai atau karyawan yang sesuai dengan kriteria maupun standar yang sebelumnya telah ditetapkan pada periode tertentu. Kinerja juga memiliki indikator tersendiri dalam penilainnya seperti yang diungkapkan oleh Anwar Prabu Mangkunegara yaitu diantaranya adalah kualitas dan kuantitas, pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang bisa dijabarkan sebagai berikut:

1. Kualitas – Kualitas disini adalah bagaimana seorang pegawai atau karyawan dalam menjalankan tugasnya apakah baik atau tidak.
2. Kuantitas – Kuantitas adalah waktu yang dihabisakan oleh pegawai dalam menjalankan tugasya dalam satu hari dan bisa diukur berdasarkan kecepatan kerja dari pergawai tersebut.
3. Tanggung Jawab – Tanggung jawab disini merupakan kesadaran pegawai akan tanggung jawabnya dalam melaksanakan tugas yang sudah diberikan oleh perusahaan.
4. Pelaksanaan Tugas – Pelaksanaan tugas adalah kemampuan pegawai ata karyawan untuk melakukan tugasnya apakah dikerjakan dengan akurat tanpa melakukan kesalahan atau tidak. Kinerja karyawan ini dipengaruhi oleh beberaa factor seperti factor kemampuan dan factor motivasi.

Demikian semoga bermanfaat ulasan mengenai pengertian kinerja karyawan menurut para ahli.

Artikel lainnya :