Blog

Pengertian Kewirausahaan Wirausaha Menurut Paraa Ahli

Blog Unsyiah – Kali ini pembahasan mengenai materi kewirausahaan. pengertian kewirausahaan, kewirausaha adalah sikap atau kemampuan membuat atau menciptaka hal yang baru dan mempunyai nilai dan bermanfaat untuk diri sendiri atau orang lain.

Berikut pengertian kewirausahaan menurut para ahli :

* Pengertian kewirausahaan menurut Richard Cantillon

Sebagai pekerjaan seorang pengusaha yang membeli barang pada harga tertentu kemudian menjualnya kembali tetapi dengan harga yang belum pasti. Definisi ini lebih mengarah bagaimana seseorang beresiko pada ketidak pastian.

* Pengertian kewirausahaan menurut Penrose

Kewirausahaan adalah kegiatan yang indentfikasi peluang dalam sistem ekonomi.

* Menurut Harvey Leibenstein

Kewirausahaan adalah kegiatan yang diperlukan untuk membuat atau melaksanakan perusahaan ketika semua pasar belum teridentifikasi jelas, juga komponen fungsi produksi tidak diketahui.

* Menurut Robbing dan Coulter

Kewirausahaan adalah proses seseorang individu mapun kelompok individu yang menggunakan cara teroganisir dan peluang yang menciptakan nilai untuk tumbuh, memenuhi kebutuhan, dan keinginan dengan inovasi dan keunikan, dan tidak peduli dengan sumber daya yang digunakan.

* Pengertian kewirausahaan menurut Raymond

Seseorang yang inovatif, kreatif dan bisa berkreativitas sehingga mewujudkan peningkatan kesejahteraan diri dalam lingkungan masyarakat.

* Pengertian kewirausahaan menurut Kasmir

Jiwa pemberani dalam mengambil resilo untuk memulai bisnis di semua kesempatan.

Kewirausahaan adalah kemampuan yang bisa membuat atau menciptakan hal baru dan berbeda.

Suatu nilai dalam bentuk perilaku dasar tujuan, trik, taktik, proses, hasil bisnis, dan propulsi.

Nilai yang dibutuhkan untuk memulai pengembangan bisinis dan bisnis.

Cara untuk mendapat kesempatan dan menciptakan organisasi untuk mengejar kesempatan.

* Menurut Stein dan Jhon F.Burgess

Mengatur, mengengola dan harus berani mengambil resiko agar menciptakan peluang bisnis dan tentunya bisnis baru.

Pengusaha bisa mengelola bermacam – macam sumber daya yang dimiliki ekonomi dan meningkatkan produktivitas agar lebih tinggi.

Inovasi aplikasi dan kreativitas yang bisa memcahkan masalah dan memanfaatkan peluang setiaphari.

Pengertian Wirausaha
Secara etimlogi kata wirausaha berasal dari kata wira dan usaha yang memiliki arti peuang, pahlawan, manusia unggul, teladan dan berbudi luhur.

Menurut bahasa wirausaha dengan bahasa inggris yaitu entrepreneur yang memilik arti orang yang memiliki kegiatan degan memiliki ciri yag pandai atau berbakat dalm mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, dan mengatur modal operasional.

Sedangkan menurut KBBI wirausahasama dengan wiraswasta adalah orang yang pandai atau berkat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, dan pengaturan modal. Sedangkan pengertian wirausaha menurut para ahli sebagai berikut :

1. Menurut Arif F. Hadipranata

Wirausaha adalah orang yang mengambil resiko sesuai keperluan untuk mengelola dan mengatur segala urusan, menerima beberapa manfaat finansial dan non-keuangan.

1. Menurut Andrew J Dubrin : Wirausaha adalah seorang yang bertugas menjalankan dan membangun bisnis secara inovatif.
2. Menurut Jean Baptista Say

Wirausaha adalah agen menggabungkan bermacam – macam alat produksi dan menemukan nilai produk.

Wirausaha adalah orang yang menjalankan, mengatur dan mengambil resiko untuk pekerjaan yang akan dikerjaan selama ada di dunia bisnis.

Wirausaha adalah orang yang berusaha memecahakn masalah dan memprediksi perubahan pasar. Selain itu siap menghadapi ketidak stabilan dinamika pasar, dan diharuskan melakukan semua fungsi manajerial dasar.

Sumber : wikipedia.org