Blog

Pengertian Kewirasusahaan Ciriciri Dan Model Kewirausahaan

Istilah kewirausahaan berasal dari terjemahan Enterpreneurship, yang dapat diartikan sebagai “the backbone of economy”, yaitu syaraf pusat perekonomian.

Secara epistimologi kewirausahaan hakeketnya adalah suatu kemampuandalam berfikir kreatif dan berperilaku inovativ yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak rencana atau planing dalam menghadapi tantangan hidup.

Pengertian kewirausahaan di jabarkan oleh beberapa para ahli yang sesuai dengan pemikirannya, misalnya menurut Stevenson (Mutis, 1995:21) mengatakan bahwa kewirausahaan merupakan salah satu pola tingkah laku manajerial yang trepadu.

Kewirausahaan adalah upaya pemanfaatan peluang-peluang yangtersedia tanpa mengabaikan sumber daya yang dimilikinya. Seperti yang saya alami mencoba bisnis kecil-kecilan di kampus, awal mula dari bisnis saya adalah ide-ide dan percaya diri , memang awalnya masih ragu dengan ide ini dan takut ga laku atau takut gaad yang beli, tapi percaya diri itu sangat penting, karna itu modal awal dari bisnis yang akan kalian jalani. Mempelajari tentang kewirausahaan sangatlah penting karna itu dapat menumbuhkan ide-ide dan menumbuhkan rasa percaya diri kalian.

Ciri-ciri kewirausahaan adalah seseorang yang memiliki jiwa kewirausahaan, memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan orang lain. Ada sebagian tokoh menyebutkan Ciri-ciri umum kewirausahaan, seperti menurut Douglas menyebutkan beberapa ciri-ciri umum dari kewirausahaan antara lain :

* Tujuan yang berkelanjutan; seorang wirausahawan tidak hanya puas dalam pencapaian tujuan, melainkan senantiasa membuat tujuan bau untuk menantang diri mereka.
* Ketekunan ; ketabahan dalam mencapai suatu tujuan.
* Pengetahuan tentang bisnis; seorang wirausaha harus mengerti prinsip-prinsip dasar tentang bagaimana suatu bisnis dapat bertahan dan berhasil.
* Mengatasi kegagalan; kegagalan adalah jambatan-hambatan sementara terhadao pencapaian tujuan.
* Upaya diri; percaya bahwa kita mengintrol kesuksesan atau kegagalan sehingga upaya yang serius sangat dipelukan untuk mencapai tujuan.

Sedangkan menurrut Geoffrey G. Meredith mengemukakan ciri-ciri kewirausahaan antara lain:

* Percaya diri
* Berorientasi pada tugas dan hsail
* Pengambilan resiko
* Kepemimpinan
* Keorisinalan
* Berorientasi ke masa depan

Model proses kewirausahaan menurut Carol Noore (Suryana,2001:34) menyatakan bahwa proses kewirausahaan diawali dengan adanya inovasi yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, bak yang berasal dari pribadi maupun diluar pribadi seperti pendidikan, sosiologi, organisasi kebudayaan dna lingkungan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Lihat Semua Komentar (0)