Blog

Pengertian Kerangka Berpikir Menurut Para Ahli

Mempersiapkan proposal penelitian sebagai salah satu persyaratan untuk lulus dalam program studi tertentu, setiap mahasiswa sarjana atau pascasarjana perlu menulis kerangka berpikir. Kerangka berpikir ini hakekatnya dipergunakan dalam mengarahkan seluruh kegiatan penelitian.

Maka tak khayal jikalau kerangka berpikir berfungsi sebagai peta atau kemudi yang akan memandu si peneliti mewujudkan tujuan atau maksud studi dari hasil penelitian yang akan disitribusikan dalam sebuah pertangungjawaban ilmu pengetahuan.

Membuat kerangka berpikir biasanya para peneliti akan senantiasa mencakup model filosofis dan metodologis untuk membantu merancang pekerjaan mereka. Teori formal dalam menyusun kerangka pemikiran ini memberikan konteks untuk hasil dari peristiwa yang dilakukan dalam penelitian.

Sehingga prihal inilah kerangka berpikir memberikan bukti standar dan prosedur akademik. Mereka juga menawarkan penjelasan mengapa penelitian ini relevan dan bagaimana peneliti berharap untuk mengisi kesenjangan dalam literatur.

Kerangka berpikir adalah penjelasan sementara mengenai gejala yang menjadi objek atas permasalahan yang diperlukan dalam metode penelitian. Sehingga kerangka berpikir disusun berdasar kriteria utama berupa alur-alur pemikiran yang logis.

Sederhananya kerangka berpikir merupakan sintesa tentang hubungan antara variabel yang disusun dari berbagai teori yang telah dideskripsikan. Kemudian dianalisis secara kritis dan sistematis sehingga menghasilkan formula sintesis antara variabel penelitian. Sintesa hubungan variabel tersebut digunakan untuk merumuskan hipotesis penelitian.

Adapun menurut pendapat para ahli, definisi kerangka pemikiran antara lain adalah sebagai berikut;

Pengertian kerangka berpikir adalah proses yang mengatur panggung untuk penyajian pertanyaan penelitian tertentu yang mendorong investigasi dilaporkan berdasarkan pernyataan yang ada dalam rumusan masalah. Pernyataan perumusan masalah dari tesis menyajikan konteks dan masalah yang menyebabkan peneliti melakukan penelitian.

Definisi kerangka berpikir adalah seperangkat bentuk prinsip, ide, dan lainnya yang senantiasa dipergunakan saat membuat keputusan dan penilaian studi kasus yang rinci tentang sesuatu untuk menemukan fakta-fakta baru dalam penelitian.

Arti kerangka pemikiran adalah bentuk strategi konseptual yang mengaitkan antara teori dengan berbagai
faktor permasalahan yang dianggap penting untuk diselesaikan, sehingga dalam hal lebih mengacu pada tujuan penelitian tersebut dijalankan.

Pengertian kerangka pemikiran adalah gambaran yang menjelaskan secara kosentual antara teori dalam penelitian dan identifiaksi atas beragam permasalahan yang menjadi rumusan mengapa pentingnya riset tersebut dijalankan dan diselesaikan.

Arti kerangka pemikiaran adalah penjelasan atas berusaha untuk memberikan penjabaran sementara yang dibuat untuk menyusun gejala-gelaja dalam penelitian yang kemudian dijadikan objek penyelesaikan atas kriteria-kriteria yang telah dibuatkan.

Dari beragam penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kerangka berpikir adalah pemahaman peneliti tentang bagaimana variabel-variabel tertentu dalam studinya terhubung satu sama lain. Dengan demikian inilah mengidentifikasi variabel tersebut diperlukan dalam penyelidikan penelitian.

Ciri Kerangka Berpikir
Adapun bentuk kerangka berpikir yang baik hendaklah memenuhi kriteria, antara lain;

1. Teori yang digunakan dalam berargumentasi hendaknya dikuasai sepenuhnya serta mengikuti perkembangan teori yang muktahir. Hal ini bisa dilakukan dengan langkah membaca jurnal-jurnal internasional maupun nasional tentang penelitian yang keluar dalam 5 tahun terkhir.
2. Analisis filsafat dari teori-teori keilmuan yang diarahkan kepada cara berpikir keilmuan yang mendasari pengetahuan tersebut harus disebutkan secara tersurat semua asumsi, prinsip atau postulat yang mendasarinya.

Maka, itulah tadi penjelasan yang bisa kami selesaikan kepada segenap pembaca yang sedang membutuhkan materi tentang pengertian kerangka berpikir menurut para ahli dan ciri-cirinya. Semoga memberikan ulasan terkait riset yang memahamkan.