Blog

Pengertian Jenis Perbedaan Dengan Kuantitatif

LaeliTM.com – Kualitatif merupakan salah satu jenis penelitian yang mana pada metode ini lebih mengutamakan deskripsi mau pun penjelasan. Utamanya dalam proses membangun paradigma fakta sosial.

Untuk menggunakan metode penelitian ini sendiri bisa meggunakan jenis penelitian yang mengutamakan pada penekaan fenomena sosial yang dilakukan secara lebih mendalam.

Sehingga istilah analisis sering sekali digunakan ketika kita melakukan penelitian kualititatif yang selalu bersumber dari informasi lisan atau pun di dalam sebuah penelitian yang sudah dilakukan.

Dalam memahami pengertian kualitatif bagi beberapa orang bisa dibilang cukup sulit terutama jika dibandingkan dengan kuantitatif.

Berikut kami sudah siapkan pengertian kualitatif, jenis-jenis kualitatif, dan perbedaan kualitatif dengan kuantitatif.

Pengertian Kualitatif
Pengertian Kualitatif yaitu sebuah nilai yang terkandung pada sebuah benda yang mana penilaiannya dilakukan dengan berdasarkan kualitas dan mutu yang terkandung didalamnya.

Sedangkan pengertian penelitian kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan tujuan utamanya untuk memperoleh suatu wawasan topik tertentu.

Ciri-ciri Penelitian Kualitatif
Penelitian kualitatif sendiri memiliki beberapa ciri-ciri yang di antaranya adalah :

1.) Penelitian kualitatif memiliki sifat yang lebih umum namun juga fleksibel karena bisa dikembangkan dalam berbagai proses penelitian.

2.) Lebih mementingkan pemahanan dari dalam.

3.) Menggambarkan berbagai macam bentuk realistis serta sifat yang lebih kompleks.

4.) Penelitian ini berakhir dengan kesimpulan atau pun induktif.

5.) Penelitian yang dilakukan memiliki peran sebagai instrumen utama di dalam penelitian yang dilakukan.

6.) Menggunakan teknik pengumpulan data mau pun instrumen penelitian yang biasa digunakan yakni teknik observasi mau pun menggunakan teknik wawancara.

7.) Proses analisis akan digunakan sejak melakukan penelitian dari awal hingga akhir.

8.) Memiliki hubungan yang erat dengan informan yang dihadirkan pada penelitian,

9.) Sajian data yang dihasilkan berupa sebuah deskripsi yang berdasarpa pada catatan lapangan, dokumen hingga jawaban dari informan yang terlibat.

Jenis-jenis Penelitian Kualitatif
Jika dilihat memang metode penelitian kualitatif ini sendiri tentu saja memiliki perbedaan yang cukup jelas dan terlihat apabila dibandingkan dengan metode penelitian kuantitatif yang berbasis pada perhitungan angka dan statistika.

Dasar yang dimiliki oleh penelitian kualitatif adalah menggunakan dasar deskripsi. Hal ini digunakan agar mampu memberikan pemahaman mengenai suatu fenomena dengan cara yang lebih mendalam.

Metode penelitian kualitatif sendiri menggunakan landasan teori untuk dijadikan sebagai panduan guna memfokuskan penelitian.

Serta menonjolkan proses dan juga makna yang terletak di dalam fenomena tersebut.

Sesudah anda memahami pengertian kualitatif, selanjutnya akan membahas jenis-jenis penelitian kualitatif.

Berikut jenis-jenis penelitian kualitatif yang digunakan pada penelitian ilmu sosial, termasuk juga dalam ilmu komunikasi :

1.) Fenomenologi
Kata fenomenologi sebenarnya berasal dari bahasa Yunani, yang merupakan kata phainomenon dan memiliki arti sebagai penampakan diri, sementara itu logos yang berarti akal.

Sehingga dalam belajar fenomenologi yakni mengkhususkan pada penelitian fenomena serta realitas yang ada untuk kemudia dikaji dan mendapatkan penjelasan yang berada di dalamnya.

Pada Fenomenologi mempunyai dua makna: (1) sebagai filsafat sains dan (2) sebagai metode penelitian, yang bertujuan untuk mencari makna atau arti yang berasal dari pengalaman kehidupan.

2.) Studi Kasus
Sama seperti namanya yaitu metode penelitian studi kasus, meneliti suatu kasus atau fenomena tertentu secara mendalam yang digunakan untuk mempelajari keadaan, latar belakang dan keadaan.

Mau pun interaksi yang terjadi dalam masyarakat dan dileliti secara mendalam. Pada penelitian studi kasus dilakukan untuk fenomena atau kejadian yang diteliti saja.

Bukan dilakukan untuk menarik kesimpulan terhadap fenomena dari suatu populasi atau kumpulan tertentu. Dalam penelitian studi kasus bisa meneliti beberapa orang, tidak hanya satu.

Agar mendapat data yang valid penelitian studi kasus menggunakan observasi, wawancara, dan juga dokumenter yang nantinya dianalisis kedalam suatu teori.

3.) Metode Historis
Metode historis yaitu penelitian yang berfokus pada peristiwa-peristiwa lampau yang sudah berlalu dan menggunakan data sumber sejarah yang masih ada. Yang dapat diperoleh dari laporan verbal, catatan sejarah, artifak, maupun orang yang masih hidup yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Metode historis ini sendiri memiliki ciri lain yakni kajian penelitian yang banyak bergantung pada data observasi orang lain yang pertama melakukan penelitian, serta tidak hanya data observasi yang dimiliki oleh peneliti itu sendiri.

Sumber data yang digunakan harus bersifat akurat, objektif, sistematis, juga otentik yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya berasal dari sumber yang tepat.

4.) Metode Teori Dasar atau Grounded Theor
Metode teori dasar atau Ground Theor adalah sebuah penelitian untuk menemukan suatu teori atau menguatkan teori yang sudah ada dengan mengkaji kaidah dan prinsip dasar yang ada untuk dibuat kesimpulan dasar yang akan membentuk prinsip dasar dari suatu teori itu.

Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif
Perbedaan yang paling mendasar pada penelitian kualitatif dan kuantitatif adalah pada alur teori dan data. Di mana pada kualitatif bersumber pada teori yang sudah ada dan berasal dari data lapangan yang nantinya akan muncul toeori yang berasal dari data tersebut.

Sedangkan penelitian kuantitatif berasal dari teori yang sudah dibuktikan dengan menggunakan data lapangan.

Jika dilihat dari beberapa segi, penelitian kualitatif dan kuantitatif mempunyai perbedaan :

1.) Dari desain Penelitian.

2.) Dari analisis Data.

3.) Istilah Subjek Penelitian.

4.) Cara Memandang Fakta.

5.) Pengumpulan Data.

6.) Representasi Data.

7.) Implikasi Hasil Riset.

8.) Macam Metode.

9.) Tujuan Penelitian.

10.) Jenis Data.

Kata Kunci yang sering dikaitkan dengan pembahasan kita diatas antara lainnya :

* metode penelitian kuantitatif
* contoh penelitian kualitatif
* contoh penelitian kuantitatif
* contoh penelitian kualitatif dan kuantitatif
* pengertian kuantitatif
* jurnal penelitian kualitatif
* penelitian kualitatif menurut para ahli
* contoh metode penelitian kualitatif
* karakteristik penelitian kualitatif
* metode penelitian kualitatif pdf
* penelitian kuantitatif pdf
* contoh kualitatif dan kuantitatif
* metode penelitian kualitatif deskriptif
* metode penelitian kualitatif sugiyono
* penelitian kualitatif dapat dilakukan apabila
* jurnal perbedaan kualitatif dan kuantitatif
* apa itu penelitian eksperimen
* metode dan prosedur penelitian kualitatif

Demikian ulasan mengenai pengertian kualitatif yang dibahas mulai dari jenis jenis kualitatif hingga perbedaan kualitatif dengan kuantitatif semoga dapat membantu anda dan menambah ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa di metode pembelajaran berikutnya.

Artikel Lainnya: