Blog

Pengertian Investasi Fungsi Manfaat Bagi Individu Dan Perusahaan

Bisnis merupakan kegiatan ekonomi yang membutuhkan investasi. Ketika suatu perusahaan telah berkembang dan memiliki modal yang besar, maka tahap selanjutnya menginvestasikan modal tersebut ke berbagai sektor bisnis, mulai dari investasi ke perusahaan lain, investasi ke SDM, investasi di bidang teknologi, dan lainnya. Lalu, apa itu investasi? Apa pengertian investasi? Dan, apa saja bentuk-bentuk investasi itu? Untuk memahami lebih dalam, mari kita bahas satu persatu secara rinci.

Pengertian Investasi Adalah
Dikutip dari Wikipedia Indonesia, pengertian investasi adalah istilah yang digunakan untuk kegiatan yang berkaitan dengan akumulasi dalam bentuk aset sebagai harapan keuntungan.

Pengertian investasi adalah kegiatan menempatkan dana dalam periode tertentu dengan harapan bahwa penggunaan dana ini dapat menghasilkan keuntungan dan / atau meningkatkan nilai investasi.

Seseorang yang berinvestasi dikenal sebagai investor. Investasi ini juga kadang-kadang dikenal sebagai penanaman modal di perusahaan. Oleh karena itu, istilah investasi sangat erat kaitannya dengan bidang bisnis.

Istilah investasi tidak asing bagi pebisnis. Penawaran investasi selalu berkaitan dengan hal-hal keuangan dan ekonomi.

Baca Juga: Apa itu CEO? Tugas dan Peran Pentingnya Dalam Perusahaan

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli
Beberapa pakar di bidang ekonomi telah menjelaskan apa itu investasi, diantaranya:

1. Haming & Basalamah
Investasi adalah pengeluaran saat ini untuk pembelian aset riil (properti, mobil , dll.) atau juga aset keuangan dengan tujuan memperoleh pengembalian yang lebih tinggi di masa depan.

Investasi ini terkait erat dengan kegiatan ekstraksi sumber dana yang digunakan untuk akuisisi barang modal sekarang. Dengan barang modal, diharapkan untuk menghasilkan aliran produk baru di masa depan.

2. Sadono Sukirno
Definisi investasi adalah kegiatan pembelanjaan atau pengeluaran dalam penanaman modal untuk membeli barang dan peralatan produksi dengan tujuan meningkatkan kapasitas untuk memproduksi barang dan jasa yang tersedia dalam perekonomian.

3. James C Van Horne
Arti investasi adalah aktivitas menggunakan uang tunai saat ini, dengan tujuan memperoleh hasil dari aset di masa depan.

4. Mulyadi
Pengertian investasi adalah menghubungkan sumber dana jangka panjang untuk menghasilkan keuntungan di masa depan.

5. Fitz Gerald
Pengertian investasi adalah kegiatan yang berkaitan dengan upaya penarikan berbagai sumber dana yang saat ini digunakan untuk memperoleh barang modal. Barang modal ini diharapkan menghasilkan aliran produk baru di masa depan.

6. Salim HS & Budi Sutrisno
Investasi adalah kegiatan penanaman modal yang dilakukan oleh investor, baik investor lokal maupun asing di berbagai jenis bidang usaha yang terbuka untuk investasi. Tujuan investor yang berinvestasi adalah untuk mendapat untung.

7. Henry Simamora
Investasi adalah aset yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan kekayaannya dengan mendistribusikan pengembalian investasi (misalnya, pendapatan bunga, royalti, dividen, pendapatan sewa, dll.) untuk apresiasi nilai investasi atau juga manfaat lainnya bagi perusahaan yang berinvestasi melalui hubungan bisnis.

8. Sunariyah
Pengertian investasi adalah penanaman modal untuk satu atau lebih aset properti yang umumnya memiliki periode waktu yang panjang dengan harapan dapat untung di masa depan.

Baca Juga: Pengertian Wiraswasta dan Peran Wiraswasta Dalam Kegiatan Ekonomi

Tujuan Investasi Dalam Bisnis
Dari definisi investasi yang disebutkan di atas, investasi adalah kegiatan pengelolaan sumber dana yang memiliki beberapa tujuan. Tujuan investasi meliputi:

1. Memperluas Jaringan Bisnis
Selain manfaat dalam bentuk uang, investasi dapat digunakan untuk tujuan sosial, memperluas bisnis dan lain-lain.

2. Menghasilkan Pendapatan Tetap
Sebagai contoh, jika Anda berinvestasi modal di perusahaan makanan, Anda berhak atas persentase keuntungan dari pendapatan perusahaan secara teratur selama Anda berinvestasi di perusahaan. Jadi dalam hal ini, Anda akan terus menerima royalti atau manfaat dan keuntungan.

3. Mengurangi Persaingan
Investasi juga dapat mengurangi persaingan antar perusahaan di bidang dan industri yang sama.

4. Jaminan Bisnis
Jika Anda berinvestasi pada supplier (pemasok), akan ada jaminan bahwa bisnis Anda tidak akan kekurangan bahan baku dan akan terus memenangkan pasar saat menjual produk.

Bentuk Bentuk investasi
Secara umum, bentuk investasi dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Investasi Pada Aktiva Riil
Ini merupakan investasi yang dilakukan oleh seseorang pada benda yang terlihat secara fisik.. Sebagai contoh; investasi emas, properti, tanah, logam mulia dan lainnya.

2. Investasi Dalam Aktiva Keuangan (Finansial)
Ini merupakan bentuk investasi yang dilakukan dalam bentuk sekuritas. Sebagai contoh; saham, deposito dan lainnya.

Baca Juga: Cara Menganalisis Peluang Bisnis Yang Menguntungkan

Jenis-Jenis Investasi
Ada beberapa jenis investasi yang umumnya dilakukan dalam dunia bisnis, diantaranya adalah:

1. Saham (Stocks)
Investasi saham terjadi di perusahaan besar. Saham adalah bentuk lain dari aset perusahaan. Misalnya, jika Anda memiliki 50% saham di perusahaan, maka Anda bisa memiliki setengah dari total aset perusahaan. Investasi saham umumnya dilakukan dalam bentuk nilai yang mengindikasikan kepemilikan.

2. Deposito
Penanaman modal dalam bentuk setoran uang (simpanan) kepada perusahaan dengan jaminan bahwa investor akan menerima pendapatan dalam bentuk bunga (interest) dalam dari periode yang disepakati. Investasi dalam bentuk deposito diklasifikasikan ke dalam 2 jenis, yaitu deposito berjangka dan sertifikat deposito.

3. Reksa Dana
Selain saham, investasi reksadana sekarang menjadi sangat populer di kalangan pebisnis dan masyarakat. Reksadana adalah tempat untuk mengumpulkan uang secara kolektif dan dana yang terkumpul akan dikelola oleh administrator, broker, atau manajer. Keuntungan dan kerugian akan dibagi rata di antara semua investor. Sehingga reksa dana juga bisa disebut tempat pertemuan bagi investor.

4. Obligasi
Obligasi umumnya dipegang oleh perusahaan yang menyediakan layanan pinjaman modal. Pengembalian investasi obligasi lebih tinggi daripada deposito karena tingkat bunga juga lebih tinggi. Tetapi metode ini lebih berisiko karena jika peminjam modal mengalami kebangkrutan, ada kemungkinan bahwa utang tidak akan dibayar.

5. Properti
Jenis investasi ini termasuk investasi non-riil karena tidak dalam bentuk uang tetapi dalam bentuk bangunan seperti rumah, bangunan atau apartemen. Bentuk investasi ini bisa dibilang paling menguntungkan karena harga penjualan properti jarang turun atau bahkan naik.

6. Emas
Investasi juga bisa dalam bentuk investasi emas. Seperti halnya properti, investasi emas cenderung lebih menguntungkan daripada bentuk investasi lainnya. Emas yang biasa menjadi komoditi investasi adalah emas batangan. Selain menguntungkan, investasi emas termasuk investasi yang likuiditasnya lebih cepat.

Manfaat Berinvestasi Dalam Bisnis
Mengacu dari tujuan investasi yang disebutkan di atas, banyak pengusaha melakukan investasi dengan tujuan utama menghasilkan keuntungan dan mengembangkan bisnis. Berdasarkan dari pengertian investasi yang berarti sebagai bentuk penanaman modal, maka investasi bisnis bermanfaat untuk, antara lain:

1. Peningkatan Aset
Contohnya adalah ketika seseorang membeli tanah atau properti sebagai investasi, kemudian menjualnya di masa depan dengan nilai yang berkali-kali dari harga saat membelinya.

2. Memenuhi Kebutuhan Untuk Masa Depan
Berinvestasi hari ini dimaksudkan untuk digunakan sebagai dukungan untuk kebutuhan hidup di masa depan. Contohnya adalah berinvestasi dalam emas, di mana tujuannya adalah untuk dijual di masa depan sebagai dana pendidikan anak-anak.

3. Gaya Hidup Menghemat
Dengan berinvestasi, seseorang akan mencoba mengalokasikan uang hanya untuk hal-hal penting. Pada akhirnya, ini akan membuat orang tersebut lebih efisien.

4. Menghindari Dari Hutang Piutang
Masih berkaitan dengan gaya hidup, dengan berinvestasi maka seseorang akan mengelola keuangannya dengan baik, dan tentu saja seseorang akan terhindar dari masalah hutang. Mereka yang telah membuat komitmen untuk berinvestasi secara teratur akan menghindari masalah piutang dagang. Dan akhirnya akan meningkatkan keuangan.

Baca Juga: Pengertian Pasar Dalam Sistem Ekonomi

Kesimpulan
Dalam penjelasan pengertian investasi di atas telah dipaparkan dengan jelas fungsi dan manfaat investasi baik bagi individu dan bagi perusahaan. Berkecimpung didunia investasi memiliki tantangan dan resikonya tersendiri. Maka oleh itu, kita harus mampu mengelola resiko yang mungkin akan dihadapi.