Blog

Pengertian Internet Singkatan Kepanjangan Dampaknya

Home » Pengertian Internet dan Dampaknya

Internet adalah?☑️ Berikut singkatan, kepanjangan dan pengertian Internet menurut para ahli dilengkapi dampak positif dan negatifnya☑️

Dizaman yang serba digital ini, kebutuhan akan jaringan internet seakan menjadi kebutuhan primer. Bagaimana tidak, hampir setiap aktifitas manusia di seluruh penjuru dunia membutuhkan akses internet dalam rutinitas sehari hari.

Bukan hanya kebutuhan komunikasi saja, internet kini juga menjadi gaya hidup masyarakat untuk bersosial media, berbisnis, hingga aktifitas gaming. Lalu apa sebenarnya kepanjangan dan pengertian internet itu sendiri? Berikut paparan lengkapnya.

Apa itu Internet?

Kata Internet adalah singkatan dari Inter Conennection Network atau international network. Secara umum, pengertian internet adalah sistem jaringan komputer global yang menghubungkan satu dengan lainnya melalui standar Internet Protocol Suite (TCP / IP) untuk sarana komunikasi data miliaran pengguna di seluruh dunia.

Sedangkan jika secara etimologi kata internet berasal dari bahasa latin yaitu ‘inter’ yang memiliki arti antara. Sehingga internet merupakan jaringan yang terdiri atas milyaran komputer di seluruh bagian dunia.

Penemu internet pertama kali adalah ‘Leonard Kleinrock’ tepatnya pada tanggal 29 oktober 1961 melalui penemuan besarnya yaitu jaringan Internet. Leonard Kleinrock merupakan seorang ilmuwan yang berasal dari Amerika Serikat.

Istilah lain dari internet adalah ‘NET’ yang merupakan singkatan dari kata Network. Menurut sejarah yang ada, pada tahun 1849 kata internetted pertama kali dikenalkan tanpa menggunakan kapitalisasi sebagai kata sifat yang memiliki arti saling terjalin atau saling berkaitan.

Lalu jika jaringan internet sendiri apa? Jadi, Pengertian jaringan internet adalah jaringan yang menghubungkan jutaan komputer dari seluruh belahan dunia, tanpa ada batas wilayah atau Negara.

Seseorang yang mempunyai komputer bisa tergabung dengan jaringan internet dengan melakukan koneksi ke internet service provider atau penyedia layanan internet. ISP contohnya seperti indosatNet, Telkom Speddy, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, jaringan internet juga merupakan konsep jaringan yang begitu sangat luas dan dapat dipakai secara internasional. Internet juga melibatkan beragam jenis komputer dan topologi jaringan yang berbeda – beda.

Untuk mengatur, mengintegrasi dan juga mengkomunikasikan jaringan, menggunakan standard protocol internet TCP/IP. TCP mempunyai tugas mentransmisikan paket data dari satu komputer ke komputer yang lainnya.

Berikut ini terdapat beberapa pengertian internet menurut para ahli yang dapat membantu dalam memahami internet secara jelas dan mendalam yaitu :

1. Pengertian internet menurut Onno W. Purbo

Internet adalah sebuah edia yang dipakai untuk efisiensi proses komunikasi yang disambung dengan beragamaplikasi contohnya Web, VoIP, dan E-mail

1. Pengertian internet menurut Allan

Internet adalah kumpulan dari beberpa jaringan komputer yang terhubung menjadi satu denga fisik dan memiliki kemampua membaca dan menguraikan beragam protocol komuniskasi tertentu yang biasa kita kenal denga Internet protocol dan transmission control protocol.