Blog

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Internet adalah sebuah jaringan komputer global, yang terdiri dari jutaan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan protocol yang sama untuk berbagi secara bersama informasi. Jadi internet merupakan kumpulan atau penggabungan jaringan secara fisik komputer lokal atau LAN menjadi jaringan komputer global atau WAN. Jaringan-jaringan tersebut saling berhubungan atau berkomunikasi satu sama lain dengan berbasiskan protokol TCP atau IP. TCP atau IP memiliki protocol utama yang digunakan yaitu IP (Internet Protocol) dan TCP (Transmission Control Protocol) atau UDP (User Datagram Protocol), sehingga setiap pengguna pada setiap jaringan dapat mengakses semua layanan yang disediakan oleh setiap jaringan. Dengan menggunakan protocol tersebut arsitektur jaringan komputer yang berbeda akan dapat saling mengenali dan bisa berkomunikasi. (Rudianto, 2011).

Internet merupakan singkatan dari interconnected network karena fungsinya yang menghubungkan jaringan dari jaringan-jaringan komputer yang ada di dunia. Dari satu fungsi itu, internet semakin berkembang dan memiliki banyak manfaat bagi perkembangan dunia. Secara definitif, internet adalah sebuah sistem jaringan yang menghubungkan berbagai komputer dari berbagai belahan dunia untuk saling terhubung dan bertukar data serta bertukar informasi. Dalam prakteknya, sebuah komputer untuk saling terhubung dengan komputer lainnya membutuhkan bantuan dari sebuah program kecil bernama browser.

Dalam perkembangannya, internet menjadi sebuah jaringan (network) komputer terbesar di dunia. (Jaringan merupakan istilah yang berarti sekelompok komputer yang dihubungkan bersama sehingga dapat berbagi-pakai informasi dan sumber daya). Sesuai dengan namanya, internet bukan jaringan tunggal tetapi lebih merupakan jaringan dari jaringan. Internet mengandung sejumlah standar untuk melewatkan informasi dari satu jaringan ke jaringan lainnya, sehingga jaringanjaringan di seluruh dunia dapat berkomunikasi.

Pengertian internet secara umum (menurut bahasa) adalah kumpulan dari jaringan komputer yang terhubung dan bekerja sebagai suatu sistem. Sedangkan pengertian Internet secara khusus adalah suatu jaringan komputer terbesar di dunia karena menghubungkan seluruh jaringan komputer yang ada di dunia ini. Sedangkan Jaringan adalah cara untuk menghubungkan beberapa komputer sehingga setiap komputer yang ada di dalamnya bisa saling berhubungan dan berbagi sumber daya.

1. Internet tidak membatasi diri untuk setiap definisi tertentu. Namun secara umum internet dapat didefinisikan sebagai kabel atau nirkabel yang saling berkomunikasi yang bertujuan untuk mengirimkan informasi”. (Engineers Garage).
2. Menurut Lani Sidharta (1996), internet adalah interkoneksi antar jaringan komputer namun secara umum internet harus dipandang sebagai sumber daya informasi. Sedangkan menurut Strauss, El-Ansary, Frost (2003) menerangka n internet adalah seluruh jaringan yang saling terhubung satu sama lain. Beberapa komputer-komputer dalam jaringan ini menyimpan file, seperti halaman web yang dapat diakses oleh seluruh jaringan komputer.
3. Menurut Mcleod (2001, p54), internet memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tapi juga mencakup para pelanggan.
4. Agus Raharjo mendefinisikan internet sebagai jaringan komputer antar negara atau antar benua yang berbasis protokol transmission control protocol (TCP/IP) (Agus Raharjo, 2002: 59).
5. Menurut strauss, El-Ansary, Frost (2003, p8) Internet adalah seluruh jaringan yang saling terhubung satu sama lain. Beberapa komputer- komputer dalam jaringan ini menyimpan file, seperti halaman web, yang dapat diakses oleh seluruh jaringan komputer.
6. Menurut Chaffey, et all (2003, p12), internet adalah sebuah jaringan fisik yang menghubungkan komputer – komputer di seluruh dunia. Internet terdiri dari jaringan infrastruktur server dan hubungan komunikasi jangkauan yang luas yang digunakan untuk menyimpan dan mengirim informasi.
7. Internet merupakan sekumpulan jaringan yang menghubungkan situs akademik, pemerintah, komersial, organisasi maupun perorangan. Dalam definisi ini tampak bahwa internet mencakup juga terhadap jaringan yang biasa disebut juga dengan LAN (local area network) dan WAN (wide area network) (Abdul Wahib dan Mohamad Labib, 2005:31).
8. Internet yang telah didefinisikan oleh The US Supreme Court sebagai “International network of interconnected computers” artinya jaringan internasional dari komputer yang saling berhubungan (Abdul Wahib dan Mohamad Labib, 2005:31).
9. Menurut Dimuksa, dkk (2013:08) “internet dapat diterjemahkan Interconnection Networking yang berarti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio, link, dan lain-lain”.
10. Menurut Sibero (2013:10) mendefinisikan bahwa “internet (interconnected network) adalah jaringan komputer yang menghubungkan antar jaringan secara global, internet juga dapat disebut jaringan dalam suatu jaringan yang luas”.
11. Menurut Risnandar (2013:11) menyatakan bahwa “internet adalah kumpulan paling akhir dan paling besar dari jaringan di seluruh dunia”.

Kesimpulan :

1. Internet merupakan sekumpulan jaringan dari berbagai jaringan yang menghubungkan antara situs yang satu dengan situs yang lain melalui berbagai perangkat elektronik yang memenuhi kualifikasi tertentu. Dalam hubungan antara jaringan ini internet digunakan sebagai media komunikasi, perdagangan, sosial, pendidikan, dan lain sebagainya tanpa batas-batas negara atau wilayah.
2. Internet adalah jaringan fisik yang mampu berkomunikasi secara global dengan komputer – komputer lain di seluruh dunia.
3. Internet merupakan suatu jaringan komputer yang terbentuk dari rangkaian komputer yang terhubung menjadi beberapa rangkaian jaringan secara global.
4. Internet adalah Interconnection Networking yang berarti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia dengan melalui jalur telekomunikasi dan sekelompok atau kumpulan dari jutaan komputer untuk mendapatkan informasi dalam satu jaringan yang luas.

Internet telah menghadirkan realitas kehidupan baru kepada umat manusia. Internet telah mengubah jarak dan waktu menjadi tidak terbatas dengan medium internet orang dapat melakukan berbagai aktifitas yang dalam dunia nyata (real) sulit dilakukan, karena terpisah oleh jarak, menjadi lebih mudah. Suatu realitas yang berjarak berkilo-kilo meter dari tempat kita berada, dengan medium internet dapat dihadirkan di depan kita. Kita dapat melakukan transaksi bisnis, berbincang, belanja, belajar, dan berbagai aktivitas lain layaknya dalam kehidupan nyata. Seiring dengan populernya Internet sebagai ”the network of the network”, masyarakat pengguna (internet global community) seakan-akan mendapati suatu dunia baru yang dinamakan cyber space.

Pembahasan lainnya :

Sistem Informasi