Blog

Pengertian Internet Menurut Para Ahli Secara Umum Serta Fungsi Internet

Pengertian Internet, Pengertian internet menurut para ahli, pengertian internet secara umumAnnsehat.com – Pengertian Internet – Setiap individu dari kita pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya internet. Bahkan dapat dikatakan semua yang kita butuhkan semuanya ada di internet.Internet merupakan penemuan yang besar dan sangat penting yang berhasil ilmuwan temukan demi kemajuan zaman. Internet sering sekali digunakan baik itu di Indonesia maupun masyarakat Internasional.

Namun siapa sangka, internet selain hanya untuk menghabiskan uang dengan penggunaan paket, internet juga bisa menghasilkan uang bagi mereka yang mau belajar dan mengetahui bagaimana cara mendapatkan uang melalui internet.

Pada artikel ini kami akan menjelaskan pengertian internet dan beberapa hal yang berkaitan dengan internet. Agar tidak salah paham yuk kita simak artikel ini sampai selesai.

Internet merupakan suatu jaringan komunikasi yang bisa menghubungkan antara satu media elektronik dengan media elektronik yang lainnya. Standar teknologi pendukung yang digunakan secara global ialah Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite atau yang biasa disingkat dengan istilah TCP/IP.

TCP/IP merupakan protokol pertukaran paket yang dalam istilah asingnya disebut dengan istilah Switching Communication Protocol yang dapat digunakan untuk miliaran atau lebih pengguna yang ada di dunia. Sementara itu, istilah yang biasa kita dengar yaitu internetworking berarti cara atauprosesnya dalam menghubungkan beberapa rangkaian internet beserta dengan penerapan aturannya yang sudah disebutkan sebelumnya.

Atau dalam arti lain juga disebutkan bahwa internet ialah suatu sistem global yang terdiri dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung antara satu dengan lainnya.

Kata internet ternyata berasal dari bahasa latin yaitu “inter” yang mempunyai arti “antara”. Internet merupakan suatu jaringan yang terdiri atas milyaran komputer yang ada di seluruh penjuru dunia. Internet melibatkan berbagai macam jenis komputer dan topologi jaringan yang berbeda.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Pengertian Internet – Selain pengertian secara umum dan istilah, beberapa hali juga menyampaikan pendapatnya mengenai pengertian internet. Berikut ini merupakan beberapa pengertian internet menurut beberapa ahli.

Menurut pendapat Purbo dalam Prihatna, tahun 2005. Yang dimaksud dengan Internet pada dasarnya ialah suatu media yang digunakan untuk mengefesiensikan dan mengefektifkan proses komunikasi yang sebelumnya disambungkan lewat berbagai aplikasi semacam Web, VoIP, E-mail, dan lain sebagainya.

Menurut pendapat Oetomo pada tahun 2002, beliau berpendapat bahwa internet ialah singkatan dari international network, yang bisa didefinisikan juga sebagai sebuah jaringan komputer dengan skala yang sangat besar, dimana jaringan komputer tersebut terdiri atas beberapa jaringan-jaringan kecil yang saling terhubung antara satu dengan yang lain.

Sedangkan menurut Supriyanto pada tahun 2006, yang diartikan sebagai Internet adalah suatu hubungan antara berbagai macam jenis komputer dan juga denganjaringan- jaringan yang ada di dunia yang mempunyai sistem operasi serta juga aplikasi yang berbeda-beda, dimana hubungan tersebut memaksimalkan kemajuan perangkat komunikasi yang ada semacam telepon dan satelit yang menggunakan protokol standar dalam melaksanakan hubungan komunikasi, yakni protokol TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol).

Menurut Harjono pada tahun dua ribu sembilan, yang dimaksud dengan internet yaitu kumpulan dari beberapa macam komputer, yang bahkan bisa mencapai miliaran komputer yang ada di seluruh dunia dan saling berhubungan serta saling terkoneksi antara satu dengan yang lainnya.

Agar antar komputer tersebut bisa saling terkoneksi satu dengan yang lain, maka dibutuhkan media yang bisa digunakan untuk saling menghubungkan antar komputer tersebut. Media yang dipakai itu bisa menggunakan kabel atau serat optik, satelit atau bisa juga lewat sambungan telepon.

Kemudia pendapat yang disampaikan oleh Ramdhani (2003), yang disebut dengan internet adalah suatu istilah yang digunakan untuk sekumpulan jaringan komputer yang dapat menghubungkan berbagai situs pemerintahan, akademik, organisasi, komersial, atau hingga perorangan.

Sedangkan menurut pendapat Sibero (2011), yang diartikan sebagai Internet atau juga yang merupakan singkatan dari Inter connected Network adalah suatu jaringan komputer yang menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya secara global.

Menurut Heywood (1996), yang dimaksud dengan internet adalah istilah teknologi yang timbul awal mulanya pada akhir tahun 60 an yakni pada ketika United States Department of Defense (DoD) membutuhkan suatu standar baru dalam mejalankan komunikasi Internetworking.

Standar baru ini haruslah mencapi standar yang dapat menghubungkan berbagai macam jenis komputer di DoD tersebut dengan komputer milik kontraktor, organisasi penelitian, militer atau juga kontraktor yang ilmiah seperti di universitas.

Jaringan tersebut harus kuat, aman serta tahan terhadap kerusakan sehingga bisa juga dioperasikan dalam kondisi minimum akibat dari bencana maupun perang.

Secara sederhana, fungsi dari internet ialah sebagai berikut.

Sebagai media untuk komunikasi

Sebagai salah satu media untuk akses informasi

Sebagai media untuk berbagi sumber daya atau data

Dapat menyiarkan serta mengakses secara langsung amupun tidak langsung baik itu berita atau bertukar data dengan internet online ke seluruh penjuru dunia.

Manfaat Penggunaan Internet

Pengertian Internet – Setiap kita pasti pernah menggunakan internet, dan apabila kalian belum megetahui manfaat dari internet. Berikut ini merupakan penjelasan dari manfaat penggunaan internet.

Dengan adanya perkembangan internet, membuat hubungan komunikasi antar individu menjadi lebih mudah dan lebih cepat baik itu komunikasi di dalam negeri maupun di luar negeri dan dengan biaya yang relatif lebih murah murah.

Internet Sebagai Wahana Liburan

Internet juga dapat dijadikan sarana untukmengisi waktu kosong anda dan bisa menghibur anda dengan berbagai macam media sosial seperti twitter, facebook, musik dan bermain game.

Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Dengan adanya internet kita akan dapat berbagai wawasan dan iolmu pengetahuan dari seluruh dunia. Manfaat ini juga sangat memudahkan para pelajar dalam mencari informasi mengenai mata pelajarannya.

Mudahnya Belanja di Internet

Internet juga dapat di manfaatkan untuk belanja atau yang dikenal dengan belanja online. Belanja online memberikan kita kemudahan dan efisien dimana setiap orang yang berbelanja tidak perlu untuk keluar dan pergi ke tempat tujuan dalam mencari barang atau benda apapun.

Sekarang ini, banyak sekali dari para kalangan yang sudah mengetahui manfaat dari internet yang satu ini yaitu bisnis. Banyak sekali orang yang berbisnis online dengan keuntungannya yang bukan main banyaknya.

Tempat Mencari Lowongan Kerja

Dari banyaknya perusahaan yang memakai internet, menjadikan informasi lowongan pekerjaan menjadi lebih mudah untuk diterbitkan dan diketahui oleh orang yang sedang mencari lowongan pekerjaan yang kebanyakan dari mereka didapatkan di situs-situs penyedia informasi lowongan pekerjaan.

Demikian beberapa penjabaran kami mengenai pengertian internet dan beberapa hal yang berkaitan dengan internet. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.