Blog

Pengertian Internet Menurut Ahli

Banyak orang menggunakannya, tapi tahukah kamu apa pengertian internet? Di jaman modern seperti saat ini, internet banyak menjadi perbincangan di berbagai tempat. Hampir setiap hari, sebagian orang terhubung olehnya, mulai dari kalangan anak-anak hingga lansia, orang-orang desa hingga kota. Pengaruhnya sudah sangat luas hingga ke pelosok negeri. Berbagai aspek kehidupan sudah dijangkau dengan mudah.

Pengertian internet menurut para ahli sangat beragam. Untuk memudahkan memahami pengertian yang dimaksud, berikut ini akan dirangkum berbagai pengertiannya supaya semakin memahamkan para pembaca.

Suatu kumpulan jaringan komputer dengan skala global, dimana tak ada seorang pun yang dapat bertanggung jawab menjalankan sendirian. Dengan demikian proses menjalankannya membutuhkan bantuan orang lain. Kumpulan jaringan tersebut bisa terhubung dari satu negara ke negara lain meskipun jaraknya beribu kilometer.

Internet merupakan suatu jaringan komputer yang menghubungkan komputer secara global. Untuk lebih lanjut, diberi penjelasan pula bahwa jaringan tersebut merupakan jaringan alam, artinya jaringan yang terbentuk sangat luas. Luas area ini hingga melintasi penjuru dunia dari barat ke timur dan selatan ke utara. Bahkan melintasi semua benua di dunia.

Menurut Lani Sidharta, internet adalah suatu interkoneksi dari jaringan komputer yang dapat memberikan layanan informasi dengan sangat lengkap. Lani juga menjelaskan bahwa bentuk ini merupakan rekan virtual atau maya yang ampuh digunakan dalam hiburan, media bisnis hingga politik. Berbagai segi dalam kehidupan tercakup dalam rekanan via dunia maya ini.

Berners Lee menuturkan bahwa internet merupakan suatu jaringan yang terdiri atas beberapa jaringan. Dengan demikian, suatu jaringan komputer bisa terhubung ke dalam jaringan lain. Jaringan komputer yang dimaksud adalah jaringan komputer lokal. Meskipun lokal, tetapi ia bisa menyambung ke jaringan lain yang letaknya berjauhan dari komputer tersebut.

Onno W. Purbo menyebutkan bahwa pengertian yang dimaksud adalah suatu media untuk mengefisiensikan proses komunikasi yang terhubung dengan aplikasi tertentu, misalnya e-mail, web dan lain sebagainya. Bahkan saat ini media sebagai sarana komunikasi antara satu orang dengan orang lainnya semakin berkembang pesat. Dimungkinkan hal ini akan terus meningkat.

O’Brien mendefinisikan apa itu internet ke dalam bahasa yang lebih mudah dipahami. Pengertiannya adalah jaringan komputer yang mengalami perkembangan pesat serta bermanfaat untuk berbagai macam kepentingan. Kepentingan tersebut meliputi pendidikan, bisnis, pemerintahan, budaya serta kepentingan lain sehingga terkait satu dengan yang lainnya.

Menurut Ned Snell, internet bisa dijelaskan sebagai suatu koridor untuk beragam jenis sumber daya yang melekat padanya dan setiap sumber daya dapat diakses melalui sarana yang berbeda-beda. Sekarang orang akan mudah mendefinisikan sarana yang dimaksud, yaitu meliputi ponsel, komputer, tablet, dan piranti lain yang dikembangkan oleh dunia industri.

Harjono menyebutkan bahwa pengertiannya adalah kumpulan dari beberapa komputer yang saling terhubung dan terkoneksi satu dengan yang lainnya. Komputer ini mencapai lebih dari jutaan komputer di seluruh dunia. Diperlukan adanya media untuk bisa menghubungkan semua komputer tersebut. Media tersebut meliputi satelit, optik, sambungan telepon hingga kabel.

Menurut Drew Heywood, internet merupakan istilah teknologi yang kemunculannya terjadi pada tahun 1960an akhir, ketika Department of Defence (DoD) di Amerika Serikat membutuhkan standar baru untuk berkomunikasi secara internetworking. Standar tersebut harus berupa standar penghubung berbagai komputer DoD dengan komputer lain di luar DoD.

Pengertian menurut Ramdhani adalah sebuah sebutan bagi sekumpulan jaringan komputer yang terhubung pada beragam situs pemerintah, akademik, komersial, perorangan hingga organisasi. Dengan begitu berbagai situs bisa saling terkait satu sama lain.

Menurut Supriyanto, pengertiannya adalah suatu hubungan antar beragam jenis komputer dan jaringan di seluruh dunia dengan aplikasi dan sistem operasi yang berbeda-beda. Hubungan itu memanfaatkan kemajuan teknologi dari alat komunikasi seperti satelit dan telepon dengan menggunakan protokol standar dalam hubungan komunikasi yaitu protocol TCP/IP.

Setelah mengetahu berbagai pengertian internet menurut ahli, kamu patut mempertimbangkan untuk membaja artikel mengenai sejarah internet. Pasalnya melalui artikel tersebut kamu akan mendapatkan wawasan terkait perkembangan internet dari masa ke masa.