Blog

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli

Pengertian inovasi penting untuk diketahui. Dalam kehidupan sehari-hari, Anda tentu kerap mendengar kata inovasi. Inovasi dalam organisasi pertama kali diperkenalkan oleh Schumpeter di tahun 1934.

Pengertian inovasi menurut para ahli
Everett M. Rogers

Inovasi ialah sebuah ide, gagasan, objek, dan praktik yang dilandasi dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau pun kelompok tertentu untuk diaplikasikan atau pun diadopsi.

Stephen Robbins

Inovasi ialah sebagai sebuah gagasan baru yang diterapkan untuk memprakarsai atau memperbarui suatu produk atau proses dan jasa.

Kuniyoshi Urabe

Inovasi bukan merupakan suatu kegiatan satu kali pukul(one time phenomenon), melainkan sebuah proses yang panjang dan kumulatif yang meliputi banyak proses pengambilan dalam keputusan di dan oleh organisasi dari mulai pada penemuan gagasan sampai implementasinya di pasar.

baca juga: pengertian inovasi dan ciri-cirinya

Van de Ven, Andrew H
Inovasi ialah pengembangan dan implementasi gagasan-gagasan baru oleh orang dalam jangka waktu tertentu.

Yang dilakukan dengan berbagai aktivitas transaksi di dalam tatanan organisasi tertentu.

De Jong

perilaku individu yang bertujuan untuk mencapai tahap pengenalan atau berusaha mengenalkan ide-ide, proses, produk yang baru dan berguna di dalam pekerjaan, kelompok atau organisasi.

Sa’ud (2014)
Inovasi ialah pilihan kreatif, pengaturan dan seperangkat manusia dan sumber-sumber material baru atau menggunakan cara unik yang akan menghasilkan peningkatan pencapaian tujuan-tujuan yang diharapkan.

Nurdin (2016)
Sesuatu yang baru yaitu dengan memperkenalkan dan melakukan praktik atau proses baru (barang atau layanan) atau bisa juga dengan mengadopsi pola baru yang berasal dari organisasi lain.

Makmur dan Thahier (2015)

inovasi berasal dari Bahasa Inggris innovation yang berarti perubahan sehingga inovasi dapat didefinisikan sebagai suatu proses kegiatan manusia dalam menemukan sesuatu yang baru yang berkaitan dengan input, proses, dan output, serta dapat memberi manfaat dalam kehidupan manusia.

Drucker (2012)

Alat spesifik bagi perusahaan dimana dengan inovasi dapat memanfaatkan perubahan yang terjadi sebagai kesempatan untuk menjalankan suatu bisnis yang berbeda.