Blog

Pengertian Hukum Bisnis Menurut Para Ahli

Dalam menjalankan bisnis, kita dikelilingi berbagai aturan yang dapat dijadikan pedoman saat melakukan kegiatan yang berhubungan dengan bisnis. Aturan-aturan tersebut sering kali disebut dengan istilah hukum bisnis. Sesuai dengan uraian di atas, pada bidang lainnya seperti hukum bisnis, juga terdapat beragam pengertian hukum bisnis menurut para ahli. Beginilah beberapa pengertian hukum bisnis menurut para ahli;

Menurut AbdulSaliman

Menurut Abdul R. Saliman dkk, Hukum Bisnis atauBusiness Law/Bestuur Rechtsmerupakan keseluruhan dari peraturan-peraturan hukum, baik yang tertulis maupun tidak tertulis, yang mengatur hak dan kewajiban yang muncul dari perjanjian-perjanjian maupun suatu perikatan-perikatan yang terjadi dalam praktek bisnis.

Menurut MunirFuady

Munir Fuady mengatakan bahwa Hukum Bisnis merupakan suatu perangkat atau kaidah hukum termasuk upaya penegakannya yang mengatur mengenai tata cara pelaksanaan urusan atau aktivitas dagang, industri, atau keuangan yang dihubungkan dengan produksi atau pertukaran barang atau jasa dengan menempatkan uang dari paraenterpeneurdalam risiko tertentu dengan usaha tertentu dengan motif untuk mendapatkan keuntungan.

Menurut Dr. Johannes ibrahim

Menurut Dr. Johannes Ibrahim, SH, M.Hum menyatakan hukum bisnis merupakan seperangkat kaidah hukum yang diadakan untuk mengatur serta menyelesaikan berbagai persoalan yang muncul dalam kegiatan antar manusia, khususnya dalam bidang perdagangan.

Tujuan hukum bisnis

Tujuan Hukum bisnis ialah untuk mengatur dan melindungi bisnis dari berbagai risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari. Berikutini adalah beberapa tujuan dari hukum bisnis ;

1. Mewujudkan bisnis yang aman dan adil untuk semua pelaku bisnis.
2. Menjamin berfungsinya keamanan mekanisme pasar secara efisien dan lancar.
3. Melindungi berbagai suatu jenis usaha, terkhusus untuk jenis Usaha Kecil Menengah.
4. Membantu memperbaiki sistem keuangan dan perbankan.
5. Memberikan perlindungan terhadap suatu pelaku ekonomi atau pelaku bisnis.

Begitulah pengertian hukum bisnis menurut para ahli dan tujuan hukum bisnis. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca kurang lebih nya mohon dimaafkan.