Blog

Pengertian HTML Menurut Para Ahli

Hyper Text Markup Language (HTML) HTML adalah kependekan dari Hyper Text Markup Language, yang artinya tata cara penulisan yang digunakan dalam dokumen web. Dokumen HTML adalah sebuah dokumen teks murni yang dapt dibuat dengan editor web seperti Notpad. Dokumen ini akan dieksekusi oleh sebuah browser (missal : Internet Explorer, mozzila firefox, opera mini) sehingga browser mampu menghasilkan suatu dokumen yang sesuai dengan keinginan seorang designer atau programer web (Andi Setiawan, 2004:21). Dokumen ini mempunyai kemampuan gambar, suara, teks, maupun penyelidikan link terhadap web yang lainnya.

Untuk dokumen yang disimpan dengan menggunakan format HTML, maka pada tiap dokumen yang disimpan harus ditambahkan sebuah akhiran .htm atau .html (dibaca : dot htm atau dot html). Karena pada dasarnya setiap dokumen html akan dapat dieksekusi pada sebuah browser seperti Interner Explorer yang didalamnya dapat mengenali extention .htm atau .html. Berikut ini adalah pengertian html menurut para ahli..

1. Sidik dan Pohan (2007:9), HTML kependekan dari Hyper Text Markup Language. Dokumen HTML adalah file teks murni yang dapat dibuat dengan editor teks sembarang.
2. Menurut Prasetio (2010:4) mengemukakan bahwa HTML merupakan “bahasa pemrograman yang digunakan untuk mendesain sebuah halaman web”.
3. Menurut Oktavian (2010:13) “HTML adalah suatu bahasa yang dikenali oleh web browser untuk menampilkan informasi dengan menarik dibandingkan dengan tulisan teks biasa (plain text)”.
4. Menurut Arief (2011:23) “HTML atau Hyper Text Markup Language merupakan salah satu format yang digunakan dalam pembuatan dokumen dan aplikasi yang berjalan di halaman web”.
5. HTML adalah bahasa markup untuk menyebarkan informasi pada web (Simarmata, 2010:52).
6. Menurut Ardhana (2012a:42) “HTML merupakan suatu bahasa yang dikenal oleh web browser untuk menampilkan informasi seperti teks, gambar, suara, animasi bahkan video”.
7. Menurut Sibero (2013:19) “Hypertext Markup Language HTML adalah bahasa yang digunakan pada dokumen web sebagai bahasa untuk pertukaran dokumen web”.
8. Wahana Komputer (2014:2), HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Languange. HTML merupakan bahasa (kode) yang digunakan untuk membuat halaman web.”
9. Abdulloh (2015:2), “HTML singkatan dari hypertext markup language, yaitu tag-tag untuk membuat dan mengatur struktur website”.
10. Bekti (2015:35), “HTML adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mendesain sebuah halam web”.
11. Elek media komputindo (2016:2), “HTML adalah singkatan dari hypertext markup language bahasa pemrograman ini terdiri dari tag dan aturan-aturan yang memungkinkan anda membuat dokumen hypertext.
12. Menurut Bekti (2015:82) “HTML merupakan bahasa pemograman yang bebas yang tidak dimiliki oleh siapapun, pengembangan dilakukan oleh banyak orang di berbagai Negara dan biasanya dikatakan sebagai sebuah bahasa yang dikembangkan bersama-sama secara global”.
13. Hypertext markup language (HTML) merupakan bahasa pemrograman dasar untuk mengelola website. Akan tetapi, HTML hanya terbatas pada pembuatan website statis (website yang tidak dapat berinteraksi aktif dengan user). Maka dari itu, HTML biasa dikombinasikan dengan bahasa pemrograman web lainnya (Wardana, 2016:3).
14. Menurut Solichin (2016:10) mengemukakan bahwa “HTML merupakan bahasa pemrograman web yang memberitahukan peramban web (web browser) bagaimana menyusun dan menyajikan konten di halaman web”.
15. Menurut (Endra & Aprilita, 2018), HTML atau Hypertext Markup Languange merupakan salah satu bahasa yang biasa digunakan oleh pengguna dalam membuat tampilan yang digunakan oleh web application.
16. Hypertext markup language (HTML) merupakan bahasa dasar pembuatan web. HTML menggunakan tanda (mark), untuk menandai bagian-bagian dari text. HTML disebut sebagai bahasa dasar, karena dalam membuat web, jika hanya menggunakan HTML maka tampilan web terasa hambar (Rerung, 2018:18).

Berdasarkan penjelasan diatas dapat dismpilkan bahwa, HyperText Markup Language (HTML) adalah bahasa yang digunakan dalam pembuatan dokumen atau aplikasi untuk menampilkan berbagai informasi dalam sebuah web browser. Hyptertext markup language (HTML) merupakan bahasa pemrograman yang dikenal oleh browser untuk menampilkan informasi lebih menarik di halaman web melalui web browser.

HTML (Hypertext Markup Language) ialah bahasa pemograman yang digunakan untuk menyusun atau mengatur tampilan konten dari halaman web pada saat ingin berpindah ke web lain.

Pembahasan lainnya :

# tag

pengertian html dan contohnya pengertian html adalah pengertian html dan fungsinya pengertian html secara umum pengertian html menurut para ahli

Sistem Informasi