Blog

Pengertian Guru Menurut Para Ahli Definisi Peran Dan Tugas Sebagai Guru

Pengertian Guru, Pengertian Guru Menurut para ahli, definisi guruAnnsehat.com – Pengertian Guru – Dalam dunia pendidikan kita tidak bisa pisahkan dengan seorang guru. Guru menjadi pilar penting dalam dunia pendidikan. Gurulah yang menjadi pembimbing dan pembina peserta didik dalam pendidikan baik itu formal maupun non formal.Dalam hal ini, guru bukan hanya mengajarkan pendidikan formal, akan tteapi guru jugalah yang mengajarkan pendidikan lainnya dan seorang guru bisa menjadi sosok yang diteladani dan di tiru perilaku dan sifatnya oleh para muridnya.

Dari penjelasan di atas, maka kita bisa mengambil kesimpulan bahwa peran guru sangatlah penting dalam upaya menciptakan generasi penerus yang mempunyai kualitas, baik itu secara intelektual maupun akhlaknya.

Apabila diartikan guru ialah seorang tenaga pendidik yang sangat profesional untuk mendidik dan mengajarkan suatu ilmu, membimbing atau melatih guna memberikan penilaian, serta melakukan evaluasi terhadap peserta didik.

Dalam arti lain guru juga diartikan sebagai seseorang yang sudah mengabdikan dirinya guna memberikan suatu ilmu, mengarahkan, mendidik dan melatih muridnya agar dapat memahami suatu ilmu pengetahuan yang diajarkan oleh guru tersebut.

Sedangkan menurut UU No. 14 Tahun 2005, pengertian guru ialah tenaga pendidik profesional yang mempunyai tugas utama untuk menjadi pendidik, pengajar, pembimbing, dan juga sebagai yang mengarahkan, melatih, dan menilai serta mengevaluasi peserta didik terhadap pendidikan anak usia dini dengan melalui jalur formal pendidikan dasar maupun pendidikan menengah.

Berikut ini akan kami jabarkan beberapa pengertian guru dan beberapa hal yang berkaitan dengan pengertian guru.

Pengertian Guru Menurut Para Ahli

Selain beberpa apengertian yang sudah kami jelaskan diatas, berikut ini akan kami jabarkan beberapa pengertian guru menurut para ahli.

Menurut Dri Atmaka, pengertian guru ialah orang yang mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pelayanan kepada peserta diidk dalam pengembangan baik secara fisik maupun spiritual.

Sedangkan menurut Ngalim Purwanto, pengertian dari guru menurut Ngalim Purwanto ialah orang yang sudah pernah memberikan suatu ilmu pengetahuan atau kepandaian kepada seseorang atau kepada sekelompok orang.

Kemudian pendapat yang dijabarkan oleh Mulyasa, menurutnya guru ialah seseorang yang mempunyai kualifikasi akademik dan juga kompetensi sebagai agen dalam pembelajaran,guru juga harus sehat jasmani maupun rohani, serta seorang guru harus mampu mewujudkan suatu tujuan pendidikan nasional.

Drs. M. Uzer Usman menjelaskan guru ialah semua orang yang mempunyai wewenang dan juga bertugas dalam dunia pendidikan dan dunia pengajaran pada suatu lembaga pendidikan formal.

Pada tahun 2008 Husnul Khotimah menyampaikan pendapatnya mengenai pengertian guru, menurutnya guru ialah orang yang memberikan fasilitas terhadap proses pemindahan ilmu pengetahuan dari sumber belajar yaitu seorang guru kepada peserta didik yang diajarnya.

Menurut beberapa pengertian diatas, dapat kita simpulkan bahwasanya pengertian guru ialah pengelola dari kegiatan proses belajar mengajar yang memiliki tugas untuk memberikan pengarahan atas kegiatan belajar mengajar peserta didik, agar peserta didik bisa mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut.

Guru merupakan elemen yang sangat penting dalam keseluruhan sistem pendidikan, maka dari itu kualitas yang dimiliki guru haruslah diperhatikan secara baik dan dipertimbangkan dengan matang-matang

Peran Guru Dalam Dunia Pendidikan

Seperti yang sudah kita bahas tadi, guru mempunyai peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Berikut ini merupakan peran guru dalam dunia pendidikan.

Sebagai pengajar, maksudnya ialah guru sebagai orang yang mengajarkan suatu ilmu pengetahuan kepada para peserta didiknya.

Sebagai pendidik, maksudnya ialah guru sebagai orang yang memberikan pendidikan kepada muridnya agar murid tersebut memiliki tingkah laku yang sesuai dan tidak melenceng dari norma-norma yang berlaku di lingkungan masyarakat.

Sebagai pembimbing, guru juga berperan sebagai orang yang mengarahkan para muridnya agar mereka tetap berada pada koridor yang tepat sesuai dengan tujuan pendidikan.

Sebagai motivator, seorang guru menjadi orang yang dapat memberikan motivasi dan juga semangat kepada para muridnya dalam hal belajar.

Sebagai teladan, yaitu sebagai orang yang memberikan contoh dan suri teladan yang baik kepada anak muridnya.

Sebagai administrator, yaitu sebagai orang yang mencatat perkembangan yang ada pada muridnya.

Sebagai evaluator, yaitu orang yang menyelenggarakan evaluasi terhadap upaya belajar yang dijalankan peserta anak didiknya.

Sebagai inspirator, yaitu guru sebagai orang yang menginspirasi belajar kepada muridnya sehingga anak tersebut memiliki suatu tujuan untuk masa depan.

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Guru

Pengertian Guru – Sebagai tenaga pengajar, seorang guru mempunyai tugas dan tanggung jawab terhadap peserta didiknya.

Seorang guru memiliki tanggung jawab untuk memberikan suatu ilmu pengetahuan kepada para anak muridnya. Dalam hal ini maksudnya ialah, yang menjadi fokus utama dalam kegiatan mengajar yaitu dalam hal intelektual sehingga nantinya para murid akan mengetahui tentang materi dari suatu disiplin ilmu tersebut.

Mendidik murid merupakan hal yang sangat berbeda dengan memberikan suatu ilmu pengetahuan. Dalam hal ini, kegiatan mendidik tersebut ialah bertujuan guna mengubah tingkah laku murid agar menjadi lebih baik.

Upaya mendidik murid ini merupakan hal yang sedikit lebih sulit untuk dilaksanakan dibandingkan dengan mengajarkan suatu ilmu pengetahuan.

Atau dalam arti lain, seorang guru harus bisa menjadi suri teladan yang baik yang dapat dicontohkan bagi murid-muridnya sehingga para murid tersebut dapat memiliki karakter yang positif sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku di lingkungan masyarakat.

Seorang guru juga diamanahi tugas agar bisa melatih para muridnya untuk mempunyai skill terutama menjadi seorang yang terampil dan kecakapan dasar. Jika di sekolah-sekolah umum para guru melatih muridnya mengenai keterampilan dan kecakapan dasar, maka berbeda di sekolah-sekolah kejuruan, para guru mengajarkan keterampilan dan juga kecakapan lanjutan.

Membimbing dan Mengarahkan

Para peserta didik bisa saja mengalami kebingungan dan keraguan dalam proses belajar mengajar. Nah disinilah seorang guru bertanggung jawab untuk membimbing, membina dan mengarahkan anak didiknya tersebut agar tetap berada pada jalur yang seharusnya, dalam hal ini yaitu sesuai dengan tujuan pendidikan.

Memberikan Dorongan Pada Murid

Selain itu, tugas seorang guru juga yaitu membantu peserta didiknya dengan cara memberikan dorongan kepada para muridnya agar mereka mau berusaha keras untuk lebih maju. Bentuk dorongan yang diberikan olhe seorang guru kepada muridnya inilah yang bisa membangkitkan smeangat belajar si anak dengan berbagai cara, misalkan saja dengan memberikan si anak hadiah.

Demikian teman-teman beberapa ulasan kami mengenai pengertian guru dan penjabaran berkaitan dengan hal pengertian guru tersebut. Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai habis, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa unutk terus membaca artikel kami yaa.