Blog

Pengertian Fungsi Jenis Peranan Karakteristik

√ Hotel : Pengertian, Fungsi, Jenis, Peranan, Karakteristik dan Fasilitas Terlengkap – Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Hotel.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Hotel? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Hotel : Pengertian, Fungsi, Jenis, Peranan, Karakteristik dan Fasilitas Terlengkap

Pengertian Hotel
Hotel merupakan salah satu bentuk bangunan, lambang, perusahaan atau badan usaha akomodasi yang menyediakan pelayanan jasa penginapan, penyedia makanan dan minuman serta fasilitas jasa lainnya dimana semua pelayanan itu diperuntukkan bagi masyarakat umum, baik mereka yang bermalam di hotel tersebut ataupun mereka yang hanya menggunakan fasilitas tertentu yang dimiliki hotel itu.

Karakteristik Hotel
* Hotel merupakan suatu industri yang padat modal serta padat karya. Yang artinya untuk mengelola hotel memerlukan modal usaha yang besar dengan memerlukan tenaga pekerja yang banyak.
* Industri hotel juga dipengaruhi oleh keadaan dan perubahan yang terjadi pada sektor ekonomi, politik, sosial, budaya dan keamanan dimana hotel tersebut berada.
* Hotel menghasilkan dan memasarkan produknya bersamaan dengan tempat dimana jasa pelayanannya dihasilkan.
* Hotel beroperasi 24 jam penuh tanpa adanya hari libur dalam melayani jasa terhadap pelanggan dan masyarakat.
* Hotel memberikan pelayanan kepada pelanggan seperti raja, selain itu mengganggap pelanggan sebagai partner dalam usaha karena jasa pelayanan hotel sangat bergantung pada banyaknya pelanggan yang menggunakan fasilitas hotel tersebut.

Fasilitas Hotel
* Ruang pertemuan atau rapat, yang bisa juga digunakan untuk tempat seminar bagi para tamu.
* Jasa laundry, apabila tamu ingin memakai jasa agar pakaiannya selalu rapi dan siap pakai.
* Tempat berolahraga, fasilitas ini menjadi tempat favorit bagi pengunjung yang sangat suka berolahraga
* Ruang santai, tempat ini adalah ruang untuk para tamu ingin melepaskan rasa penatnya, karena disini terdapat berbagai macam hiburan seperti karoke, bilyard dll.
* Ruang bermain, jika tamu mempunyai anak kecil dan membutuhkan taman bermain.

Fungsi Hotel
* Sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan tamu (wisatawan atau pelancong).
* Sebagai tempat tinggal sementara selama jauh dari tempat asalnya.
* Sebagai tempat menginap atau istirahat bagi para tamu.
* Sebagai tujuan konferensi, seminar, lokakarya, musyawarah nasional dan kegiatan lainnya semacam itu yang tentunya menyediakan sarana serta prasarana yang lengkap.

Peranan Hotel
* Meningkatkan industri rakyat
* Menciptakan lapangan kerja
* Membantu usaha pendidikan dan latihan
* Meningkatkan pendapatan daerah dan negara
* Meningkatkan devisa negara
* Meningkatkan hubungan antar bangsa

Jenis – Jenis Hotel
1. Jenis Hotel Berdasarkan Lokasi

* Resort Hotel ialah salah satu tempat menginap yang berlokasi di daerah pegunungan atau di tepi danau, ditepi aliran, di tepi pantai, tepi sungai. Hotel ini dipergunakan untuk keluarga yang mau beristirahat pada hari-hari libur atau bagi mereka yang ingin berrekreasi.
* Hotel Residen yaitu suatu hotel yang terletak pada daerah pinggiran kota-kota besar yang jauh dari keramaian kota, tetapi mudah untuk mencapai lokasi kegiatan usaha. Biasanya residen hotel berlokasi di daerah yang tenang, karena dipergunakan untuk masyarakat yang ingin tinggal dalam jangka waktu lama. Hotel residen terdapat fasilitas yang lengkap untuk seluruh anggota keluarga.
* City Hotel yakni sebuah hotel yang terletak di perkotaan, yang biasanya City hotel ini dipergunakan masyarakat untuk menginap dalam jangka waktu pendek. City hotel sering disebut juga sebagai transit hotel karena biasanya city hotel ditempati oleh para pembisnis yang memanfaatkan pelayanan bisnis dan fasilitas yang telah disediakan oleh hotel itu.
* Motel (Motor Hotel) ini biasanya berada dipinggir jalan atau sepanjang jalan raya yang menghubungkan satu kota dengan kota besar lainnya atau berada di pinggiran jalan yang dekat pintu gerbang atau perbatasan kota-kota besar. Motel biasanya dipergunakan untuk tempat istirahat sementara bagi masyarakat yang melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan kendaraan umum atau mobil sendiri.

2. Jenis Hotel Berdasarkan Jumlah Kamar

* Small Hotel – Jumlah kamar yang tersedia maksimal sebanyak 28 kamar.
* Medium Hotel – Jumlah kamar yang sudah sediakan antara kamar.
* Large Hotel – Jumlah kamar yang telah sediakan sebanyak lebih dari 300 kamar.

3. Jenis Hotel Berdasarkan Bintang

* Hotel Bintang 1 – Jumlah minimum kamar standar 15, kamar mandi di dalam dan luas minimum kamar standar 20 m2.
* Hotel Bintang 2 – Jumlah minimum kamar standar 20, jumlah minimum kamar suite 1, kamar mandi di dalam, luas minimum kamar standar 22 m2 dan luas minimum kamar suite 44 m2.
* Hotel Bintang 3 – Jumlah minimum kamar standar 30, jumlah minimum kamar suite 2, kamar mandi di dalam, luas minimum kamar standar 24 m2 dan luas minimum kamar suite 48 m2.
* Hotel Bintang 4 – Jumlah minimum kamar standar 100, jumlah minimum kamar suite 4, kamar mandi di dalam, luas minimum kamar standar 26 m2 dan luas minimum kamar suite 52 m2.

4. Jenis Hotel Berdasarkan Kelas

* Hotel Bintang
* Hotel Melati
* Wisma
* Guest House

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Hotel : Pengertian, Fungsi, Jenis, Peranan, Karakteristik dan Fasilitas Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

Baca Juga Artikel :