Blog

Pengertian Fungsi Jenis Contoh

Home » Pengertian Media Pembelajaran, Fungsi dan Contohnya

Media Pembelajaran Adalah?☑️ Berikut pengertian, fungsi, jenis, tujuan, manfaat & contoh macam macam media pembelajaran verbal / daring☑️

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai media pembelajaran baik dari pengertian media pembelajar secara umum dan menurut para ahli hingga contoh media pembelajaran yang tepat dan benar untuk media belajar di era milenial ini.

Karena apabila mencari apa itu media pembelajaran, akan banyak literature yang berbeda beda penjelasannya. Untuk memudahkan anda dalam mempelajarinya, berikut coba kami paparkan detail ulasannya.

Kata media asalnya dari bahasa latin dan adalah bentuk jamak dari kata medium, yang artinya perantara atau pengantar. Media merupakan perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima.

Jika menurut KBBI, media bisa diartikan menjadi perantara, penghubung, alat komunikasi seperti Koran, majalah, radio, telivisi, film, poster, dan spanduk yang letaknya diantara dua pihak.

Jadi pengertian media pembelajaran adalah perangkat yang digunakan untuk menyampaikan informasi, pesan maupun materi dalam proses belajar mengajar yang bertujuan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan keterampilan para pelajar baik secara verbal maupun daring. Contoh media pembelajaran seperti ruang kelas, laboratorium, papan tulis, aplikasi daring, serta konferensi audio dan video.

Media pembelajaran juga bisa diartikan menjadi sarana atau perantara yang dipakai di dalam proses interaksi secara langsung antar guru dan murid.

Media pembelajaran dapat menunjang terjadinya proses belajar mengajar dengan tujuan untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan memantapkan apa yang sedang dipelajari dan membantu untuk meraih tujuan pembelajaran yang memiliki kualitas.

Media pembelajaran merupakan bagian yang tidak bisa dipisahakan dari kegiatan pembelajaran di sekolah. Pemanfaatan media pembelajaran juga termasuk usahan kreatif dan sistematis untuk menciptkan pengalaman yang bisa membantu proses belajar siswa.

Hal ini karena media memiliki peran menjadi alat perangsang belajar dan bisa menumbuhkan motivasi belajar yang menjadikan murid tidak cepat bosan di dalam mengikuti proses belajar mengajar.