Blog

Pengertian Definisi Seni Menurut Para Ahli

Pengertian Seni
Seni dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) memiliki tiga arti yaitu :

1. Pertama. Keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusanya, keindahanya dan sebagainya).
2. Kedua. Karya yang diciptakan dengan keahlian yang luar biasa seperti tari, lukisan, ukiran, dan sebagainya.
3. Ketiga. Kesangupan akal untuk menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi (luar biasa).

Sedangkan dalam buku Ensiklopedi Nasional Indonesia, pengertian seni adalah berasal dari kata latin ars yang artinya keahlian mengekpresikan ide-ide dan pemikiran estetika, termasuk mewujudkan kemampuan serta imajinasi penciptaan benda, suasana atau karya yang mampu menimbulkan rasa indah.11 Seni pada mulanya adalah proses dari manusia dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreativitas manusia. Seni juga dapat diartikan dengan sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan.

Seperti halnya dalam buku Ilmu Budaya Dasar karya Hartono, mengartikan seni merupakan karya manusia yang memiliki nilai-nilai tertentu. Nilai itu antara lain nilai indrawi, nilai bentuk, nilai pengetahuan, dan nilai ide, temu, dan dalil-dalil keadilan. Nilai-nilai tersebut terwujud dalam bentuk lahir yang dapat dinikmati oleh indra manusia (mata atau telinga), sehingga dapat memuaskan hati pendengar atau penglihatnya.

Pengertian Definisi Seni Menurut Para Ahli :
1. Pengertian seni menurut Quraish Shihab, M.A. dalam bukunya Wawasan Al-Qur’an mengemukakan bahwa seni adalah keindahan. Ia merupakan ekspresi ruh dan budaya manusia yang mengandung dan mengungkapkan keindahan. Ia lahir dari sisi terdalam manusia didorong oleh kecenderungan seniman kepada yang indah, apapun jenis keindahan itu. Dorongan tersebut merupakan naluri manusia, atau fitrah yang dianugerahkan Allah SWT kepada hambahambanya.
2. Pengertian seni menurut Yusuf Al-Qardhawi, seni adalah merasakan dan mengungkapkan keindahan.
3. Pengertian seni menurut Plato dan Rousseau adalah hasil peniruan alam dengan segala seginya.
4. Pengertian seni menurut Aristoteles mengungkapkan bahwa seni adalah harus dinilai sebagai suatu tiruan, yakni tiruan dunia alamiah dan dunia manusia. Berbeda dengan Plato, Aristoteles tidak memaksudkanya sekedar “tiruan belaka” menurutnya seni harus memiliki keunggulan “falsafi” yakni bersifat dan bernada “universal”.
5. Pengertian seni menurut Schopenhauer adalah, segala usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. Menurut tiap orang senang dengan seni musik meskipun seni musik adalah seni yang paling abstrak.
6. Pengertian seni Leo Tolstoy adalah ungkapan perasaan pencipta yanng disampaikan kepada orang lain agar mereka dapat merasakan apa yang dirasakan pelukis.
7. Pengertian seni Thomas Munro adalah alat buatan manusia untuk menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lain yang melihatnya.
8. Pengertian seni Brade adalah pemanfaatan budi dan akal untuk menghasilkan karya yang membahagiakan jiwa spiritual manusia.
9. Pengertian seni Lager seni adalah kegiatan untuk menciptakan sesuatu yang dapat dipahami oleh perasaan manusia bentuknya berupa lukisan patung, arsitektur, musik, tari, film dan lain-lain.

Berdasarkan pandangan pengertian seni di atas bahwa seni bisa diartikan sesuai dengan pendapat The Liang Gie, sebagai mana yang dikutip Surajiyo, menurutnya ada lima jawaban mengenai pengertian seni yaitu :

1. Seni Sebagai Kemahiran (Skill)
Pengertian seni sebagai kemahiran seseorang adalah berasal (etimologi) kata art dari kata latin ars yang artinya menyambung atau menggabungkan. Untuk pengertian kemahiran, bahasa Yunani Kuno memakai kata techne yang kini menjadi tehnik. Jadi, kata secara etimologi art bisa diartikan suatu kemahiran dalam membuat barangbarang atau mengerjakan sesuatu. William Flemming berpendapat, seni dalam artinya yang paling besar adalah suatu kemahiran atau kemampuan. Batasan ini memang benar untuk kata asalnya dalam bahasa latin ars (kemahiran) maupun kata padanannya dalam bahasa Jerman Kunst. Pengertian seni sebagai kemahiran ini pada umumnya dilawankan dengan ilmu (science). . Seni Sebagai Kegiatan Manusia (Human Activity)
Yakni menciptakan karya seni apa pun. Pengertian seni sebagai suatu kegiatan manusia yang menciptakan suatu benda (indah atau menyenagkan) dilawankan dengan craft (kerajinan). Menurut Kahler, ciri-ciri yang membedakan antara art dan craft adalah kegunaan praktis. . Seni Sebagai Karya Seni
Karya seni adalah produk dari kegiatan manusia. Ini sesuai dengan pendapat John Hospers, yang menyatakan seni dalam artian yang seluas-luasnya, seni meliputi setiap benda yang dibuat oleh manusia untuk dilawankan dengan benda-benda alamiah. . Seni Sebagai Seni Indah (Fine Art) Pengertian ini dipakai oleh ahli estetis Yervant Krikorian. Seni indah dinyatakan sebagi seni yang terutama bertalian dengan pembuatan benda-benda dengan kepentingan estetis sebagaimana berbeda dari seni berguna atau terapan yang maksudnya untuk kefaedahan. Seni indah ini mencakup seni lukis, pahat, arsitektur, tari, musik, kesusastraan, teater, filem, dan lain-lain.
5. Seni Sebagai Penglihatan (Visual Art)
Eugene Johnson berpendapat bahwa, seni sebagaimana paling umum digunakan dewasa ini, seni berarti seni-seni penglihatan, yaitu bidang kreativitas seni yang bermaksud mengadakan tata hubungan pertamatama melalui mata. Herbert Read berpandapat, kata seni yang paling lazim dihubungkan dengan seni-seni yang bercorak penglihatan atau plastis.

Human Sahman yang mengutip dari Dennis Husman dalam bukunya ”Esthethica” menyatakan bahwa, berbicara seni dapat dilakukan secara Filosofis, Psikologi, dan sosiologi. Yang pertama berasaskan pada perangai dasar, tolok ukur dan nilai seni (yaitu karya seni). Yang kedua adalah mengambil sasaran aktivitas menghayati dan menciptakan serta telaah seni, yang ketiga menyoroti masalah yang berkaitan publik, peran sosial seni, dan lingkungan sekitar.

Seni atau kesenian bagaimanapun adanya sangatlah menarik untuk diperhatikan dan diteliti. Sebagai makhluk yang sempurna manusia diberi naluri dan perasaan yang halus sehingga dapat merasakan keindahan, melihat, meraba, atau mendengar sesuatu yang selaras dan simetris, di sinilah letak pentingnya seni atau kesenian, karena seni langsung berhubungan dengan perasaan manusia.

Seni terdiri dari komponen eksistensial dan komponen esensial. Eksistensi seni terdiri dari empat lapis eksistensialitas. Lapisan terbawah adalah keberadaanya sebagai benda benda seni berupa sosok material di mama seni mewujud. Di atasnya pada lapis kedua keberadaan seni mewujud sebagai proses karya penciptaan benda seni. Di atasnya lagi adalah keberadaanya dalam pikiran berupa pandangan dan gagasan yang mengarahkan proses penciptaan seni. Pada lapis teratas adalah keberadaan seni sebagai nilai-nilai dan tujuan estetik28 yang mendasari wawasan seni dan mendorong proses terciptanya karya seni.

# tag

Pengertian definisi seni menurut para ahli. Berikiut beberapa pengertian seni menurut para ahli seni secara umum memiliki arti singkat tentang seni adalah… definisi seni menurut para ahli definisi seni secara umum memiliki arti pengertian karya seni adalah pengertian singkat tentang seni adalah pengertian dari kata seni adalah pengertian seni sebagai karya seni adalah pengertian kreativitas dalam seni adalah pengertian sejarah sebagai seni adalahstrategi promosi perpustakaan

Uncategorized