Blog

Pengertian Database Menurut Para Ahli

Basis data merupakan kumpulan berbagai informasi yang disimpan di komputer dan disusun secara sistematis sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari database tersebut. Sistem informasi memerlukan basis datasebagai media penyimpanan data. Dalam sebuah institusi atau perusahaan, kehadiran basis data memberi kemudahan dalam setiap kinerjanya. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah basis data disebut sistem manajemen basis data. Berikut beberapa pengertian database menurut para ahli.

1. Menurut Stephens dan Plew (2000), database adalah mekanisme yang digunakan untuk menyimpan informasi atau data. Informasi adalah sesuatu yang kita gunakan sehari-hari untuk berbagai alasan.
2. Basis Data ( Database) Menurut Fathansyah (2004:2), Basis data dapat didefinisikan sebagai himpunan kelompok data (arsip) yang saling berhubungan yang diorganisasikan sedemikian rupa agar kelak dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat dan tepat.
3. Menurut Martin dalam Sutarbi (2005: 161) database adalah suatu kumpulan data terhubung (Interrelated data) yang disimpan secara bersama-sama pada suatu media, tanpa mengatap satu sama lain atau tidak perlu suatu kerankapan data (controlled redundancy) dengan cara tertentu sehingga mudah digunakan atau ditampilkan kembali; dapat digunakan oleh satu atau lebih program aplikasi secara optimal; data disimpan tanpa mengalami ketergantungan pada program yang akan menggunakannya; data disimpan sedemikian rupa sehingga penambahan, pengambilan, dan modifikasi dapat dilakukan dengan mudah dan terkontrol.
4. Menurut Inmon (2005: 493), database adalah sekumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan (biasanya dengan redudansi yang terkontrol dan terbatas) berdasarkan skema. Sebuah database dapat melayani single atau multiple applications.
5. Menurut Janner (2007), Basis Data adalah koleksi data yang bisa mencari secara menyeluruh dan secara sistematis memelihara dan me-retrieve informasi.
6. Menurut Al Fatta (2007:10) database yaitu kumpulan data dan informasi yang diorganisasikan sedemikian rupa sehingga mudah diakses pengguna sistem informasi.
7. Kristanto (2008:79), basis data adalah kumpulan data, yang dapat digambarkan sebagai aktifitas dari satu atau lebih organisasi yang berelasi.”
8. Menurut Junindar (2008:19) ”Database (basis data) merupakan kumpulan data yang saling berhubungan satu dengan lainnya yang tersimpan di perangkat keras komputer dan diperlukan suatu perangkat lunak unttuk memanipulasi basis data tersebut”.
9. Menurut Martono, (2009:32), “Database adalah sebagai kumpulan data dari penempatan tenaga kerja yang saling terkait dan mempengaruhi sesuai dengan tingkat kepentingannya sehingga data tersebut terintegrasi dan independence”.
10. Menurut Gottschalk dan Saether dalam jurnal (2010: 41), database adalah sekumpulan data yang terorganisir untuk mendukung banyak aplikasi secara efisien dengan memusatkan data dan mengontrol data redundant.
11. Menurut Anhar (2010:45), “Database adalah sekumpulan tabel-tabel yang berisi data dan merupakan kumpulan dari field atau kolom. Struktur file yang menyusun sebuah database adalah Data Record dan Field”.
12. Pengertian Database menurut Connolly dan Begg (2010:65)
Basis data adalah sebuah kumpulan data yang secara logis terkait dan dirancang untuk memenuhi suatu kebutuhan informasi dari sebuah organisasi. . Menurut Kustiyaningsih (2011:146), “Database adalah Struktur penyimpanan data. Untuk menambah, mengakses dan memperoses data yang disimpan dalam sebuah database komputer, diperlukan sistem manajemen database seperti MYSQL Server”.
14. Menurut Ladjmudin (2013:21), “Database merupakan kumpulan file yang saling terintegrasi, namun database tidak akan dapat diakses oleh siapapun tanpa adanya software aplikasi”.
15. Menurut Sutanta (2011:35) database (basis data) merupakan sekumpulan dari bermacam-macam tipe record yang memiliki hubungan antar record dan rincian data terhadap objek tertentu.
16. Menurut Ladjamudin (2013:129) mengemukakan bahwa “database adalah sekumpulan data store (bisa dalam jumlah yang sangat besar) yang tersimpan dalam magnetic disk, optical disk, magnetic drum atau media penyimpanan sekunder lainnya”.
17. Sukamto dan Shalahuddin (2014:43), basis data adalah media untuk menyimpan data agar dapat diakses dengan mudah dan cepat.
18. Menurut Rosa dan Shalahuddin (2014:43) “Sistem Basis Data adalah sistem terkomputerisasi yang tujuan utamanya adalah memelihara data yang sudah diolah atau informasi dan membuat informasi tersedia saat dibutuhkan”.
19. Pengertian Database menurut Indrajani (2015:70) Basis data adalah kumpulan data yang saling berhubungan secara logis dan didesain untuk mendapatkan data yang dibutuhkan oleh suatu organisasi.
20. Hidayatullah dkk (2015:147), “Database himpunan kelompok data yang saling berhubungan yang diorganisasikan sedemikian rupa sehingga dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat dan mudah”.
21. Menurut Anhar (2016:19), “Database (basis data) dapat diartikan sebagai suatu pengorganisasian data dengan bantuan komputer, yang memungkinkan dapat diakses dengan mudah dan cepat”.
22. Menurut Faridi, dkk dalam Jurnal CERITA (2016:192), mendefinisikan bahwa “Database adalah sebuah struktur yang umumnya dikategorikan dalam 2 hal: sebuah database flat dan sebuah database relasional. Database relasional lebih disukai karena lebih masuk akal dibandingkan database flat”.
23. Pengertian Database menurut Gordon C. Everes Database adalah koleksi atau kumpulan data yang mekanis,terbagi/shared,terdefinisi secaraFormal dan dikontrol terpusat padaorganisasi.
24. Pengertian Database menurut C.J. Date Database adalah koleksi “data operasional” yang tersimpan dan dipakai oleh sistem aplikasi dari suatu organisasi.
25. Pengertian Database menurut Toni Fabbri Database adalah sebuah sistem file-file yang terintegrasi yang mempunyai minimal primary key untuk pengulangan data.
26. Pengertian Database menurut S. Attre
Database adalah koleksi data-data yang saling berhubungan mengenai suatu organisasi /enterprise dengan macam-macam pemakaiannya.

Dari definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa basis data (database) adalah kumpulan data yang saling berhubungan dari satu atau lebih organisasi.

Pengertian Database Secara Umum
Basis data (databese) adalah kumpulan informasi yang disimpan didalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputeruntuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untukmengelola dan memanggil kueri (query) basis data tersebut disebut sistem manajemen basisdata (Database Management System).

Terdapat beberapa aturan yang harus dipatuhi pada file basis data agar dapat memenuhikriteria sebagai suatu basis data, yaitu:

1. Kerangkapan data, yaitu munculnya data-data yang sama secara berulang-ulang pada file basis data.

2. Inkonsistensi data, yaitu munculnya data yang tidak konsisten pada field yang sama untuk beberapa file dengan kunci yang sama.

3. Data terisolasi, disebabkan oleh pemakaian beberapa file basis data. Program aplikasi tidak dapat mengakses file tertentu dalam sistem basis data tersebut, kecuali program aplikasi dirubah atau ditambah sehingga seolah-olah ada file yang terpisah atau terisolasi terhadap file yang lain.

4. Keamanan data, berhubungan dengan masalah keamanan data dalam sistem basis data. Pada prinsipnya file basis data hanya boleh digunakan oleh pemakai tertentu yang mempunya wewenang untuk mengakses.

5. Integrasi data, berhubungan dengan unjuk kerja sistem agar dapat melakukan kendali atau kontrol pada semua bagian sistem sehingga sistem selalu beroperasi dalam pengendalian penuh.

Ciri-ciri Database adalah:
1. Sistem yang dapat menyimpan data ke dalam floppy disk atau harddisk
2. Sistem yang menganut pengolahan data untuk ditambah, diubah, atau dihapus dengan mudah dan terkontrol.
3. Data terpisah dari program

Sifat-sifat Database :
1. Internal: Kesatuan (integritas) dari file-file yang terlibat.
2. Terbagi/share: Elemen-elemen database dapat dibagikan pada para user baik secarasendiri-sendiri maupun secara serentak dan pada waktu yang sama (Concurrent sharing).

Konsep Sistem Basis Data
Definisi sistem basis data menurut Kusrini dalam bukunya yang berjudul Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data mengatakan bahwa: Sistem basis data merupakan perpaduan antara basis data dan sistem manajemen basis data (SMBD). (2006:11).

Komponen sistem basis data meliputi :

1. Perangkat Keras (Hardware)
2. Perangkat Lunak (Software)
3. Basis Data (Database)
4. Database Management System (DBMS)
5. Pemakai (User)
6. Aplikasi Lain

Menurut Abdul Kadir (2010:3) database merupakan suatu wadah untuk mengelola data. Sehingga Sistem database adalah sistem yang digunakan untuk menghubungkan antar data dapat ditujukan dengan adanya field atau kolom kunci dari setiap tabel atau file yang ada. Menurut Kusrini (2007:5) dalam bukunya Strategi Perancangan dan Pengolahan Basis Data menjelaskan bahwa database mempunyai banyak manfaat. Kita dapat memperoleh manfaat/kelebihan basis data (database) diantaranya adalah :

1. Kecepatan dan kemudahan (speed)
2. Kebersamaan pemakai (sharability)
3. Pemusatan kontrol data
4. Efisiensi ruang penyimpanan (space)
5. Keakuratan (Accuracy)
6. Ketersediaan (Availability)
7. Kelengkapan (Completeness)
8. Keamanan (Security)
9. Kemudahan dalam pembuatan program aplikasi baru
10. Pemakaian secara langsung
11. Kebebasan data (data independence)
12. User view

Untuk lebih jelas lagi menurut Fathansyah (2004:10) dalam sebuah sistem basis data secara lengkap terdapat komponen-komponen utama antara lain :

1. Perangkat keras (hardware)
Perangkat keras yang biasanya terdapat dalam sebuah sistem basis data adalah komputer, memori sekunder yang on-line (harddisk), memori sekunder yang off-line (tape atau removable disk) untuk keperluan backup data dan media atau perangkat komunikasi (untuk sistem jaringan). . Sistem operasi (operating system)
Sistem operasi merupakan program yang mengaktifkan/memfungsikan sistem komputer, mengendalikan seluruh sumber daya (resource) dalam komputer dan melakukan operasi-operasi dasar dalam komputer. . Basis data (database)
Sebuah sistem basis data dapat memiliki beberapa basis data. Di samping berisi atau menyimpan data, setiap basis data juga mengandung atau menyimpan definisi struktur (baik untuk basis data maupun objek-objeknya secara detail). . Sistem pengelola basis data (Database Management System/DBMS)
Perangkat lunak adalah yang disebut DBMS yang akan menentukan bagaimana data diorganisasi, disimpan, diubah dan diambil kembali. . Pemakai (user)
Pemakai (user) adalah orang yag menjalankan atau mengelola basis data untuk melaksanakan pekerjaannya seperti menginput data, menghapus data dan memanipulasi data. . Aplikasi (perangkat lunak) lain (bersifat opsional)
Aplikasi (perangkat lunak) lain ini bersifat opsional. Artinya, ada atau tidaknya tergantung pada kebutuhan.

Pembahasan lainnya :

by Maket Creator

Sistem Informasi