Blog

Pengertian Administrasi Secara Umum

Kata administrasi berasal dari kata bahasa Belanda “administratie” yang artinya segala kegiatan yang meliputi tulis menulis, ketik mengetik, komputerisasi, surat menyurat (korespondensi), kearsipan, agenda, dan pekerjaan pekerjaan tata usaha kantor lainnya.

Sedangkan dalam bahasa Yunani “Ad ministrate”, dimana “Ad” artinya “Pada” dan “ministrate” artinya “melayani” Karena sebab diatas maka pengertian administrasi selanjutnya dapat dibedakan menjadi dua:

1.Administrasi dalam arti sempit

·Menurut Handayaningrat (1998)
Administrasi secara sempit berasal dari kata Administratie yaitu meliputi kegiatan catat mencatat, surat- menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda dan sebagainya yang bersifat teknik ketatausahaan.

·Menurut Atmosudirdjo (1980)
Dalam pengertian sempit, administrasi dimaksudkan ditinjau dari lingkup kerja yang sempit yaitu hanya berkisar pada kegiatan tata usaha kantor (office Work) seperti tulis menulis, pengetikan surat menyurat (termaksud menggunakan Komputer), agenda, kearsipan, pembukuan dan lain sebagainya.

Dengan demikian jelas bahwa administrasi dalam arti sempit adalah administrasi yang berasal dari bahasa Belanda “administratie”yakni kegiatan yang berhubungan dengan ketatausahaan kantor yang meliputi tulis menulis dan pekerjaan kertas(clerical work)lainnya.

2. Administrasi dalam arti Luas
·Menurut The Liang Gie (1980), administrasi secara luas adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam suatu kerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.

·Siagian (1994), mendefinisikan administrasi sebagai suatu proses kerja sama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Menurutnya ada beberapa hal yang terkandung dalam definisi tersebut.

·Pertama, Administrasi sebagai seni adalah suatu proses yang diketahui hanya permulaannya sedang akhirnya tidak ada

·Kedua, administrasi mempunyai mempunyai beberapa unsur antara lain sekelompok manusia, tujuan yang hendak dicapai, tugas tugas yang harus dilaksanakan, peralatan dan perlengkapan

·Ketiga, administrasi sebagai proses kerja sama bukan merupakan hal yang baru karena ia telah muncul bersama sama dengan munculnya peradaban manusia. Dengan demikian, administrasi dalam arti luas pada dasarnya menyangkut kegiatan yang lebih dinamis yakni kerja sama oleh sekelompok orang guna mencapai tujuan tertentu yang telah ditentukan sebelumnya.

Agak berbeda dengan dengan yang di sampaikan oleh Admosudirjo (1980), bahwa dalam pengertian luas, administrasi dapat di bedakan dalam tiga sudut.

· Pertama, dari sudut proses, maka administrasi merupakan keseluruhan proses, mulai dari proses pemikiran, proses perencanaan, proses pengaturan, proses penggerakan, proses pengawasan, sampai dengan pencapaian tujuan.

· Kedua dari sudut pandang fungsi dan tugas, administrasi berarti keseluruhan tindakan (aktivitas) yang harus dilakukan seorang administrator.

· Ketiga, dari sudut pandang (institusi), dimana ditinjau dari administrasi pada dasarnya melihat kegiatan dalam suatu lembaga melakukan aktivitas tertentu.

3. Pengertian Administrasi Menurut para Ahli
Saat administrasi telah berkembang menjadi cabang ilmu pengtahuan yang sejajar dengan ilmu pengetahuan lainnya. Terminologi adminstrasi pun berkembang seiring dengan perkembangannya ilmu pengetahuan dan teknologi. Beberapa perkembangan definisi administrasi tersebut tercermin pada pendapat para ahli berikut.

· Leonard D. White (1939)
Dalam bukunya, “Introduction to The Study Of Public Administration”dia mendefinisikan administrasi adalah suatu proses yang pada umumnya terdapat pada semua kelompok Negara (swasta, sipil atau militer, usaha besar maupun usaha kecil.
Administrasi adalah suatu proses penyelenggaraan dan pengurusan segenap tindakan/ kegiatan.

·William H. Newman (1971)

Dalam bukunya “Administrasi action: the Techniques of Organization and Mnagement”mendefinisikan administrasi sebagai pedoman/ petunjuk, kepemimpinan dan pengawasan dari usaha usaha sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama.

Mendefinisikan administrasi adalah bentuk daya upaya manusia yang kooperatif yang mempunyai tingkat rasionalitas tinggu.

Mendefinisikan administrasi sebagai upaya pencapaian tujuan yang ditetapkan dalam mempergunakan orang lain.

·Robert D. Calkins (1959)

Administrasi adalah kombinasi antara pengambilan keputusan dengan pelaksanaan dari keputusan keputusan tersebut untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Sumber : “Organisasi dan kepemimpinan modern” Dra. Setyowati, M,Si.