Blog

Pengertian Administrasi Niaga Bisnis

GuruAkuntansi.co.id Kali ini akan membahas tentang pengertian administrasi bisnis beserta ruang lingkup dan juga karakteristiknya. Berikut penjelasannya…

Pengertian Administrasi Bisnis
> Administrasi Bisnis adalah ilmu sosial yang mempelajari proses kolaborasi antara dua orang atau lebih dalam upaya mencapai tujuan tertentu. Dengan kata lain, definisi administrasi bisnis adalah sains yang berfokus pada perilaku manusia.

Dalam ilmu administrasi bisnis memiliki objek, subjek, dan metode. Dalam hal ini, objeknya adalah manusia dan perilakunya,

subjek yang diteliti adalah bentuk, bagian, dan mekanisme kerja sama, sedangkan metode adalah metode atau gagasan yang dikembangkan dalam upaya mencapai tujuan kerja sama yang dilakukan.

Tujuan administrasi bisnis / komersial adalah untuk membangun kolaborasi yang saling menguntungkan antara dua orang atau lebih dengan memanfaatkan semua sumber daya yang tersedia.

Untuk lebih memahami apa arti administrasi bisnis/bisnis, berikut kami sajikan definisi menurut beberapa ahli:

Menurut Prof. Dr. Mr. S. Prajudi admosudidjo

> Administrasi Bisnis adalah organisasi bisnis secara keseluruhan dan mengejar pencapaian tujuan bisnis yang objektif, dan Administrasi Perdagangan dijalankan oleh setiap manajer dalam organisasi komersial.

Menurut Sukarno dan Ibrahim Lubis

> Administrasi Bisnis adalah adalah kegiatan di bidang produksi, transportasi, asuransi perbankan, dll.. di bidang perusahaan swasta.

Menurut Sheldo dan Urwik

> Administrasi bisnis adalah industri yang berkaitan dengan penentuan kebijakan perusahaan, koordinasi produksi, keuangan dan distribusi, menentukan arah organisasi dan kontrol tertinggi eksekutif.

Ruang Lingkup Administrasi Niaga (Bsisnis)

Menurut para ahli, ada beberapa ruang lingkup administrasi bisnis, di bawah ini adalah penjelasannya.

Yang termasuk dalam ruang lingkup administrasi bisnis adalah:

* Organisasi
* Pengelolaan
* Administrasi
* Sejarah administrasi
* Ensiklopedia administratif
* Filosofi administrasi

Yang termasuk dalam ruang lingkup administrasi komersial adalah:

* Administrasi perusahaan
* Administrasi non-perusahaan

Yang termasuk dalam ruang lingkup administrasi komersial adalah:

* Administrasi Penjualan
* Administrasi periklanan
* Pasar administrasi
* Administrasi produksi
* Administrasi perbankan
* Administrasi Perhotelan
* Administrasi transportasi

Yang termasuk dalam ruang lingkup administrasi komersial adalah:

* Manjemen
* Manajemen produksi
* Hubungan Industri
* Pendidikan bisnis
* Manajemen lalu lintas

Karakteristik Administrasi Niaga (Bisnis)
Administrasi bisnis dapat diidentifikasi berdasarkan karakteristiknya. Mengacu pada definisi administrasi bisnis di atas, berikut adalah karakteristik administrasi bisnis secara umum:

1. Terdiri dari Dua Orang atau Lebih
Kegiatan administrasi bisnis pada umumnya dikelola oleh beberapa orang, tergantung pada skala bisnisnya. Perusahaan menengah atau entitas bisnis akan membutuhkan lebih banyak staf administrator daripada perusahaan kecil.

Selain itu, staf administrator juga harus memiliki kemampuan sesuai dengan ruang lingkup pekerjaan administrasi bisnis. Dengan begitu, sistem administrasi dapat berjalan dengan baik dan teratur.

2. Terjadi Kolaborasi
Administrasi bisnis / komersial membutuhkan kerja sama yang baik dengan pihak terkait. Kolaborasi harus didasarkan pada kesadaran bahwa masing-masing pihak saling membutuhkan dalam upaya mencapai tujuan bersama.

Kolaborasi yang solid dapat meningkatkan kinerja dan hasil maksimal. Agar kerjasama menjadi solid, komunikasi yang baik diperlukan dalam mempersiapkan administrasi bisnis.

3. Ada Proses dan Usaha
Administrasi bisnis dapat terjadi jika ada proses bisnis di dalamnya. Proses bisnis akan menghasilkan data yang harus dikumpulkan dan dikelola.

Selain berurusan dengan data, proses bisnis juga melibatkan hal-hal lain, seperti kebutuhan surat komersial, data karyawan, agenda, dan lain-lain. Itulah sebabnya administrasi bisnis memiliki peran yang sangat besar dalam operasi bisnis.

4. Terdapat Bimbingan dan Pengawasan
Semua jenis bisnis memiliki struktur organisasi, mulai dari level bawah ke level atas. Kepemimpinan bisnis berkaitan erat dengan administrasi bisnis karena setiap kegiatan administrasi harus diketahui dan disetujui oleh pimpinan.

Koordinasi yang baik antara administrasi dan kepemimpinan akan menciptakan kondisi internal perusahaan yang sehat. Dan pada akhirnya kinerja perusahaan akan berjalan sebagaimana mestinya.

5. Memiliki Tujuan
Kegiatan administrasi bisnis bertujuan untuk mencapai tujuan yang jelas. Dengan begitu, dibutuhkan infrastruktur dan tenaga kerja yang kompeten untuk mengisi bagian administrasi perusahaan.

Baca Juga :

Demikian pembahasan tentang pengertian administrasi bisnis beserta ruang lingkup dan juga karakteristiknya. Semoga bermanfaat, dan Terima kasih.