Blog

Niat Sholat Taubat Lengkap Tata Cara Arab Latin Dan Artinya

Mama dan Papa, mau tanya dong. Adakah yang sudah pernah mengajarkan sholat taubat pada anak?

Kali ini aku mau sharing mengenai Niat Sholat Taubat, Lengkap Tata Cara, Arab, Latin dan Artinya. Ini bisa jadi tambahan pelajaran untuk anak, karena ternyata selain sholat wajib, di sekolah juga diajarkan sholat sunah lainnya, salah satunya sholat taubat ini Ma, Pa.

Yuk simak selengkapnya mengenai Niat Sholat Taubat, Lengkap Tata Cara, Arab, Latin dan Artinya.

Niat sholat taubat, arab, latin dan artinya

Berikut ini niat sholat taubat yang perlu diajarkan ke anak ya Ma, Pa. Membaca niat ini boleh diucapkan di dalam hati atau melalui lisan ya.

Ushollii sunnatat taubati rok’ataini lillaahi ta’aalaa.

Artinya: Aku berniat melakukan sholat sunnah taubat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Tata cara sholat taubat

Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita untuk melaksanakan sholat sunnah tabuat dua rakaat. Dimana sholat ini dilakukan untuk mencari dan meminta pengampunan dari Allah SWT. Berikut ini cara melakukan sholat taubat:

* Takbiratul ihram
* membaca doa Iftitah
* membaca surat Al Fatihah
* Membaca salah satu surat pendek Alquran
* Rukuk
* I’tidal
* Sujud
* Duduk di antara dua sujud
* Sujud kedua
* Berdiri untuk melanjutkan rakaat kedua
* Tasyahud akhir dan diakhiri dengan salam

Doa sholat taubat

Nah setelah selesai melaksanakan sholat taubat, kita dianjurkan untuk membaca istigfar sebanyak 100 kali sambil memohon ampunan dari Allah SWT.

“Astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi”

Artinya: “Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

Setelah membaca istigfar, dilanjutkan dengan membaca doa setelah sholat taubat. Berikut ini doanya:

“Allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. a’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuua laa yaghfirudz dzunuuba illa anta”

Artinya: “Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padamu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.”

Itu tadi, informasi mengenai Niat Sholat Taubat, Lengkap Tata Cara, Arab, Latin dan Artinya. Semoga membantu dan bisa jadi pembelajaran untuk anak-anak kita ya!

Baca juga: