Blog

Mengetahui Lebih Jauh Tentang Pengertian Keluarga

Keluarga adalah segalanya. Keluarga adalah tempat utama untuk berbagi kasih. Keluarga adalah sarana utama pembentukan karakter anak.

Begitu banyak arti dan pengertian keluarga. Sebagian orang merasa bahwa keluarga adalah prioritasnya yang paling utama. Hampir semua pengertian keluarga yang sudah disebutkan di atas memang benar adanya. Akan tetapi, beberapa sumber mendefinisikan keluarga secara lebih rinci dan jelas. Bagaimana pengertian keluarga menurut berbagai sumber, terutama para ahli dan ilmu tertentu? Yuk, cari tahu lebih lanjut di sini!

1. Pengertian Keluarga Secara Umum“Keluarga” merupakan sebuah kata yang memiliki makna yang berbeda. Banyak orang yang memiliki pemikiran sendiri untuk mendefinisakan mengenai arti keluarga. Bahkan, di dalam aspek ekonomi, budaya, dan sosial, “keluarga” tentu saja memiliki arti yang berbeda-beda. Namun, perlu Anda ketahui bahwa pengertian keluarga secara umum adalah kelompok sosial yang mendasar dalam masyarakat yang umumnya terdiri dari satu atau dua orang tua dan anak-anak mereka. Orang-orang yang tergabung dalam satu keluarga ini umumnya memiliki komitmen jangka panjang satu sama lain dan sebagian besar tinggal dalam satu atap bersama-sama.

2. Pengertian Keluarga Menurut Ilmu SosiologiDi bangku Sekolah Menengah Akhir (SMA), Anda pasti pernah menjumpai pelajaran Sosiologi jika Anda mengambil jurusan IPS. Pengertian keluarga juga dipaparkan dalam ilmu sosiologi. Menurut sosiologi, keluarga adalah sebuah kelompok domestik intim dari orang-orang yang terkait satu sama lain dengan ikatan darah, perkawinan seksual, dan ikatan hukum.

3. Pengertian Keluarga Menurut Para AhliSejumlah ahli juga pernah berbicara mengenai definisi keluarga. Namun, seperti biasa, definisi keluarga dari setiap ahli pun berbeda-beda. Berikut adalah pengertian keluarga menurut beberapa ahli: * Sigmund Freud, sebuah keluarga terbentuk karena adanya perkawinan antara seorang pria dan seorang wanita. Keluarga adalah bentuk manifestasi dari faktor seksual sehingga landasan dari sebuah keluarga terletak pada kehidupan seksual antara suami dan istrinya.
* Duvall dan Logan, sama seperti pengertian keluarga menurut ilmu sosiologi, keluarga terdiri dari dua atau lebih individu yang berada dalam satu rumah tangga. Dengan kata lain, keluarga terbentuk karena adanya ikatan darah, perkawinan, dan proses adopsi. Keluarga akan menjadi sarana utama untuk mengembangkan fisik, mental, emosional, dan kehidupan sosial setiap anggotanya.
* Bailon dan Maglaya, keluarga adalah dua atau lebih individu yang tergabung dalam satu rumah tangga karena hubungan darah, ikatan perkawinan, dan proses adopsi. Setiap anggota keluarga akan berinteraksi satu sama lain dan memiliki peran masing-masing dalam satu rumah tangga tersebut. Keluarga juga dapat menjadi sarana untuk mempertahankan suatu budaya.​

4. Pengertian Keluarga Secara StrukturalKeluarga memiliki definisi berdasarkan kehadiran atau ketidakhadiran salah satu anggota keluarga, baik itu orang tua, anak, atau kerabat lain yang tergabung dalam satu rumah tangga. Dari perspektif inilah, pengertian keluarga secara struktural dapat diartikan ke dalam 3 hal, yakni keluarga sebagai asal-usul (families of origin), keluarga sebagai sarana utama untuk meneruskan keturunan (families of procreation), dan keluarga sebagai wadah orang tua beserta anaknya (extended family).

5. Pengertian Keluarga Secara FungsionalIni merupakan pengertian keluarga yang dipahami oleh sebagian besar orang. Pengertian keluarga secara fungsional mencakup tugas-tugas dan fungsi psikososial. Fungsi tersebut dapat berupa perawatan terhadap anak, mengajarkan anak untuk bersosialisasi, membentuk sifat atau mengendalikan emosional tiap anggota keluarga, sebagai dukungan materi, dan pemenuhan peran-peran tertentu. Intinya, pengertian keluarga secara fungsional ini lebih fokus terhadap tugas-tugas yang seharusnya dilakukan oleh setiap anggota keluarga.

Kesimpulannya, pengertian keluarga adalah beberapa individu yang tergabung dalam satu rumah tangga yang sama karena hubungan darah, ikatan perkawinan, dan hal-hal lainnya. Secara umum, keluarga selalu menjadi tempat pertama untuk berbagi kasih sayang, mengatasi masalah yang sedang dialami salah satu anggota keluarga, dan membentuk karakter diri masing-masing individu dalam keluarga. Betapa pentingnya arti dari sebuah keluarga. Maka dari itu, meluangkan lebih banyak waktu untuk keluarga sangatlah diperlukan agar keutuhannya tetap terjaga. Nah, apa pengertian keluarga bagi diri Anda sendiri?

Sumber:
family.lovetoknow.com/about-family-values/meaning-family
encyclopedia.com/doc/1O88-familysociologyof.html
pengertianahli.com/2013/11/pengertian-keluarga.html
definisi-pengertian.com/2015/04/pengertian-keluarga-definisi-menurut-para-ahli.html
Diakses pada 6 Mei 2016