Blog

Mengenal Pengertian Website Ketahui Jenis Dan Fungsinya

5 Website perkaya wawasan. ©2012 Merdeka.com Merdeka.com – Website adalah kumpulan halaman web yang dapat diakses publik dan saling terkait yang berbagi satu nama domain. Website dapat dibuat dan dikelola oleh individu, grup, bisnis, atau organisasi untuk melayani berbagai tujuan.

Bersama-sama, semua website yang dapat diakses publik membentuk World Wide Web.
Meskipun terkadang disebut “halaman web”, definisi ini salah, karena website terdiri dari beberapa halaman web.

Website memiliki variasi yang hampir tidak ada habisnya, termasuk situs pendidikan, situs berita, forum, situs media sosial, situs e-commerce, dan sebagainya. Halaman-halaman dalam sebuah website biasanya merupakan campuran teks dan media lainnya. Meskipun demikian, tidak ada aturan yang mengatur bentuk website.

Berikut selengkapnya merdeka.com merangkum pengertian website, fungsi beserta jenis-jenisnya dilansir dari computerhope.

Pengertian website adalah lokasi pusathalaman webyang saling terhubung dan diakses dengan mengunjungihalaman rumahdari website menggunakanbrowser.

Misalnya,URLalamat website merdeka.com adalah/. Dariberandakami, Anda bisa mendapatkan akses ke salah satu halaman web (beranda) yang terdapat di website kami.

Pengertian website juga bisa berarti pula kumpulan halaman web yang dikelompokkan bersama dan biasanya dihubungkan bersama dalam berbagai cara. Sering disebut “website” atau “situs”.

Cara membuka situs web
Untuk melihat website membutuhkanbrowser(misalnya,Internet Explorer,Edge,Safari,Firefox, atauChrome). Misalnya, Anda membaca halaman web ini menggunakan browser. Setelah berada di browser, Anda dapat membuka situs web dengan memasukkanURLdibilah alamat.

Misalnya, mengetik “” akan membuka halaman beranda Merdeka.com. Jika Anda tidak mengetahui URL situs web yang ingin Anda kunjungi, Anda dapat menggunakanmesin pencariuntuk menemukan situs web tersebut di Internet.

Fungsi Website dan Sasaran Website
Fungsi website bergantung jenisnya untuk apa Anda membuat website tersebut. Tujuan dan fungsi website Anda harus menjadi salah satu faktor utama dalam memutuskan fitur apa yang dibutuhkan. Apa tujuan akhir bagi pengguna saat mengunjungi situs Anda? Untuk membeli produk? Untuk mengirimkan informasi kontak?

Apapun tujuan utamanya, fitur apa saja yang dibutuhkan untuk mendukungnya harus dijadikan prioritas. Misalnya, website Anda tidak akan membantu Anda mengonversi prospek jika Anda lupa menyertakan fungsionalitas formulir yang memudahkan pengguna untuk menghubungi perusahaan Anda secara online.

Buat daftar semua fitur yang penting untuk tujuan Anda. Gunakan daftar itu sebagai log dari persyaratan fungsionalitas minimum untuk situs web Anda.

Jenis fungsionalitas website yang umum
Jika Anda kesulitan menemukan fitur mana yang dibutuhkan website Anda, periksa daftar opsi fungsionalitas populer ini untuk mendapatkan ide:

* Pencarian dalam situs
* Blog / berita
* Perpustakaan video
* Galeri foto
* Cari
* Formulir
* Kalender acara
* Alat berbagi sosial
* Peta Lokasi

Ini hanyalah beberapa contoh dari berbagai jenis fungsi yang mungkin ingin Anda gabungkan di website Anda. Untuk lebih banyak inspirasi, keluar dan jelajahi situs web lain dan lihat fitur apa yang menonjol bagi Anda.

Jenis Website

Ada miliaran website di Internet saat ini yang dapat dipecah menjadi salah satu dari jenis kategori website berikut. Perlu diingat bahwa website mungkin saja termasuk dalam lebih dari satu kategori berikut. Misalnya, website juga dapat berupaforum,email web,blog, ataumesin pencari. Berikut daftar lainnya:

[amd]