Blog

Mengenal Pengertian Manajemen Secara Etimologi Dan Juga Para Ahli

Ilustrasi – manajemen (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari – Kamis, 10 Maret 2022 | 14:20 WIB

Sariagri -Istilah manajemen tentu sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia, terlebih di zaman modern saat ini. Adapun pengertian manajemen sendiri adalah suatu seni di dalam proses dan ilmu pengorganisasian, untuk mengatur sesuatu, baik orang maupun pekerjaan.

Secara umum, manajemen berfokus pada hal penting yaitu mengenai pembuatan keputusan untuk mencapai suatu tujuan. Dalam praktiknya manajemen memiliki subjek dan objek. Subjek merupakan orang yang mengatur, sedangkan objek adalah yang diatur. Adapun orang yang mengatur, merumuskan dan melaksanakan berbagai tindakan manajemen disebut manajer.

Pengertian manajemen secara etimologi

Kata manajemen bersumber dari bahasa Inggris yakni “manage” yang memiliki arti mengatur, merencanakan, mengelola, mengusahakan dan memimpin. Secara etimologi atau bahasa kata manajemen diambil dari bahasa Prancis kuno, yaitu management, yang artinya adalah seni dalam mengatur dan melaksanakan.

Manajemen dapat juga didefinisikan sebagai upaya perencanaan, pengoordinasian, pengorganisasian dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efisien dan efektif.

Sistem manajemen kerap digunakan baik pihak akademisi hingga pebisnis. Umumnya sebuah organisasi yang sedang berkembang membutuhkan manajemen dalam beberapa hal mencakup manajemen strategi, manajemen sumber daya manusia, produksi, pemasaran dan manajemen lainnya.

Pengertian manajemen menurut para ahli

Selain pengertian secara etimologi, pengertian dari manajemen juga dikemukakan oleh para ahli di bidang manajemen. Berikut penjelasannya.

1. George R. Terry.

Menurut George Robert Terry, manajemen adalah sebuah proses yang khas yang terdiri dari beberapa tindakan, yakni perencanaan, pengorganinasian, menggerakkan, dan pengawasan. Hal ini dilakukan untuk menentukan dan mencapai target atau sasaran yang ingin dicapai dengan memanfaatkan semua sumber daya, termasuk sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

2. Henry Fayol.

Menurut Henry Fayol, pengertian manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengoordinasian, dan pengawasan atau kontrol terhadap sumber daya yang ada agar mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

3. Marry Parker Follet.

Marry Parker F mengatakan bahwa manajemen adalah sebagai suatu seni, tiap tiap pekerjaan bisa diselesaikan dengan orang lain.

4. James A.F Stoner.

Menurut James A.F Stoner, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, dan penggunaan sumber daya organisasi yang lain dalam rangka mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan di organisasai tersebut.

5. Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A.

Menurut Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A, pengertian manajemen adalah ilmu perilaku yang terdiri dari aspek sosial eksak bukan dari tanggungjawab keselamatan serta kesehatan kerja baik dari sisi perencanaannya.

6. Lawrence A. Appley.

Lawrence A. Appley, mengemukakan arti manajemen adalah sebuah keahlian yang dimiliki seseorang atau organisasi untuk menggerakkan orang lain agar mau melakukan sesuatu.

7. Renville Siagian.

Menurut Renville Siagian, manajemen adalah salah satu bidang usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan yang dikelola oleh tenaga ahli yang terlatih dan berpengalaman.

8. Oey Liang Lee.

Pengertian manajemen menurut Oey Liang Lee adalah ilmu atau seni dalam perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengendalian terhadap sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Baca Juga: Mengenal Pengertian Manajemen Secara Etimologi Dan Juga Para AhliMemahami Fungsi Manajemen, dari Perencanaan hingga Pengendalian

9. Federick Winslow Taylor.

Menurut Federick manajemen adalah sebuah percobaan yang dilakukan secara sungguh-sungguh guna menghadapi setiap persoalan yang muncul dalam setiap kepemimpinan organisasi setiap sistem kerjasama yang dilakukan setiap manusia dengan sikap serta jiwa seorang sarjana serta penggunaan alat-alat perumusan.

10. Ricky W. Griffin.

Menurut Ricky W. Griffin, pengertian manajemen adalah sebuah proses perencanaan, proses organisasi, proses kordinasi, dan proses kontrol terhadap sumber daya untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.

Video Terkait