Blog

Mengenal Apa Itu Badan Usaha Menurut Para Ahli Beserta JenisJenis Dan Contohnya

Dalam setiap kegiatan baik itu kegiatan perkonomian hingga pemerintahan, sudah pasti akan membutuhkan barang untuk kemudian menjalankan kegiatan tersebut supaya bisa berjalan dengan lancar. Lantas, dari mana semua barang tersebut? Disebutkan bahwa semua barang yang digunakan dalam urusan pemerintahan hingga perekonomian berasal dari peran badan usaha di dalamnya.

Hal ini tidak lain disebutkan jika peran badan usaha dalam kegiatan perekonomian dalam sebuah negara akan membantu untuk menghasilkan barang sekaligus jasa. Dengan peranan yang sangat besar tersebut, tidak mengherankan jika kemudian badan usaha memiliki andil yang begitu besar dalam menggerakkan perekonomian nasional. Oleh sebab itu, pemerintah selalu memperhatikan laju perkembangan badan usaha di sebuah negara.

Namun, disadari ataupun tidak bahwasannya untuk badan usaha ternyata juga sangat diperlukan oleh masyarakat luas. Hal ini tidak lain karena peran badan usaha sendiri dalam menghasilkan barang dan jasa juga. Dalam prakteknya, selain memenuhi berbagai kebutuhan, badan usaha yang sering kali statusnya swasta tersebut juga memiliki tujuan untuk bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Baca Juga : Tokoh Kisah Inspiratif Pebisnis Sukses Menjadi Pengusaha Sukses

Sekilas mengenai peran badan usaha yang konon sangat penting dalam menggerakkan perekonomian sebuah bangsa, maka disebutkan jika badan usaha itu sendiri bisa digambarkan sebuah kesatuan organisasi yang nantinya akan memproduksi barang dan jasa untuk mencukupi kebutuhan manusia demi bisa mendapatkan laba.

Selanjutnya, mengenai seluk beluk badan usaha, berikut beberapa pengertian yang diungkapkan oleh para pakar.

1. Terlepas dari peran badan usaha, disebutkan bahwa badan usaha digambarkan sebagai kegiatan yang dilakukan secara terus menerus dan bersifat keluar untuk bisa mendapatkan sebuah penghasilan dengan melakukan kegiatan produksi di dalamnya. Hasil dari produksi itulah kemudian diperdagangkan secara bebas di masyarakat.

2. Pengertian badan usaha menurut pemerintah Hindia Belanda
Kegiatan badan usaha menurut pemerintah Hindia Belanda dianggap sebagai suatu kegiatan yang nantinya akan dilakukan secara terus menerus dan bersifat terang-terangan. Tanpa mengabaikan peran badan usaha, hal ini nantinya akan menghasilkan sebuah keuntungan yang akan digunakan untuk mengembangkan badan usaha tersebut.

3. Menurut M. Echols, tanpa mengesampingkan peran badan usaha, dikatakan bahwa badan usaha itu sendiri merupakan sebuah usaha yang bentuknya adalah badan usaha dengan orientasi untuk mendapatkan keuntungan yang begitu besar dari kegiatan usaha yang dilakukan di dalamnya.

4. Terlepas dari adanya peran badan usaha yang sangat penting, menurut Murti Sumarni, badan usaha dianggap sebagai sebuah kegiatan dalam mengelola ataupun memproduksi sebuah produk dengan memanfaatkan berbagai sumber daya alam untuk kemudian didistribusikan secara luas.

Dari pengertian badan usaha yang diungkapkan oleh para ahli, maka bisa ditarik sebuah benang merah jika sebuah badan usaha merupakan kegiatan produksi barang untuk kedepannya didistribusikan kepada masyarakat luas guna mendapatkan keuntungan. Dengan peranan badan usaha tersebut, sekaligus berpedoman atas peran badan usaha, nantinya roda perekonomian akan bisa berjalan dengan lancar.

Jenis-Jenis Badan Usaha

Dengan peran badan usaha yang menentukan perputaran roda perekonomian sebuah bangsa, tidak mengherankan jika kini banyak sekali badan usaha yang bermuculan dengan mengsung brand produk mereka. Mengenai hal tersebut, berikut ini adalah beberapa jenis badan usaha yang telah berkembang dan turut andil dalam memenuhi kebutuhan masyarakat luas.

1. Perusahaan perseorangan
Terlepas dari peran badan usaha, salah satu jenis badan usaha yaitu perusahaan perseorangan. Jenis badan usaha ini nantinya dimiliki oleh satu orang saja dan memiliki tanggungjawab yang begitu penuh untuk mendapatkan hasil sekaligus kerugian yang mungkin akan ditanggungnya.

2. Firma
Selain persuahaan perseorangan, badan usaha lain adalah firma yang dijalankan oleh dua orang ataupun lebih dan berada pada nama yang sama. Mengenai peran badan usaha firma itu sendiri, nantinya akan membantu perekonomian dengan masing-masing anggota memiliki tanggungjawab sekaligus juga hak sama dalam menjalankan badan usaha tersebut.

3. PT (Perusahaan Terbatas)
Tanpa mengabaikan peran badan usaha, dikatakan bahwa ada lagi jenis badan usaha yang dikenal dengan sebutan Perusahaan Terbatas atau PT. Dalam sebuah badan usaha ini, nantinya akan ada para pemegang saham yang memiliki tanggungjawab secara terbatas.

4. Persero (Perseroan Terbatas Negara)
Untuk Persero pada hakikatnya merupakan sebuah perusahaan milik negara yang sebelumnya dikenal dengan nama Perusahaan Negara. Dalam hal ini, Persero muncul sebagai bentuk perusahaan negara yang mendapatkan tambahan modal untuk kemudian ditawarkan kepada swasta.

5. Perusahaan Daerah (PD)
Selanjutnya mengenai badan usaha, bahwa tanpa mengesampingkan peran badan usaha, disebutkan jika jenis badan usaha lain adalah perusahaan daerah yang pada dasarnya saham di dalamnya dimiliki oleh Pemda. Maksud dari pendirian badan usaha ini tidak lain untuk mendapatkan keuntungan yang nantinya akan digunakan sebagai pembangunan daerah.

6. Perum (Perusahaan Negara Umum)
Jika dilihat dari tujuannya, Perum ini dididirkan agar bisa mendapatkan sebuah keuntungan yang besar. Namun demikian, Perum juga memiliki niatan baik untuk selalu memperhatikan kesejahteraan masyarakat. Sekalipun modal usaha yang dimiliki Perum berasal dari pemerintah, namun Perum sangat mungkin membuka diri bagi swasta yang ingin menanamkan modal.

Baca Juga : Mengenal Perbedaan PT Dan CV Pada Legalitas Pendirian Perusahaan

Contoh Badan Usaha di Masyarakat

Terlepas dari peran badan usaha yang membantu dalam mencukupi kebutuhan masyarakat, disebutkan jika kini berbagai jenis badan usaha berkembang sangat pesat di Indonesia. Keberadaan badan usaha tersebut muncul dengan berbagai jenis mulai dari perdagangan, industri hingga perkebunan dengan produk yang beragam. Lebih jelasnya mengenai contoh badan usaha, berikut beberapa diantaranya.

1. PT KAI
Salah satu jenis badan usaha yang telah berkembang lama adalah PT KAI yang sebelumnya dikenal dengan sebutan PJKA. Sebuah perusahaan yang memberikan layanan jasa transportasi ini telah merebak eksistensinya terutama di wilayah pulau Jawa. Dengan adanya peran badan usaha tersebut, kini mobilitas bisa semakin lancar.

2. PT Bank Rakyat Indonesia
Selanjutnya, untuk jenis badan usaha lainnya adalah PT Bank Rakyat Indonesia yang juga memberikan layanan jasa atas simpan uang. Bank yang dianggap sebagai bank tertua di Indonesia ini muncul pertama kali di wilayah Purwokerto. Seiring dengan berjalannya waktu dari tahun 1895, bank ini mengalami berbagai pergantian nama hingga pada akhirnya dikenal sebagai Bank BRI.

3. PT Djarum
Tidak hanya itu saja, kaitannya dengan peran badan usaha yang memberikan produk untuk masyarakat luas, salah satu contoh lain adalah PT Djarum yang muncul pertama kali sebagai perusahaan rokok. Sejarah mencatat jika selain rokok, perusahaan ini juga telah melebarkan sayap dengan membuka bisnis perkebunan kelapa sawit.

4. PT Pupuk Kaltim
Sebuah pabrik yang kemudian dikenal dengan sebutan PT Pupuk Kaltim ini merupakan industri yang sangat strategis dengan 5 unit perusahaan amoniak dan urea. Berlokasi di wilayah Bontang, Kalimantan Timur, perusahaan ini telah turut serta dalam memenuhi kebutuhan pupuk Indonesia yang sebagian besar penduduknya adalah petani.

5. PT Cloud Hosting Indonesia
IDcloudhost dengan legalitas badan usaha dari PT Cloud Hosting Indonesia. IDCloudhost sendiri merupakan salah satu web hosting Provider dan Cloud Infrastructure Company yang memberikan layanan Domain, Hosting, Server VPS untuyk bisnis, UMKM, dan perusahaan Anda. Saat ini sudah ada lebih 60.000 Customer yang sudah menjadi pelanggan dari IDcloudhost.

Tentang IDCloudhost : Web Hosting Terbaik

Penutup dan Kesimpulan
Disebutkan bahwa sebuah badan usaha merupakan kegiatan sekelompok orang yang memproduksi sebuah barang dan jasa untuk kemudian membantu dalam memenuhi kebutuhan masyarakat luas. Tidak mengherankan jika kemudian peran badan usaha sangat besar dalam menjami perutaran roda perekonomian Indonesia.

Dalam praktiknya, tanpa mengabaikan peran badan usaha itu sendiri, disebutkan jika munculnya badan usaha juga berorientasi pada urusan mendapatkan sebuah keuntungan yang besar. saat ini, ada banyak sekali jenis badan usaha yang diantaranya adalah Firma, PT, Perum dan masih banyak lagi lainnya. Masing-masing badan usaha tersebut memiliki karakteristik baik dari segi produk yang dikelukan hingga keuntungan yang didapatkan.

Secara lebih jelas, mengenai contoh dari berbagai badan usaha yang kini telah berkembang luas adalah PT KAI, PT Bank Rakyat Indonesia hingga PT Djarum yang keseluruhannya ini menghasilkan produk dan jasa demi kesejahteraan masyarakat Indonesia. Melalui peran badan usaha tersebut, kini perekonomian Indonesia semakin terus berkembang.