Blog

Memahami Organisasi Tujuan Karakteristik Dan Elemen Organisasi

Keseluruhan organisasi secara umum
Apa yang dipahami organisasi? Memahami suatu organisasi adalah wadah atau tempat pertemuan untuk sekelompok orang untuk bekerja bersama secara rasional, sistematis, pemantauan dan arahan untuk mencapai tujuan tertentu menggunakan sumber daya yang disediakan.

Secara umum, organisasi akan menggunakan sumber daya tertentu untuk mencapai tujuan, seperti: uang, mesin, metode / bentuk, lingkungan, sumber daya manusia dan sumber daya lainnya, yang dilakukan secara sistematis, rasional, dan terkendali.

Yang dimaksud organisasi di dunia bisnis adalah sekelompok orang atau kelompok yang berkolaborasi bersama untuk mencapai tujuan bisnis. Seperti organisasi nirlaba, dalam dunia bisnis istilah ini juga memiliki struktur yang jelas dan sudah memiliki budaya kerja. Oleh karena itu, organisasi yang berbeda juga akan memiliki struktur dan tujuan yang berbeda.

Memahami organisasi menurut para ahli
Untuk lebih memahami makna suatu organisasi, kita perlu merujuk pada pendapat para ahli. Beberapa ahli menjelaskan definisi organisasi, yang meliputi:

1. Stoner
Menurut Stoner pengertian organisasi adalah sebuah pola hubungan-hubungan melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan untuk mencapai tujuan bersama

2. Stephen P. Robbins
Menurut Stephen P. Robbins pengertian organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

3. James D. Mooney
Menurut James D. Mooney pengertian organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mewujudkan tujuan bersama.

4. Chester I. Bernard
Menurut Chester I. Bernard definisi organisasi adalah suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

5. Drs. H. Malayu S,P, Hasibuan
Menurut Drs. H. Malayu S,P, Hasibuan pengertian organisasi adalah sebagai proses penentuan, pengelompokan, dan pengaturan bermacam-macam aktivitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan bersama.

6. Max Weber
Menurut Max Weber pengertian organisasi adalah suatu kerangka hubungan terstruktur yang didalamnya terdapat wewenang, dan tanggung jawab serta pembagian kerja menjalankan sesuatu fungsi tertentu.

7. Prof. Dr. Sondang P. Siagian
Menurut Siagian pengertian organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang / lebih yang saling bekerjasama serta terikat secara formal dalam rangka melakukan pencapaian tujuan yang sudah ditentukan dalam ikatan yang ada pada seseorang atau beberap orang yang dikenal sebagai atasan dan seorang atau kelompok orang yang dikenal sebagai bawahan.

8. Paul Preston dan Thomas Zimmerer
Menurut Paul Preston dan Thomas Zimmerer organisasi adalah suatu kumpulan orang yang telah disusun dalam sebuah kelompok-kelompok yang saling bekerjasama dalam mencapai tujuan secara bersama.

9. Philip Slznic
Menurut Philip Slznic pengertian organisasi adalah suatu peraturan personil berguna dalam mempermudah dalam melakukan pencapaian dari beberapa tujuan yang sudah ditetapkan lewat alokasi tanggung jawab dan fungsi atau Through the allocation of functionss and responsibilites.

10. Thompson
Menurut Thompson pengertian organisasi adalah suatu perpaduan antara beberapa anggota khusus yang sangat impersonal dan rasional yang saling bekerjasama (koperasi) dalam mencapai berbagai tujuan yang spesifik yang sudah diumumkan.

Tujuan organisasi
Mengacu pada pemahaman organisasi, tujuan organisasi tidak hanya berfokus pada pencapaian visi dan misi perusahaan, tetapi juga meningkatkan pendapatan yang melebihi biaya produksi. Inilah yang membedakan organisasi nirlaba.

Secara umum, beberapa tujuan organisasi adalah:

* Sebagai forum untuk mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien.
* Meningkatkan kemampuan, kemandirian dan sumber daya yang tersedia.
* Sebagai forum bagi orang-orang yang ingin mendapatkan pekerjaan, penghargaan dan pembagian pekerjaan.
* Sebagai forum untuk mencari manfaat bersama.
* Organisasi memainkan peran dalam pengelolaan lingkungan bersama.
* Organisasi dapat membantu orang meningkatkan hubungan dan memanfaatkan waktu luang.
* Sebagai tempat untuk mendapatkan kekuasaan dan pengawasan.

Tujuan organisasi umumnya dibagi menjadi tiga tujuan yang meliputi:

1. Tujuan organisasi jangka pendek
Ini adalah tujuan organisasi yang harus dicapai dengan cepat dan berkala, biasanya dalam waktu enam bulan hingga satu tahun. Tujuan organisasi jangka pendek ini nantinya akan menjadi referensi untuk mencapai tujuan jangka menengah dan panjang.

Periode waktu untuk target singkat ini ditetapkan pada periode keuangan lembaga, biasanya untuk periode enam bulan atau setiap tahun. Sasaran operasional sering disebut.

Contoh: Tagihan meningkat 30% dalam enam bulan.

2. Tujuan organisasi jangka menengah
Ini adalah tujuan organisasi yang ingin dicapai dalam jangka menengah atau lebih panjang dari tujuan jangka pendek. Jangka waktu untuk mencapai jangka menengah adalah satu hingga tiga tahun.

Tujuan organisasi jangka menengah adalah serangkaian pencapaian untuk tujuan organisasi jangka pendek. Biasanya disebut target taktis.

Contoh: Meningkatkan pangsa pasar sebesar 20% dalam satu tahun.

3. Tujuan organisasi jangka panjang
Ini adalah tujuan atau hasil akhir yang harus dicapai organisasi dan yang dapat dicapai setelah melaksanakan misi organisasi.

Periode waktunya adalah dari 3 tahun hingga 5 tahun. Tujuan jangka panjang ini dapat dicapai jika mereka mencapai tujuan jangka menengah mereka. Biasanya disebut tujuan strategis.

Contoh: Jadilah pemimpin pasar dalam konsesi makanan dalam 5 tahun

Karakteristik organisasi.
Berdasarkan pemahaman tentang organisasi dan tujuannya, kita dapat menemukan karakteristik organisasi. Beberapa fitur Yayasan meliputi:

1. Terdiri dari sekelompok orang
Organisasi harus melibatkan anggota dari dua orang atau lebih.

2. Anda memiliki tujuan
Alasan mengapa beberapa orang bekerja sama untuk membentuk organisasi adalah karena mereka memiliki tujuan bersama untuk dicapai. Dengan mengingat tujuan ini, anggota organisasi akan bekerja berdampingan untuk melakukan upaya untuk mencapai tujuan ini.

3. Kerja sama timbal balik
Untuk mencapai tujuan organisasi, anggota harus bekerja sama satu sama lain. Tanpa kerja sama antara anggota organisasi, tujuan tidak dapat dicapai secara efektif dan efisien.

4. Peraturan
Setiap organisasi harus memiliki aturannya sendiri. Peraturan ini bertujuan untuk mengatur dan membatasi sumber daya yang dimiliki satu sama lain dalam sinergi dalam proses mencapai tujuan dan menciptakan manajemen yang baik dalam organisasi.

5. Pembagian tugas dan tanggung jawab
Dengan peraturan, tentu saja, Anda harus disertai dengan pembagian tugas dan tanggung jawab yang jelas untuk setiap anggota organisasi. Tugas dapat dibagi dengan membentuk beberapa departemen yang bertanggung jawab untuk berbagai tugas dan tanggung jawab.

Elemen organisasi
Agar organisasi berfungsi dengan baik, harus ada beberapa elemen penting di dalamnya. Berikut ini adalah elemen organisasi umum:

1. Staf
Ini adalah komponen paling penting dari suatu organisasi karena setiap karyawan memiliki level dan fungsinya.

2. Kerjasama (kerja tim)
Organisasi hanya dapat mencapai tujuan bersama jika anggotanya melaksanakan tugas dan tanggung jawab bersama.

3. Tujuan bersama
Ini adalah tujuan yang harus dicapai organisasi, dalam hal prosedur, program, pola, dan hasil akhir pekerjaan organisasi.

4. Peralatan
Untuk mencapai tujuan, sarana dan prasarana dibutuhkan dalam bentuk integritas organisasi, seperti: kantor / bangunan, bahan, uang, sumber daya manusia dan lain-lain.

5. Lingkungan
Faktor lingkungan juga sangat berpengaruh dalam organisasi. Misalnya, sosial budaya, politik, anggaran, regulasi, dan kondisi ekonomi.

6. Sumber daya alam
Selain lingkungan, sumber daya alam juga merupakan komponen penting yang harus dipenuhi agar organisasi berfungsi dengan baik. Beberapa contohnya adalah air, kondisi iklim, kondisi tanah, iklim, tumbuhan dan hewan.

Bentuk organisasi

Untuk lebih memahami pemahaman organisasi, kita juga harus menganalisis bentuk organisasi yang ada di masyarakat. Beberapa bentuk organisasi meliputi:

1. Organisasi politik
Ini adalah organisasi kebijakan yang berkomitmen dengan tujuan yang terkait dengan kebijakan kawasan atau negara. Contohnya adalah partai politik di Indonesia.

2. Organisasi sosial
Ini adalah organisasi yang berfokus pada masalah kemanusiaan, seperti kesehatan, bencana alam, ekonomi sosial, dan banyak lagi. Contoh organisasi sosial adalah tim SAR.

3. Organisasi olahraga
Organisasi ini adalah federasi cabang olahraga, secara umum dan terutama di beberapa bidang olahraga. Contohnya adalah PSSI.

4. Organisasi keagamaan
Ini adalah organisasi yang berfokus pada masalah yang berkaitan dengan utang. Misi utamanya adalah untuk menyebarkan kebaikan, harmoni, dan keseimbangan norma sosial dalam masyarakat negara. Contoh organisasi keagamaan adalah NU (Renaissance of Scholars).

5. Organisasi pemuda
Organisasi ini adalah asosiasi pemuda untuk menciptakan gerakan regional atau negara. Contohnya adalah gerakan yang dibuat Budi Utomo dalam perjuangan untuk kemerdekaan Indonesia.

6. Organisasi kemahasiswaan
Seperti organisasi pemuda, tetapi lebih bersifat ilmiah. Contohnya adalah BEM.

Manfaat organisasi
Anggotanya mungkin merasakan banyak manfaat peraturan, termasuk

* Memfasilitasi pencapaian tujuan bersama
* Melatih pola pikir seseorang menjadi lebih baik
* Memfasilitasi pemecahan masalah.
* Pelatihan mengemudi
* Hubungan berkembang
* Tambahkan informasi tentang anggota organisasi
* Membentuk satu karakter
* Ruang belajar untuk anggota.
* Struktur organisasi

Organisasi resmi dalam masyarakat umumnya terdiri dari presiden / pemimpin, bendahara, sekretaris dan anggota. Jika organisasi lebih besar, maka akan ada asosiasi di setiap kepresidenan, misalnya, wakil presiden, wakil bendahara, dll.

Selain itu, struktur organisasi masing-masing perusahaan harus berbeda dari yang lain. Namun, secara umum, struktur organisasi perusahaan terdiri dari beberapa tugas sesuai dengan fungsi manajemen, seperti delegasi, manajer, manajer, pengawas, konsultan, anggota, dan lain-lain.

Ini adalah interpretasi dari pemahaman organisasi, tujuan organisasi, elemen organisasi, dan karakteristik organisasi secara umum. Semoga bermanfaat.